Wajib Coba! 3 Cara Simpel Jaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi serangan jantung/stroke.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA – Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyakit dengan biaya kesehatan tertinggi di Indonesia. Setiap tahunnya, penderita penyakit jantung terus bertambah. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, setidaknya 15 dari 1000 orang di Indonesia menderita penyakit kardiovaskular

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Bentuk gangguannya juga bermacam-macam, mulai dari gangguan pada pembuluh koroner, katup hingga otot jantung. Penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh infeksi dan kelainan bawaan lahir seperti sekat yang bocor, katup tidak terbuka, sampai kelainan yang sangat kompleks.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga jantung agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat jantung tetap sehat. Berikut ulasannya dikutip dari situs Kementerian Kesehatan, Rabu 1 Juni 2022.

Bergerak Cepat, Bea Cukai Kudus Kembali Temukan Dua Bangunan Tempat Produksi Rokok Ilegal

Tetap aktif dalam beraktivitas fisik dan menghindari rokok

Ya, berolahraga memang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, menghindari rokok juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung. Jika sudah terlanjur ketagihan rokok, maka cobalah untuk berhenti.

Pengakuan Chandrika Chika ke Ibunya: Gak Tau Vape yang Dihisap Ada Narkobanya

Ilustrasi olahraga

Photo :
  • U-Report

Mengontrol berat badan

Kemudian mengatur berat badan dengan menjaga pola makan yang sehat. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, rendah lemak, dan juga rendah gula.

Konsumsi makanan kaya serat

Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti buah dan sayur, juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, pemakaian garam pada masakan perlu diperhatikan. Konsumsilah ikan paling tidak dua kali dalam seminggu. Kurangi juga konsumsi lemak jenuh.

Di sisi lain, pelayanan dan keamanan pasien dengan penyakit jantung menjadi prioritas bagi pelayanan di setiap rumah sakit. Hal itu jugalah yang menjadi dasar Rumah Sakit Jantung Jakarta membuka klinik khusus pasien jantung dengan pelayanan yang terintegrasi yaitu PoliKlinik Griya Kardia.

Mengedepankan kenyamanan, kecepatan layanan tanpa antrean, dan service excellence yang terangkum dalam hospitality, PoliKlinik Griya Kardia juga menerapkan sistem one stop service mulai dari informasi dan pendaftaran, pemeriksaan klinis, pemeriksaan penunjang, hingga proses administrasi yang akan dilayani di satu tempat. 

Lebih dari itu, PoliKlinik Griya Kardia juga didukung dengan peralatan medis dengan teknologi mutakhir, pengobatan, sekaligus pelayanan terbaik dari tim medis dan non-medis yang berkualitas di bidangnya.

PoliKlinik Griya Kardia memiliki layanan unggulan, di antaranya Electrocardiography, Echocardiography, Rehabilitasi Medik, Cardiac Catherization, Cardiac Intervention, Bedah Jantung Dewasa dan Anak, CT-Scan, Layanan Home Care, serta Medical Check Up.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya