6 Manfaat Daun Sirih Merah, Cegah Infeksi hingga Penumpukan Plak Gigi

Manfaat daun sirih merah
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat daun sirih merah atau yang disebut juga sebagai piper crocatum ini memang sangat banyak khususnya untuk kesehatan tubuh. Karena memiliki banyak manfaat, daun sirih merah ini telah digunakan dan dipercaya sebagai obat tradisional secara turun-menurun oleh masyarakat Indonesia. 

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Mungkin banyak dari kamu yang belum mengetahui bahwa ada daun sirih merah selain daun sirih hijau. Daun sirih sendiri biasanya paling dikenal digunakan untuk gigi oleh orang jaman dulu.

Untuk digunakan sebagai obat alternatif, biasanya daun sirih merah ini bisa langsung dikonsumsi dengan dikunyah atau meminum air dari rebusan daun sirih merah. Saat ini juga sudah banyak suplemen obat yang terdiri dari ekstrak daun dirih merah. 

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Daun sirih sendiri diketahui mengandung berbagai senyawa di dalamnya yang baik untuk kesehatan tubuh seperti flavonoid, fenol, polifenol, alkaloid, tanin, saponin dan senyawa minyak atsiri. Lantas, apa saja manfaatnya? Melansir dari Newsy Today, berikut ini sejumlah manfaat daun sirih merah untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui. 

1. Dapat mencegah infeksi bakteri

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Ilustrasi bakteri.

Photo :
  • Physics World

Manfaat daun sirih merah yang pertama yakni adalah dapat mencegah infeksi bakteri pada tubuh. Seperti yang diketahui bakteri bisa datang dari mana saja dan menyerang tubuh hingga menimbulkan berbagai penyakit. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan fenol dan flavonoid yang terkandung di dalam daun sirih merah bersifat antibakteri, sehingga berfungsi untuk menghambat berkembangnya bakteri Staphylococcus yang dapat menyebabkan infeksi Methicillin-resistant Staphylococcus aureus. 

2. Dapat mempercepat penyembuhan luka

Ilustrasi luka diabetes.

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya, daun sirih merah juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka pada tubuh. Luka pada tubuh memang memerlukan proses penyembuhan untuk sembuh dengan sempurna. Nah, daun sirih merah ini dapat menjadi salah satu yang dapat mempercepat proses penyembuhan tersebut. 

Hal itu dikarenakan senyawa saponin yang terkandung di dalam daun sirih merah. Senyawa saponin tersebut diketahui memiliki sifat antiseptik yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan pada luka yang terbuka. Tak hanya itu, daun sirih merah juga menagndung senyawa tanin yang dapat memicu pembentukan kolagen (protein yang memberikan tekstur elastis pada kulit). Tepi luka dapat mengecil dan menutup serta lebih cepat sembuh dengan adanya kolagen tersebut. 

3. Dapat mengobati rheumatoid arthritis

Rheumatoid Arthritis

Photo :
  • Times of India

Ekstrak daun sirih merah dalam sebuah penelitian disebutkan berpotensi sebagai obat yang alami untuk mengobati rheumatoid arthritis. Disebut bermanfaat untuk mengobat rheumatoid arthritis karena kandungan senyawa seperti flavonoid dan fenol yang bersifat anti-inflamasi di dalam daun sirih merah tersebut. Senyawa flavonoid dan fenol tersebut diketahui berfungsi untuk meredakan peradangan yang terjadi akibat rheumatoid arthritis.

4. Dapat mengobati penyakit diabetest

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • U-Report

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah dapat mengobati penyakit diabetes. Penggunaan daun sirih merah sebagai obat alternatif atau tradisional dalam mengobati penyakit diabetes ini sudah digunakan sejak lama. Dalam sebuah penelitian daun sirih merah disebutkan dapat menurunkan sebesar 10-38% kadar gula darah yang berlebih di dalam darah. Hal itu dikarenakan kandungan  alkaloid, flavonoid dan tanin yang terkandung di dalam daun sirih merah tersebut. 

5. Dapat melawan radikal bebas 

Radikal bebas pada tubuh.

Photo :
  • U-Report

Daun sirih merah juga bermanfaat dalam kesehatan untuk melawan adanya radikal bebas pada tubuh. Daun sirih merah mengandung banyak senyawa baik seperti flavonoid, tanin, polifenol dan alkaloid yang memiliki sifat antioksidan. Eperti yang diketahui, sifat antioksidan sendiri berfungsi untuk memabntu melawan radikal bebas berlebih yang dapat berpotensi menyebabkan rusaknya sel-sel yang ada di dalam tubuh.

Dengan melawan radikal bebas menggunakan daun sirih merah, tubuh kamu bisa terhndari dari berbagai risiko penyakit kronis yang dialami akibat radikal bebas yang berlebih seperti aterosklerosis, penyakit alzheimer, penyakit jantung iskemik, dan kanker.

6. Dapat mencegah pembentukan plak pada gigi

Plak gigi.

Photo :
  • U-Report

Manfaat daun sirih merah yang terkahir yakni dapat mencegah pembentukan plak gigi yang mengganggu penampilan. Tak hanya itu saja, daun sirih merah ini juga dapat mengurangi penumpukan plak pada gigi. Manfaat dari daun sirih merah yang satu ini berasal dari senyawa minyak atsiri yang terkandung di dalamnya. Senyawa minyak atsiri sendiri diketahui dapat menghambat bertumbuhnya bakteri penyebab plak gigi seperti Streptococcus mutans, Actinomyces viscosus dan Lactobacillus caesal. 

Maka dari itu biasanya banyak orang jaman dulu yang menggunakan baik daun sirih hijau biasa atau sirih merah untuk menjaga agar giginya tetap sehat dan bersih. 

Itulah penjelasan mengenai sejumlah manfaat daun sirih merah untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum kamu ketahui. Mungkin daun sirih merah sendiri masih asing didengar oleh sebagian orang karena biasanya daun sirih hijau yang lebih banyak dikenal oleh masyarakat. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kamu yang membutuhkan dan membacanya serta jadi tahu apa saja manfaat dari daun sirih merah bagi kesehatan tubuh. 

Zodiak Leo

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Ramalan zodiak Jumat, 26 April 2024. Taurus, waspadai rekan kerja. Leo mendapat tekanan mental. Urusan percintaan Libra bermasalah. Sagitarius mendapat kejutan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024