14 Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa dari Air Kelapa

Air kelapa
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA Lifestyle – Air kelapa selalu menjadi minuman pilihan untuk foto liburan Anda. Namun, penting untuk dipahami bahwa ini bukan sekadar pilihan minuman pilihan lainnya. Air kelapa itu dibanjiri manfaat kesehatan. 

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Minuman ini kaya akan vitamin dan mineral alami yang penting untuk menghidrasi tubuh dan kulit. Air kelapa adalah minuman menyegarkan alami manis yang sangat rendah kalori dan secara alami bebas lemak.

Air kelapa menyegarkan, menghidrasi, dan lezat. Itu membuat bahan yang sempurna untuk semua minuman berbasis kelapa yang layak untuk spa dan pada saat yang sama itu hanya alternatif minuman olahraga yang ideal. 

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

Jangan keliru dengan santan, air kelapa adalah cairan yang ditemukan di dalam kelapa hijau yang diisi dengan semua elektrolit dan nutrisi penting, demikian dikutip dari Pinkvilla.

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

Apa itu air kelapa?

Air kelapa adalah minuman alami peremajaan yang agak manis dan dipadukan dengan rasa pedas yang menarik. Cairan bening ini terdapat di bagian tengah kelapa hijau. Air kelapa memiliki potasium sebanyak pisang tetapi sangat rendah kalori serta natrium yang menjadikannya alternatif minuman olahraga yang sempurna. 

Orang juga menyebut air kelapa sebagai air kelapa atau air kelapa lunak. Namun, penting untuk dipahami bahwa santan tidak sama dengan air kelapa. Santan terbuat dari daging kelapa dari kelapa coklat tua. Ini memiliki konsistensi yang relatif lebih tebal dan lebih kaya dengan tekstur krim.

Berikut adalah nilai gizi dari satu gelas air kelapa yaitu sekitar 240 mililiter:

Kalori: 60
Karbohidrat: 15 gram
Lemak: 0 gram
Gula: 8 gram
Kalsium: 4% dari nilai harian (DV)
Magnesium: 4% dari DV
Fosfor: 2% dari DV
Kalium: 15% dari DV

Apakah air kelapa baik untuk Anda?

Air kelapa adalah pilihan minuman yang sangat baik. Faktanya, dengan kandungan nutrisi yang luar biasa, ia memiliki banyak manfaat kesehatan. Meskipun tidak bisa menjadi pengganti mutlak untuk air biasa, air kelapa pasti dapat ditambahkan ke rejimen Anda untuk manfaat kesehatan tambahan. 

Air kelapa adalah minuman pasca-latihan yang sempurna dan benar-benar ramah jantung. Faktanya, air kelapa juga dikenal memberikan manfaat anti-penuaan, dan bukan hanya itu, air kelapa kaya akan manfaat kesehatan. Air kelapa bisa menjadi tambahan yang tidak ada duanya untuk diet Anda karena manfaat kesehatannya yang tak ada habisnya. 

1. Air kelapa menghidrasi

Ketika berbicara tentang manfaat air kelapa, hidrasi sebenarnya berada di urutan teratas. Kelapa dibanjiri dengan elektrolit seperti natrium, kalium, serta magnesium. Elektrolit ini sangat penting untuk pengaturan hidrasi dan pengaturan pH Anda. 

Selain sebagai hidrasi yang penting, air kelapa bekerja sempurna sebagai rehidrasi setelah latihan yang intens atau seharian di bawah sinar matahari. Faktanya, ini sangat bermanfaat bagi siapa saja yang sakit perut. Entah itu mual atau diare, air kelapa pasti bisa menggantikan semua cairan yang hilang.

2. Memperbaiki pencernaan

Sementara air dikatakan meningkatkan dan mendukung pencernaan yang sehat, konsumsi air kelapa yang konsisten dapat membawa banyak hal ke tingkat berikutnya. Air kelapa kaya akan serat serta kandungan magnesium. Serat bekerja untuk memperlancar pergerakan limbah dan magnesium bekerja untuk mengendurkan otot, ini pada gilirannya bekerja untuk meningkatkan pergerakan usus dan meringankan masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

3. Menawarkan manfaat untuk kulit

Meskipun kami telah menetapkan bahwa air kelapa berfungsi untuk menghidrasi tubuh secara instan, penting untuk dipahami bahwa air kelapa juga menghidrasi kulit. Dengan konsumsi air kelapa yang lembut secara konsisten, seseorang dapat mencapai kesehatan kulit yang optimal. 

Terlepas dari hidrasi penting, itu juga memberikan banyak Vitamin C sekitar 10 mg per 100g. Vitamin C bekerja untuk meningkatkan pembentukan kolagen alami yang efektif mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis dan kerutan. Ini adalah semua yang Anda butuhkan untuk kulit bercahaya dan tampak sehat.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Serangan jantung

Photo :
  • times of india

Air kelapa kaya akan potasium yang membuatnya sangat sehat untuk sistem kardiovaskular. Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa konsumsi kalium yang konsisten memiliki kekuatan untuk menurunkan risiko stroke serta penyakit jantung koroner. Oleh karena itu, air kelapa secara ilmiah didukung untuk membantu dalam pencegahan penyakit jantung.

5. Berpotensi menurunkan kolesterol

Alasan luar biasa lainnya mengapa air kelapa adalah minuman yang tidak ada duanya adalah ia berfungsi untuk menjaga kadar kolesterol tetap terkendali. Plus, itu sangat rendah kalori yang menjadikannya minuman sehat bagi siapa saja yang mencoba menurunkan berat badan.

6. Baik untuk tulang dan gigi

Ilustrasi sedang bersikat gigi

Photo :
  • U-Report

Dengan kandungan kalsium yang mengesankan, air kelapa dikatakan bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Faktanya, Academy of Nutrition and Dietetics mengklaim bahwa orang dewasa yang sehat harus mengonsumsi lebih dari 1.000 mg

kalsium per hari untuk gigi dan tulang yang lebih kuat. Air kelapa memberikan sekitar 60 miligram kalsium per porsi yang banyak mengingat tidak memiliki kalori.

7. Mencegah peradangan kronis

Peradangan untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit kronis. Makanan dengan kandungan antioksidan tinggi sangat penting untuk pencegahan dan pengobatan peradangan. Air kelapa adalah salah satu agen anti-inflamasi yang kaya antioksidan.

8. Minuman setelah berolahraga

Jika Anda mencari minuman pasca olahraga alami, Anda pasti harus menikmati segelas air kelapa. Sementara minuman olahraga atau minuman energi penuh dengan gula, pengawet, dan rasa, air kelapa adalah alternatif alami 100% yang sama-sama menyegarkan tetapi rendah kalori dan juga karbohidrat. 

Plus, itu penuh dengan elektrolit dan bebas dari aditif apa pun. Air kelapa pasti bisa menjadi minuman pasca-latihan yang luar biasa karena mengandung sifat rehidrasi.

9. Berpotensi menurunkan gula darah

Alat tes kadar gula darah di rumah.

Photo :
  • U-Report

Air kelapa sangat sehat bagi siapa saja yang menderita diabetes. Hal ini terbukti membantu dalam manajemen gula darah. Air kelapa kaya akan magnesium yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah pada diabetes tipe 2 dan juga pradiabetes. 

Namun, untuk manajemen kesehatan yang lebih baik, Anda harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda menderita penyakit yang mengancam jiwa atau kronis.

10. Kaya akan asam amino

Tubuh kita membutuhkan protein tetapi tidak dapat memproduksinya sendiri. Air kelapa penuh dengan asam amino yang merupakan bahan penyusun protein. Penggabungan air kelapa memastikan pasokan asam amino dan protein yang sehat dalam tubuh kita. Ini mempromosikan penyembuhan jaringan, dan jantung yang sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air kelapa penuh dengan sitokin, yang juga dikenal sebagai protein kecil. Dosis air kelapa yang sehat meningkatkan pertumbuhan sel yang merangsang respons kekebalan tubuh. Sitokinin juga bersifat anti-penuaan dan anti-kanker.

12. Membantu dalam pencegahan batu ginjal

Hidrasi adalah salah satu langkah terpenting dalam pencegahan batu ginjal. Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa secara aktif membantu membuang racun yang pada gilirannya menurunkan risiko batu.

13. Membantu dalam penurunan berat badan

Berat badan

Photo :
  • Eat This

Air kelapa bekerja untuk meningkatkan metabolisme secara keseluruhan. Ini mencegah keinginan untuk makan berlebihan dan mencegah penambahan berat badan. 

Plus, air kelapa memiliki kandungan kalori yang dapat diabaikan yang membuatnya menjadi pengganti minuman yang lebih sehat untuk soda atau jus. Plus, hampir tidak memiliki kandungan gula tetapi penuh dengan nutrisi dan elektrolit, inilah yang membuatnya menjadi minuman rendah kalori namun merevitalisasi yang sempurna.

14. Membantu menghilangkan mual saat keracunan

Lain kali Anda mabuk, Anda harus minum segelas air kelapa segar. Plus non-asamnya kaya akan potasium yang akan menenangkan perut Anda dan secara efektif membantu Anda menghilangkan mabuk itu.

Dengan banyak manfaat untuk kulit dan tubuh, air kelapa adalah salah satu minuman alami terbaik di luar sana. Apakah Anda sedang mencari pengganti minuman energi, sedang sakit, atau hanya haus, air kelapa adalah pilihan yang tepat. 

Minuman kaya elektrolit yang memuaskan ini sarat dengan segudang manfaat kesehatan. Namun, disarankan untuk menggunakan air kelapa segar daripada yang dikemas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya