Hati-hati di Area Umum Ini Bisa Pertanda Kanker Kulit

Gejala kanker
Gejala kanker
Sumber :
  • times of india

VIVA Lifestyle – Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kanker adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, di mana kanker kulit menyumbang 1,20 juta kasus secara global.

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal, yang paling sering berkembang pada kulit yang terpapar sinar matahari, menurut Mayo Clinic.

Namun, itu juga bisa berkembang di area tubuh yang tidak biasa terkena sinar matahari. Dilansir dari Times of India, ada tiga jenis utama kanker kulit, yaitu sebagai berikut

Karsinoma sel basal: Karsinoma sel basal adalah jenis kanker kulit yang biasanya terjadi pada orang yang memiliki kulit putih. Muncul sebagai benjolan yang sedikit transparan pada kulit dan area kulit yang terkena sinar matahari seperti kepala dan leher.

Karsinoma sel skuamosa: Karsinoma sel skuamosa berkembang di sel skuamosa yang membentuk lapisan tengah dan luar kulit, menurut Mayo Clinic. Jenis kanker kulit ini ditandai dengan benjolan keras berwarna merah, bercak bersisik, atau luka yang sembuh dan kemudian terbuka kembali.

Melanoma: Melanoma adalah jenis kanker kulit paling serius yang berkembang di melanosit, sel yang memproduksi melanin. Ini dapat berkembang di dalam tahi lalat atau muncul tiba-tiba di kulit Anda sebagai bintik hitam.

Jenis kanker kulit lainnya termasuk: limfoma sel T kulit, dermatofibrosarcoma protuberans (DFSP), karsinoma sel merkel, karsinoma sebaceous.