7 Makanan Mengandung Kalsium yang Tidak Terbuat dari Susu

Ilustrasi sumber kalsium.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kalsium merupakan mineral yang paling melimpah dalam tubuh dan pastinya penting bagi kesehatan. Dengan banyaknya kalsium, tulang dan gigi pun bisa berperan dalam kesehatan jantung, fungsi otot, dan memberikan sinyal kepada saraf.

Ide Makan Siang Serba Rp25 Ribu, Capcay Seafood Hingga Ayam Goreng Terasi

Orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi kalsium sebanyak 1.000 mg per hari. Namun ada beberapa golongan yang membutuhkan jumlah yang lebih tinggi yakni remaja, wanita pasca menopause, dan orang dewasa yang lebih tua.

Kalsium biasanya ditemukan pada makanan atau minuman yang mengandung susu seperti susu cair, keju, dan yogurt. Tetapi di sisi lain, masih banyak pangan dengan kalsium yang tinggi dan bebas dari susu. Dihimpun VIVA dari Healthline, berikut 7 makanan mengandung kalsium yang tidak terbuat dari susu.

Ruben Onsu Dilarikan ke RS, Jordi Onsu Panik dan Didesak Baikan oleh Netizen

Tahu

Tumis Kangkung Tahu Bumbu Merah

Photo :
  • Cookpad by @ihdanas
5 Buah yang Bisa Bantu Menurunkan Kolesterol, Cocok untuk Pecinta Daging!

Tahu yang sudah dimasak mempunyai jumlah kalsium yang sangat tinggi. Cuma dengan 126 gram tahu, sudah memenuhi 66% konsumsi harian kalsium. 

Sarden dan salmon kaleng

ilustrasi sarden

Photo :

Kedua ikan dalam kemasan ini memiliki kalsium tinggi sebab tulangnya bisa dimakan juga. Sekaleng sarden berukuran 92 gram mengandung 27% konsumsi harian untuk kalsium sementara dalam sebuah salmon kaleng berukuran 85 gram terdapat 19% konsumsi harian.

Tak hanya kalsium, sarden dan salmon pun menyediakan protein dan asam lemak omega 3 yang dapat mendukung kesehatan jantung, otak, serta kulit.

Biji-bijian 

Chia seed/biji chia.

Photo :
  • Freepik/azerbaijan_stockers

Meskipun ukurannya terbilang kecil, biji-bijian merupakan nutrisi pembangkit tenaga dan tinggi akan kalsium termasuk biji bunga poppy, wijen, seledri, dan chia. Dalam 9 gram biji bunga poppy terdapat 127 mg kalsium atau 10% dari konsumsi harian yang direkomendasikan. Untuk biji wijen berukuran 9 gram mengandung 7% konsumsi harian.

Kacang almond

Kacang almond

Photo :
  • medicalnewstoday

Dari semua jenis kacang, almond mengandung kalsium yang paling tinggi. Hanya dengan 28 gram almond atau sekitar 23 kacang, ia sudah memberikan 6% dari jumlah konsumsi harian kalsium.   

Setiap 28 gram almond juga mempunyai 3,5 gram serat, lemak, dan protein sehat. Almond kaya akan mineral magnesium dan mangan, dilengkapi dengan vitamin E. 

Sayuran hijau

Kangkung.

Photo :
  • U-Report

Sayuran berdaun hijau yang tinggi akan kalsium di antaranya adalah collard green (sejenis sayur sawi), bayam, dan kangkung. Dalam 190 gram collard green yang sudah dimasak terdapat 268 mg kalsium atau sekitar 21% dari jumlah konsumsi harian.

Tetapi dalam beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam, mengandung oksalat, senyawa alami yang dapat mengikat dan mengganggu penyerapan kalsium. Maka dari itu, walaupun bayam mengandung kalsium, bayam tidak menyerap kalsium sebaik sayuran hijau dengan oksalat rendah macam kangkung dan collard green.

Buah ara

buah ara/figs

Photo :
  • Eric Hunt/Wikimedia

Buah ara kering mengandung antioksidan dan serat yang tinggi. Hebatnya lagi, buah ara memiliki lebih banyak kalsium dibandingkan buah kering lain. Bahkan hanya dalam 40 gram buah ara kering sudah mengandung 5% kalsium sesuai dengan konsumsi harian.

Untuk kesehatan tulang, buah ara tidak hanya mengandung kalsium. Mereka juga menyediakan nutrisi mikro potasium dan vitamin K.

Kacang edamame

Kacang edamame

Photo :
  • https://inginsekalisehat.wordpress.com

Dalam 155 gram edamame yang dimasak mengandung 8% konsumsi harian untuk kalsium. Selain kalsium, edamame pun menyediakan protein dan asam folat harian dalam satu porsi. 

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani Rancang Anggaran Kesehatan 2025 Rp 217,8 Triliun, Termasuk Buat Gizi Anak-Ibu Hamil

Bila dibandingkan APBN 2024, kebijakan prioritas bidang kesehatan di antaranya diarahkan untuk percepatan penurunan stunting melalui penajaman lokasi dan intervensi.

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2024