Kasus COVID-19 Tinggi Lagi di AS, Masyarakat Lakukan Rapid Tes Mandiri

Proses Drive Thru Rapid Test COVID-19.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Pada Selasa, 17 Mei 2022, Gedung Putih Amerika Serikat mengumumkan putaran ketiga Rapid tes COVID-19 mandiri di rumah gratis bagi masyarakat Amerika.

Maarten Paes Punya Peluang Besar Jadi Kiper Utama Empoli FC di Serie A

Tes COVID-19 yang disahkan oleh Food and Drug Administration itu tersedia melalui situs covidtest.gov. Rapid tes mandiri di rumah ini adalah wujud dari janji yang dibuat oleh Presiden Biden selama gelombang Omicron musim dingin di Amerika yang lalu. Saat itu, masyarakat Amerika menghadapi persediaan tes COVID yang sangat langka bahkan menyebabkan antrean panjang di beberapa tempat tes.

Setelah mendapatkan kritik pedas atas kekurangan stok tes mandiri itu, Biden menjanjikan satu miliar alat tes di rumah atau at-home test untuk masyarakat Amerika. Perwakilan Gedung Putih menyampaikan bahwa setengah dari alat tes tersebut akan didistribusikan melalui program Layanan Pos.

Maarten Paes Selangkah Lagi ke Serie A, Apa Kabar Emil Audero?

Dilansir New York Times, ada lebih dari 70 juta rumah tangga di Amerika Serikat. Lebih dari setengah rumah tangga tersebut telah memesan alat tes COVID mandiri dan sekitar 350 juta alat tes telah dikirimkan.

Pesanan alat tes COVID-19 di rumah itu paling banyak dipesan ketika gelombang COVID-19 sedang tinggi di Amerika. Jumlah rata-rata kasus baru yang dikonfirmasi setiap hari di Amerika Serikat telah meningkat hingga tiga kali lipat sejak awal April. Menurut database dari New York Times, ada lebih dari 95.000 kasus COVID-19 dilaporkan pada hari Senin 16 Mei 2022. 
 
Jumlah pasien rawat inap juga meningkat sebesar 26 persen selama dua minggu terkahir. Sedangkan, kasus kematian akibat COVID-19 turun menjadi sekitar 300 kasus per hari. Para ahli menyebutkan bahwa hal tersebut adalah hasil dari kondisi perlindungan kesehatan masyarakat yang diperoleh dari vaksinasi.

Klub Serie A Empoli FC Ajukan Proposal untuk Rekrut Kiper Keturunan Indonesia Maarten Paes

Namun, Rapid tes mandiri di rumah yang hasilnya keluar dalam 15 menit ini, justru membuat jumlah total kasus virus di Amerika Serikat lebih sulit untuk dilacak. Orang yang melakukan tes mandiri dan mendapatkan hasil positif, biasanya tidak melaporkan hasilnya ke departemen kesehatan setempat sehingga banyak kasus baru yang tidak terdata.

Rapid tes mandiri di AS

Photo :
  • New York Times

Meski begitu, dengan gelombang virus baru yang penularannya lebih tinggi dalam beberapa bulan terakhir, alat tes mandiri menjadi hal yang penting bagi masyarakat Amerika, termasuk mereka yang bisa dengan cepat mendiagnosis infeksi dan menerima perawatan antivirus seperti Paxlovid.

Dr. Ashish K. Jha, koordinator respons COVID-19 Gedung Putih, menyampaikan bahwa putaran baru tes mandiri di rumah menjadi hal yang penting untuk membantu orang-orang menghindari penyebaran virus.

"Pergi ke pertemuan besar? Gunakan Rapid tes agar tidak menjadi orang yang membawa COVID ke pesta," ujar Dr. Jha di Twitter.

"Mengunjungi kerabat yang rentan tetular? Gunakan Rapid tes untuk menjaga mereka tetap aman," sambungnya.

Laporan: Rizkya Fajarani Bahar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya