Simak Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Kemandulan

Ilustrasi Sperma
Ilustrasi Sperma
Sumber :
  • Pixabay/ TBIT

VIVA Lifestyle – Kemandulan adalah kondisi di mana pasangan suami istri (pasutri) tidak bisa memiliki anak, meski aktif berhubungan intim. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan infertilitas (ketidaksuburan). Lantas, bagaimana gejala, penyebab kemandulan pria dan wantia? dan bagaimana cara mengatasinya?

"Infertilitas adalah suatu keadaan di mana pasangan suami istri tidak bisa mendapatkan keturunan dalam waktu satu tahun. Di mana dalam waktu satu tahun itu mereka punya frekuensi hubungan yang normal, sekitar dua sampai tiga kali seminggu tanpa penggunaan kontrasepsi," kata dokter Spesialis Ginekologi RS Omni Hospital Pekayon, dr. Probo Mangastomo, Sp, OG.

Nah, kali ini Viva merangkum gejala, penyebab dan cara mengatasi kemandulan yang didasari oleh Video VDVC dan masukan dari berbagai sumber sebagai berikut:

Penyebab Mandul

Penyebab kemandulan

Penyebab kemandulan

Photo :
  • U-Report

Kehamilan diawali dengan proses pertemuan sel telur yang sehat dengan sel sperma yang sehat sehingga terjadi pembuahan. Dari pembuahan tersebut akan terbentuk zigot yang kemudian berkembang menjadi embrio dan menempel pada rahim.

Semua tahapan pada proses pembuahan harus terjadi dengan tepat agar kehamilan bisa terjadi. Namun, proses pembuahan tersebut dapat mengalami gangguan pada salah satu atau beberapa tahapannya sehingga terjadi mandul.

Mandul atau infertilitas terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

Infertilitas primer, yaitu wanita yang belum juga hamil setelah mengakui berhubungan seksual tanpa alat kontrasepsi selama 12 bulan