Tumor Testis: Gejala, Penyebab Hingga Tindakan Penanganannya

Ilustrasi alat kelamin pria
Sumber :
  • U-Report

VIVA LifestyleTumor testis atau kanker testis merupakan jenis kanker yang relatif jarang terjadi pada testis. Testis menghasilkan testosteron dan menyimpan sperma. Testosteron mengontrol perkembangan organ reproduksi dan karakteristik fisik pria lainnya.

Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas Usai Ngamar Bareng 2 Pria di Hotel Jaksel

Di Amerika Serikat, sekitar 1 dari 250 pria mengembangkan tumor testis selama hidup mereka. Pada tahun 2019, para ahli memperkirakan bahwa 9.560 laki-laki akan menerima diagnosis tumor testis pada tubuhnya.

Usia rata-rata saat didiagnosis adalah 33 tahun, dimana kondisi ini kebanyakan menyerang pria muda dan paruh baya. Dalam kasus yang sangat jarang, itu bisa terjadi sebelum pubertas . Hanya 8% kasus terjadi setelah usia 55 tahun.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Tumor testis atau kanker testis terjadi di testis (testis), yang terletak di dalam skrotum, kantong kulit yang longgar di bawah penis. Testis menghasilkan hormon seks pria dan sperma untuk reproduksi. Dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, kanker testis jarang terjadi. Tetapi tumor testis adalah kanker paling umum pada pria Amerika berusia antara 15 dan 35 tahun.

Melansir dari laman medicalnewstoday.com tumor testis sangat dapat diobati, bahkan ketika tumor tersebut telah menyebar di luar testis. Tergantung pada jenis dan stadium kanker testis, Anda mungkin menerima salah satu dari beberapa perawatan, atau kombinasi.

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Terbentuknya Tumor Testis

Kanker atau tumor testis terbentuk ketika sel-sel ganas (kanker) berkembang di jaringan satu atau (lebih jarang) kedua testis. Testis Anda adalah dua kelenjar seks berbentuk kenari yang menghasilkan sperma dan hormon testosteron. Mereka duduk di dalam kantung kulit yang terletak di bawah penis Anda yang disebut skrotum.

Seperti jenis tumor lainnya, tumor testis adalah kondisi serius. Untungnya, kanker testis sangat dapat diobati dan disembuhkan.

Jenis-jenis Tumor Testis

Sekitar 90% dari semua kanker testis muncul dari sel germinal di testis Anda yang menggumpal membentuk massa atau tumor. Sel germinal akhirnya berkembang menjadi sperma. Dua jenis kanker testis muncul dari sel germinal.

Seminoma: Kanker yang tumbuh lambat yang terutama menyerang orang berusia 40-an atau 50-an.
Non-seminoma: Kanker yang tumbuh lebih cepat daripada seminoma. Ini terutama mempengaruhi orang-orang di akhir remaja, 20-an dan awal 30-an. Ada empat jenis tumor non-seminoma. Masing-masing diberi nama sesuai dengan jenis sel germinal yang membentuk tumor. Tumor non-seminoma termasuk karsinoma embrional, karsinoma kantung kuning telur, koriokarsinoma dan teratoma.
Beberapa tumor kanker testis terdiri dari sel seminoma dan non-seminoma.

Gejala Tumor Testis

Adapun tanda-tanda maupun gejala tumor testis yang perlu Anda ketahui. Beberapa di antaranya sebagai berikut ini:

Benjolan atau pembesaran di salah satu testis
Perasaan berat di skrotum
Sakit tumpul di perut atau selangkangan
Kumpulan cairan tiba-tiba di skrotum
Nyeri atau ketidaknyamanan pada testis atau skrotum
Pembesaran atau kelembutan payudara
Sakit punggung

Tanda-tanda Tumor Testis

Tumor testis sering muncul pada tahap awal, tetapi terkadang, mereka tidak muncul sampai lama kemudian. Individu mungkin melihat perubahan, atau dokter akan menemukannya selama pemeriksaan fisik rutin.

Biasa gejala awal adalah benjolan tanpa rasa sakit atau pembengkakan di testis. Perubahan terjadi pada testis karena berbagai alasan. Benjolan tidak selalu berarti kanker, tetapi siapa pun yang melihat perubahan harus mengunjungi dokter.

Mungkin juga ada:

rasa sakit yang tajam di testis atau skrotum
perasaan berat di skrotum
perbedaan ukuran antara testis
Pada beberapa kasus, perubahan hormonal akan menyebabkan payudara membesar dan menjadi nyeri.

Penyebab Tumor Testis

Tidak jelas apa yang menyebabkan kanker testis dalam banyak kasus. Dokter tahu bahwa tumor testis ini terjadi ketika sel-sel sehat di testis berubah. Sel-sel sehat tumbuh dan membelah secara teratur untuk menjaga tubuh Anda berfungsi normal.

Tetapi terkadang beberapa sel mengalami kelainan, menyebabkan pertumbuhan ini menjadi tidak terkendali — sel kanker ini terus membelah bahkan ketika sel baru tidak diperlukan. Sel-sel yang terakumulasi membentuk massa di testis.

Hampir semua tumor testis dimulai di sel germinal – sel di testis yang menghasilkan sperma yang belum matang. Apa yang menyebabkan sel germinal menjadi abnormal dan berkembang menjadi kanker tidak diketahui.

Tapi sebagian besar lainnya, kanker testis dimulai di sel germinal. Ini adalah sel-sel di testis yang menghasilkan sperma yang belum matang.

Dokter tidak tahu mengapa sel-sel testis menjadi kanker, tetapi beberapa faktor genetik dapat meningkatkan risikonya. Tumor testis lebih mungkin terjadi pada orang dengan:faktor risikoSumber Tepercaya:

kriptorkismus , atau testis yang tidak turun
riwayat keluarga kanker testis
menjadi putih, bukan hitam atau Asia
Memiliki HIV dapat meningkatkan risiko. Melakukan vasektomi tidak meningkatkan risiko. Tidak mungkin untuk mencegah kanker testis, karena dokter tidak tahu apa penyebabnya, dan karena faktor genetik mungkin berperan. Seseorang tidak dapat mengubah faktor-faktor ini.

Tindakan untuk Penanganan Tumor Testis

Kanker testis sangat dapat diobati, terutama pada tahap awal. Kebanyakan pria dengan diagnosis kanker testis akan hidup setidaknya 5 tahun lagi setelah diagnosis.

Tindakan penanganannya biasanya akan melibatkan kombinasi berikut:

operasi
terapi radiasi
kemoterapi
pengobatan sel induk
pengawasan
Kami membahas opsi ini secara lebih rinci di bagian di bawah ini:

Operasi

Seorang ahli bedah akan mengangkat satu atau kedua testis untuk mencegah penyebaran tumor. Orang tersebut akan menerima anestesi umum. Dokter bedah kemudian akan membuat sayatan kecil di selangkangan dan mengeluarkan testis melalui sayatan.

Melepaskan salah satu testis biasanya tidak mempengaruhi kehidupan seks atau kesuburan seseorang, tetapi menghilangkan kedua testis berarti laki-laki tidak akan dapat hamil secara alami. Namun, pilihan kesuburan lain tersedia. Misalnya, dokter mungkin menyarankan bank sperma untuk penggunaan di masa mendatang, jika perlu.

Efek lainnya menghilangkan testis mungkin termasuk:

kehilangan gairah seks
kesulitan mencapai ereksi
kelelahan
semburan panas
kehilangan massa otot
Seorang dokter mungkin meresepkan suplemen testosteron sebagai gel, patch, atau suntikan untuk membantu mengatasi masalah ini. Dimungkinkan juga untuk mengembalikan penampilan testis dengan memiliki prostesis. Seorang ahli bedah akan menanamkan ini di skrotum. Itu diisi dengan air asin. Seseorang yang menjalani operasi pada tahap awal mungkin tidak memerlukan perawatan lebih lanjut.

Operasi Kelenjar Getah Bening

Jika kanker telah mencapai kelenjar getah bening, biasanya di sekitar pembuluh darah besar di bagian belakang perut, ahli bedah perlu mengangkatnya. Seorang ahli bedah dapat melakukan ini sebagai operasi terbuka atau laparoskopi.

Prosedur ini tidak akan memengaruhi kesuburan secara langsung, tetapi kerusakan saraf apa pun dapat memengaruhi ejakulasi. Ini mungkin berarti bahwa sperma tidak keluar melalui uretra tetapi pergi ke kandung kemih. Ini tidak berbahaya, tetapi jumlah sperma yang lebih rendah dapat mempengaruhi kesuburan.

Terapi Radiasi

Terapi radiasi merusak DNA di dalam sel tumor dan menghancurkan kemampuannya untuk bereproduksi. Dengan cara ini, dapat menghilangkan kanker dan dapat mencegahnya menyebar atau datang kembali.

Seseorang yang menjalani operasi mungkin memerlukan terapi radiasi untuk memastikan bahwa pengobatan menghilangkan sel kanker yang tersisa. Jika kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, dokter mungkin juga merekomendasikan terapi radiasi.

Efek samping sementara berikut dapat terjadi:

kelelahan
ruam
kekakuan otot dan sendi
kehilangan selera makan
mual
Gejala-gejala ini harus berlalu setelah perawatan selesai.

Kemoterapi

Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk menghancurkan sel kanker dan menghentikannya membelah dan tumbuh. Seorang dokter dapat merekomendasikan kemoterapi jika seseorang memiliki kanker testis yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh. Seorang dokter akan memberikan pengobatan baik secara oral atau sebagai suntikan.

Kemoterapi menyerang sel-sel sehat serta sel-sel kanker, yang dapat menyebabkan efek samping berikut:

mual dan muntah
rambut rontok
sariawan
kelelahan dan perasaan tidak sehat secara umum
Gejala-gejala ini biasanya hilang setelah pengobatan selesai.

Perawatan sel induk

Dalam beberapa kasus,terapi sel indukSumber Tepercayadapat memungkinkan seseorang untuk menerima dosis kemoterapi yang lebih tinggi yang jika tidak akan terlalu berbahaya untuk diberikan.

Selama minggu-minggu sebelum perawatan, mesin khusus akan memanen sel punca dari darah orang tersebut. Profesional kesehatan akan membekukan dan menyimpan sel-sel ini. Orang tersebut menerima kemoterapi dosis tinggi, dan mereka kemudian akan menerima sel induk ke dalam vena seperti dalam transfusi.

Sel-sel ini memantapkan diri di sumsum tulang dan mulai membuat sel darah baru. Hal ini memungkinkan tubuh seseorang untuk pulih dari dosis kemoterapi yang lebih tinggi.

Kerugian dari jenis terapi ini meliputi:

Karena kemoterapi dosis tinggi, itu berisiko dan mungkin melibatkan efek samping yang mengancam jiwa.
Ini bisa melibatkan lama tinggal di rumah sakit.
Itu bisa mahal, dan asuransi kesehatan mungkin tidak menanggungnya.
Pelajari lebih lanjut di sini tentang sel punca dan kegunaannya dalam penelitian dan kedokteran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya