Memperbaiki Postur Tubuh, Ini 6 Manfaat Plank dan Caranya

Latihan plank yang benar.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Para pecinta olahraga tentunya familiar dengan gerakan plank. Gerakan ini memiliki posisi yang hampir mirip dengan push-up, dengan menggunakan lengan bawah sebagai tumpuan.

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Ada banyak keuntungan melakukan gerakan ini, salah satu manfaat plank setiap pagi yakni memperkuat otot yang berada di pusat tubuh, yaitu otot panggul, punggung bawah, pinggang, dan perut.

Olahraga ini dinobatkan menjadi salah satu olahraga yang paling efektif untuk orang-orang yang ingin memiliki bentuk badan yang ideal. Nah, kali ini Viva mengulas manfaat Plank yang dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

Bukan Pegal Biasa, Nyeri Punggung Bisa Jadi Pertanda Penyakit yang Lebih Serius

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang salah.

Photo :
  • U-Report
Ngeri! Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan, Berisiko Kematian

Postur tubuh bungkuk umumnya disebabkan oleh otot inti tubuh yang lemah. Nah, menahan posisi plank membuat otot-otot bagian atas tubuh tertarik ke belakang dan turun.

Dalam waktu bersamaan, latihan ini akan mengoreksi tulang belakang yang bengkok sekaligus memperkuat daerah punggung atas dan bahu, leher, serta dada dan otot perut. Latihan plank juga melatih otot-otot di punggung bawah, pinggul, dan panggul sebagai pusat gravitasi yang lebih mantap.

Pada akhirnya, rutin plank dapat memberikan manfaat berupa postur tubuh yang lebih baik dan stabil. Postur yang baik membuat orang yang melakukan tampak lebih tinggi dan ramping, dan tentunya dapat meningkkatkan kepercayaan diri secara keseluruhan.

2. Terhindar dari Risiko Mengalami Nyeri Punggung

Nyeri tulang punggung

Photo :
  • Times of India

Latihan plank dapat mengurangi risiko seseorang mengalami nyeri punggung bagian bawah. Plank bertujuan untuk melatih kekuatan-otot inti yang bekerja untuk latihan tubuh saat melakukan gerakan apa pun.

Jika otot inti tubuh seseorag lemah, otot-otot lain di sekitarnya harus bekerja lebih keras untuk menjaga postur tubuh. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, otot-otot tersebut dapat mengalami kegagalan. Salah satu masalah yang sering muncul karena kondisi tersebut adalah punggung bagian bawah.

3. peningkatan Kelenturan Tubuh

ilustrasi latihan kelenturan

Photo :
  • U-Report

Otot-otot tubuh harus fleksibel dan fleksibel agar seseorang bisa bebas bergerak tanpa merasa cepat lelah. Seremeh apapun gerakan yang seseorang buat, misalnya pembatasan untuk mengikat tali sepatu, akan sangat menguras tenaga apabila otot inti tubuh seseorang lemah atau tidak fleksibel.

Hal ini nantinya akan memperbesar risiko cedera saat beraktivitas, kram kaki, atau sakit punggung, misalnya. Rutin melakukan plank akan membangun otot inti yang lebih stabil dan kuat, tapi tetap fleksibel.

Otot yang fleksibel dapat mempermudah koordinasi tubuh dengan jangkauan yang lebih leluasa, serta efisien. Selain itu, otot tubuh yang fleksibel juga bekerja sebagai sandaran. Hal ini membantu mencegah risiko cedera dan mengurangi rasa sakit akibat cedera selama olahraga atau kegiatan fisik lainnya.

4. Memantapkan Keseimbangan Tubuh

keseimbangan manusia.

Photo :
  • U-Report

Manfaat plank setiap pagi melatih atau menahan satu posisi dalam waktu lama untuk memperkuat otot-otot bagian tengah tubuh, punggung bagian atas dan bahu, serta daerah panggul.

Pada akhirnya, otot-otot inti yang kuat akan membantu menciptakan pusat gravitasi tubuh yang lebih stabil sehingga keseimbangan tubuh pun lebih stabil. Secara hasil, kamu tidak mudah goyah atau jatuh saat berjalan juga terhindar dari cedera saat beraktivitas.

Dapat dikatakan jika kamu ingin meningkatkan keseimbangan tubuh, latihan ini bisa menjadi pilihannya.

5. Mengencangkan Perut

Ilustrasi perut kembung

Photo :
  • Pexels

Sekitar 10 % dari lemak tubuh mengendap di perut. Lemak perut (lemak viseral) adalah jenis lemak tubuh yang paling berbahaya.

Kelebihan lemak di area ini terkait dengan berbagai masalah kesehatan serius, mulai dari penyakit hati, demensia, hingga kanker payudara. Oleh karena itu manfaat plank setiap pagi, perut rata dan kencang adalah salah satu manfaat plank lainnya yang bisa kamu dapatkan jika rutin melakukannya.

Memiliki otot inti yang kuat dapat membantu mengoptimalkan proses gizi tubuh untuk membersihkan racun, penyerapan, hingga pengaturan keseimbangan hormon yang lebih efisien.

Semua hal tersebut berperan dalam menjaga kebugaran tubuh tetap baik dan menunda proses penuaan dini. Pada akhirnya, inti tubuh yang kuat membuat seseorang tampak dan merasa sehat serta bugar.

6. Fungsi Kekebalan Tubuh Meningkat

Ilustrasi sistem kekebalan tubuh yang buruk

Photo :
  • Pixabay/ Mojpe

Terdapat penelitian yang membuktikan bahwa melakukan gerakan plank dengan intensitas tinggi bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, terutama pada pria paruh baya. Meski demikian, manfaat plank yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Banyaknya kalori yang dibakar selama latihan plank tergantung pada berat badan seseorang dan berapa lama melakukan latihan plank. Biasanya, orang dengan berat badan sekitar 68 kg bisa membakar 3 kalori/menit saat melakukan latihan plank.

Latihan plank memang membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, jika seseorang pernah mengalami cedera pada bagian bahu, latihan ini sebaiknya tidak dilakukan tanpa pengawasan dokter atau tenaga ahli.

Cara Melakukan Plank

Gerakan Olahraga Plank

Photo :
  • Freepik

Ada banyak variasi gerakan plank yang bisa dicoba, tapi yang paling umum dilakukan tetaplah gerakan plank dasar yang juga cocok dicoba untuk pemula. Berikut cara melakukan plank yang benar:

  • Posisikan tubuh seperti tengkurap di atas permukaan yang datar namun tubuh jangan sampai menempel dengan alas.
  • Posisikan lengan menghadap ke depan dan tekuk siku hingga posisi 90 derajat.
  • Posisi kaki lurus ke belakang sambil kaki bertumpu pada ujung-ujung jari kaki.
  • Posisi wajah menghadap ke bawah dan buat bahu berada pada posisi rileks
  • Setelah mendapatkan posisi plank yang baik dan benar, mulailah berlatih otot dengan menahan bagian perut dan tarik area pusar ke arah dalam (perut seperti sedikit dikempiskan)
  • Pastikan posisi tubuh lurus dari ujung kepala hingga ujung kaki

Nah,, itu informasi mengenai Plank yang Viva dapat berikan ke kamu, semoga bermanfaat!

Ilustrasi pasangan bercinta.

Terpopuler: 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang hingga 7 Manfaat Tempe bagi Kesehatan Tubuh

Berikut deretan 5 rangkuman artikel terpopuler kanal Lifestyle VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024