Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Ilustrasi stres.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle  – Belum banyak orang yang menyadari bahwa gejala stres juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Sebagian besar orang hanya tahu bahwa stres hanya mengganggu kesehatan mental, seperti mudah marah, mood swing, dan sedih yang berkepanjangan. Namun, stres juga bisa mempengaruhi kesehatan fisik.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Sangat banyak tanda-tanda yang menunjukkan anda terkena stres, mulai dari kelelahan hingga gangguan libido. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa tanda anda terkena rasa stres : 

Ilustrasi stres.

Photo :
  • Marine Corps Times
Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

1. Mudah Lelah

Ilustrasi kelelahan

Photo :
  • HBR
6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Kurangnya rasa semangat bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah dan lelahdan kurangnya nafsu makan karena stres dapat membuat tubuh seseorang yang mengalami stres biasanya akan mudah lelah bahkan tanpa melakukan aktivitas yang signifikan.

2. Sering Sakit Kepala

Ilustrasi sakit kepala/demam.

Photo :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

Selain itu, stres dapat menyebabkan sakit kepala yang tidak kunjung sembuh. Tension headache adalah salah satu jenis sakit kepala yang paling umum dialami oleh orang yang mengalami stres.

Disebabkan oleh tekanan mental dan emosional yang menyebabkan ketegangan kepala, orang yang mengalami stres biasanya mengalami rasa sakit di kepala yang meliputi leher dan bahu.

3. Sering Mengalami Sakit

Ilustrasi sakit/pilek/bersin.

Photo :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

Stres biasanya menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh, dampak stres yang tidak disadari.

Tubuh menjadi mudah sakit karena kekebalan tubuh yang menurun membuat bakteri dan virus sulit diatasi. Batuk dan pilek adalah salah satu penyakit yang paling mudah Anda alami ketika Anda sedang stres.

4. Sulitnya Konsentrasi

Ilustrasi Kelelahan, Ngantuk, bekerja

Photo :
  • Pixabay/ Concord90

Hormon kortisol pada tubuh meningkat saat sedang stres, yang bisa membuat otak Anda lebih sulit konsentrasi dan membuat Anda lebih cemas.

Berhenti tarik napas perlahan kemudian hembuskan untuk mengembalikan konsentrasi yang terganggu. Anda juga bisa memejamkan mata sambil mengambil napas untuk lebih berkonsentrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya