Khawatir Gula Darah Naik? Ini Cara Menurunkan Gula Darah

Tes gula darah
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara menurunkan gula darah bagi penderita diabetes sangat perlu diketahui informasinya. Menurunkan nya pun dapat dilakukan secara alami maupun meminum obat.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Menurunkan gula darah bagi penderita diabetes dilakukan untuk menghindari risiko komplikasi, apalagi penyakit ini menjadi yang paling banyak dan kronis bagi penderitanya.

Melalui kontrol gula darah dapat berupa menjalani gaya hidup yang sehat. Viva mengutip berbagai sumber dan merujuk pada laman Sehatq membagikan bagaimana cara menurunkan gula darah sebagai berikut;

Glaukoma Lebih Berbahaya Daripada Katarak

Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan tetap ideal dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes.

Waspada, Ini 4 Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur, Bisa Sebabkan Diabetes

Tidak hanya itu, memiliki berat badan yang ideal juga baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Redakan Stres

Meredakan stres juga bisa dilakukan sebagai salah satu cara menurunkan gula secara alami.

Kenapa bisa begitu? Saat stres, tubuh akan menyimpan lebih banyak energi agar sewaktu-waktu dapat langsung digunakan oleh sel saat dibutuhkan. Cadangan energi tersebut, disimpan dalam bentuk lemak dan glukosa.

Pada pengidap diabetes, sel tidak dapat menggunakan cadangan energi ini. Ini membuat glukosa tetap tersimpan dalam darah, mengakibatkan kadar gula darah semakin tinggi.

Untuk meredakan stres, kamu bisa mencoba untuk belajar teknik relaksasi, meditasi, tai chi, atau yoga.

Istirahat yang cukup

Istirahat serta tidur yang cukup bisa membantu menurunkan gula darah.

Kadar gula darah, umumnya akan meningkat saat pagi hari. Lalu, dengan bantuan insulin alami di tubuh, kadar tersebut akan kembali turun secara perlahan.

Jika kamu kurang tidur, efeknya sama dengan resistensi insulin. Insulin di tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Hal ini membuat orang yang kurang tidur kadar gula darahnya dapat meningkat cukup tinggi.

Batasi Karbohidrat

Secara alami, tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula. Kemudian, insulin akan membawa gula ke dalam sel.

Jika terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, proses tersebut akan terganggu. Maka, kadar gula darah meningkat.

Mengurangi asupan karbohidrat bisa menjadi salah satu cara menurunkan kadar gula darah tinggi yang efektif.

Untuk memulainya, kamu bisa menjalani pengaturan pola makan dengan mengganti nasi putih menjadi nasi merah atau mengurangi makan roti, gorengan, maupun cemilan lain yang terbuat dari tepung.

Olahraga Teratur

Oahraga secara teratur adalah salah satu cara menurunkan gula darah tinggi yang utama.

Olahraga dapat meningkatkan kadar hormon insulin dalam tubuh. Hal ini bisa membuat sel-sel di tubuh memanfaatkan gula yang terdapat di dalam aliran darah, dengan lebih efektif.

Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, olahraga pun dapat membantu untuk menggunakan gula dalam darah sebagai sumber energi.

Jenis aktivitas untuk menurunkan gula darah di bersepeda, lari, jalan, angkat beban, dan berenang.

Sarapan Itu Penting

Mungkin kamu sering tidak merasa lapar di pagi hari dan tidak punya waktu untuk membuat makanan. Kemudian saat makan siang tiba, kamu akan merasa merasakan dan akhirnya kamu makan dalam porsi besar.

Studi menunjukkan bahwa melewatkan berlebihan akibat kadar glukosa darah yang lebih tinggi. Selain itu, melewatkan sarapan dapat memengaruhi kadar glukosa darah kamu sepanjang hari. Makan sarapan yang sehat, kaya serat dan protein bisa membantu mengatur gula darah dan membuat Kamu merasa lebih baik sepanjang hari.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Mencukupi kebutuhan cairan juga bisa jadi salah satu cara mengatasi gula darah tinggi yang paling sederhana.

Karena itu, mencukupi kebutuhan cairan terutama dengan air mineral dapat membantu membuang kelebihan gula yang terpendam di dalamnya, melalui urin.

Selain itu, air juga dapat membantu sirkulasi darah dan mengurangi risiko diabetes. Perlu diingat, cairan yang paling baik untuk memenuhi kebutuhan harian adalah air mineral dan minuman tanpa gula lainnya.

Konsumsi Cuka Apel

Cuka sari apel memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan. Cuka apel dapat membuat kadar gula darah yang lebih rendah, mengurangi produksinya dengan hati atau mungkin meningkatkan penggunaan nya oleh sel.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa cuka memengaruhi respons tubuh Anda terhadap gula dan meningkatkan sensitivitas insulin secara signifikan.

Kamu dapat mencampur cuka air dengan beberapa ons air sebelum makan tinggi karbohidrat atau mencampurkannya dalam saus salad.

Konsumsi Kayu Manis

Kayu manis terkenal dengan manfaatnya yang banyak untuk kesehatan. Kayu manis dapat meningkatkan sensitivitas insulin dengan mengurangi resistensi insulin pada tingkat sel.

Kadar gula darah dapat turun hingga 29% karena kayu manis. Kayu manis mampu memecahkan pemecahan karbohidrat di saluran pencernaan, sehingga memoderasi kenaikan gula darah setelah makan.

Nah itu merupakan cara menurunkan kadar gula dara, oh iya kamu juga haru memantau kadar gula darah ya. Kadar gula darah yang tinggi umumnya tidak akan menimbulkan gejala hingga nilainya di atas 200 mg/dL.

Untuk itu, menyatukannya beberapa kali sehari bisa menjadi salah satu cara menurunkan gula darah tinggi yang efektif.

Dengan begitu, ketika gula darah sudah mulai naik, kamu akan segera menyadarinya dan langsung melakukan cara untuk menurunkan kadarnya.

Ilustrasi obat suntik diabetes

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Puasa adalah salah satu praktik keagamaan yang dijalankan oleh jutaan orang di seluruh dunia, termasuk mereka yang menderita diabetes supaya tahan seharian.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024