Kolesterol Naik Usai Makan Daging? Atasi dengan Dua Buah Ini

Ilustrasi daging kambing.
Sumber :
  • Freepik/dashu83

VIVA – Mengonsumsi terlalu banyak daging dari hewan kurban saat Idul Adha bisa memicu banyak risiko, salah satunya kolesterol tinggi. Nyatanya, memiliki kolesterol tinggi bisa menjadi hal yang menakutkan. 

SKYEGASM Senses Experience: Sensasi Kulineran Padukan Rasa, Aroma, Sentuhan dan Pandangan

Meskipun tubuh Anda membutuhkan kadar kolesterol tertentu untuk berfungsi optimal, kolesterol berlebih dapat menyebabkan penyumbatan arteri dan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi. Untungnya, Anda dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap sehat dengan menerapkan pola makan yang sehat. 

Namun, mungkin sulit untuk memutuskan makanan mana yang perlu dikonsumsi untuk menjaga jumlah yang dibutuhkan tubuh. Ada banyak jenis makanan berbeda yang dapat membantu kadar kolesterol di tubuh, dan menurut penelitian, apel mengandung bahan yang telah diketahui memiliki sifat penurun kolesterol. Berikut faktanya dikutip dari laman Eat This.

Daftar Harga Pangan 8 Mei 2024: Daging hingga Minyak Goreng Naik

Apel buah terbaik untuk menurunkan kolesterol
Menurut Harvard Health, ada banyak makanan berbeda yang dapat membantu Anda menurunkan kolesterol dengan caranya sendiri yang unik. Misalnya, gandum dapat membantu karena kandungan seratnya yang tinggi, sementara ikan tertentu dapat membantu menurunkan kolesterol karena kadar omega-3 yang dimiliki.

Buah apel.

Photo :
  • Pixabay/Couleur
Daftar Harga Pangan 7 Mei 2024: Beras Turun, Daging Ayam hingga Gula Naik

Zat ajaib di dalam apel
Jadi, apa yang secara khusus menjadikan apel sebagai buah penurun kolesterol terbaik? Apel adalah salah satu buah dengan jumlah serat tertinggi, dan mengandung jenis serat larut tertentu yang disebut pektin.

Menurut Mayo Clinic, serat larut dapat membantu menurunkan kadar LDL (low-density lipoprotein) dengan mengurangi jumlah kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah Anda.

Dan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menemukan bahwa serat pektin tidak hanya membantu mengurangi kolesterol, tetapi pektin yang ditemukan dalam apel adalah yang terbaik untuk penurun kolesterol dari sumber buah.

Alpukat juga ampuh redam kolesterol
Buah lain yang dapat membantu menurunkan kolesterol, yang mungkin tidak disadari oleh sebagian orang adalah alpukat. Buah ini adalah sumber lemak sehat yang dapat diandalkan, dan menurut Harvard Health, lemak sehat dapat menggantikan lemak yang tidak sehat, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya