Bleaching Gigi: Solusi bagi Mereka yang Ingin Tampil Lebih Menarik

memutihkan atau bleaching gigi
Sumber :
  • inmagine

VIVA Lifestyle– Gigi mungkin ternoda atau berubah warna karena berbagai alasan. Jika Anda ingin membuatnya lebih cerah dan lebih putih, Anda dapat melakukannya dengan aman. Ada beberapa opsi untuk dipilih. 

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

Anda dapat mengunjungi dokter gigi untuk perawatan bleccing atau mencoba produk pemutih di rumah. Meskipun ada beberapa efek samping dari pemutihan gigi, kebanyakan perawatan pemutihan gigi konvensional aman digunakan selama Anda mengikuti petunjuk produk.

Bleaching gigi sendiri merupakan sebuah proses memutihkan gigi dengan menggunakan kimia berupa hidrogen peroksida serta karbamid peroksida. Untuk kegiatan melakukan bleaching gigi, Anda bisa melakukannya di rumah, klinik maupun rumah sakit.

10 Penyebab Gigi Ngilu dan Goyang, Salah Satunya Kehamilan!

memutihkan atau bleaching gigi

Photo :
  • inmagine

Tidak dipungkiri, bleaching gigi menjadi salah satu solusi bagi mereka yang ingin membuat penampilannya semakin menarik lagi. Selain membuat penampilan lebih menarik, dengan bleaching gigi kita dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Ternyata, Ini Penyebab Anak Demam Saat Tumbuh Gigi

Mempunyai gigi yang terlihat putih dan bersih menjadi idaman setiap anak.  Namun sayangnya, ada beberaoa  kebiasaan yang mungkin sering Anda lakukan sehingga membuat hilangnya warna cerah gigi.

Menurut dr. Henny Kartika Putri selaku Dokter Umum RSU Siloam Lippo Village, selain tidak rutin menggosok gigi, ada hal lain yang menyebabkan gigi menjadi kuning.

Beberapa faktor penyebabnya meliputi:

Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu

  • Faktor genetika
  • Kebiasaan merokok
  • Menggunakan obat-obatan tertentu
  • Lalu, bagaimana kalau gigi anak menguning?

Dilansir dari sebuah penelitian yang berjudul The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, perubahan warna gigi adalah hal yang biasa. Tetrasiklin sendiri dikenal sebagai penyebab perubahan warna gigi pada anak-anak.

Jika sudah begini, tidak heran kalau banyak dari kita yang ingin mengetahui bagaimana cara memutihkan gigi kuning. Mempunyai gigi yang terlihat putih dan bersih menjadi idaman setiap orangtua.

Veneer dan Bleaching gigi

Photo :
  • Official Global Estetik Dental Care

Namun sayangnya, ada kebiasaan yang mungkin sering dilakukan sehingga membuat hilangnya warna cerah gigi. Menurut dr. Henny Kartika Putri selaku Dokter Umum RSU Siloam Lippo Village, selain tidak rutin menggosok gigi, ada hal lain yang menyebabkan gigi menjadi kuning.

Beberapa faktor penyebabnya meliputi:

  • Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu
  • Faktor genetika
  • Kebiasaan merokok
  • Menggunakan obat-obatan tertentu

Panesan PP. Lalu, bagaimana kalau gigi anak menguning? Dilansir dari sebuah penelitian yang berjudul The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, perubahan warna gigi adalah hal yang biasa.

Tetrasiklin sendiri dikenal sebagai penyebab perubahan warna gigi pada anak-anak. Jika sudah begini, tidak heran kalau banyak dari kita yang ingin mengetahui bagaimana cara memutihkan gigi kuning.

Seperti salah satunya dengan melakukan prosedur  belaching gigi. Salah satu cara memutihkan gigi kuning secara profesional adalah dengan bleaching gigi. “Bleaching gigi atau dental whitening adalah suatu prosedur dalam memutihkan gigi dengan bahan kimiawi, tujuannya untuk mengembalikan estetika gigi dan mendapatkan warna cerah pada gigi”, ujar Reiny Agustina, dokter gigi RS Siloam TB Simatupang.

Dilansir dari dentalhealth.org, efek bleaching gigi sendiri diperkirakan dapat bertahan kurang lebih hingga tiga tahun. Namun, hal ini dapat bervariasi pada setiap orang. Efeknya cenderung tidak bertahan lama jika Moms merokok, atau makan dan minum produk yang dapat menodai gigi.

Biaya bleaching gigi sendiri pun bervariasi, lho. Mulai dari biaya yang saya gunakan untuk bleaching gigi bisa dimulai dari Rp300.000 hingga Rp4.000.000 termasuk perawatannya.

Manfaat Melakukan Bleaching Gigi

Di balik melakukan prosedur bleaching gigi atau memutihkan gigi, rupanya ada manfaat yang perlu Anda ketahui. Kira-kira, apa saja? Berikut ini kami beritahu sederet faktanya, yang kami lansir dari berbagai sumber.

Perkuat Kekuatan Gigi

Artinya, ini mengurangi kemungkinan gigi berlubang dan penyakit gusi yang disebabkan oleh akumulasi plak. Jika plak pada gigi ini dibiarkan, dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri berbahaya.

Lebih Tahan Lama

Diketahui, jika kita rutin selalu menjaga kebersihan gigi, bleaching akan lebih tahan lama hasilnya. Hal ini karena didukung dari bahan pemutih yang digunakan dari bleaching gigi serta cara pemakaian yang benar.

Meskipun tahan lama, hasilnya bukan secara permanen. Oleh karena itu, hindari untuk melakukan pemutihan gigi tanpa bantuan dokter gigi atau ahlinya, ya.

Warnanya Natural dan Tidak Mencolok

Perbedaan yang paling mencolok anara bleaching dengan veneer adalah warna putih yang dihasilkan. Manfaat dari melakukan bleaching gigi yakni warna akan terlihat lebih natural.

Sementara warna putih dari hasil veneer gigi bisa dibuat lebih putih dari cat tembok karena pengaturannya bisa sesuai oleh keinginan kita sendiri.

Proses Cepat dan Praktis

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan yakni bleaching gigi termasuk prosedur yang praktis dan mudah. Prosesnya terbilang cepat dan tidak memakan waktu. Bahkan, hanya dalam satu kali pertemuan dokter memutihkan gigi kuning bisa diatasi, lho!

Kepercayaan Diri Meningkat

Memiliki gigi putih dan bersih tentu membuat orang di sekeliling kita jadi merasa aman. Gigi yang berubah warna cenderung membuat malu untuk senyum atau menampakkan gigi, bukan?

Nah, manfaat dari bleaching gigi ini yakni dapat meningkatkan kepercayaan diri kita, lho!
Dan secara tidak sadar, ini juga membuat kita dapat sesuka hati untuk menebar senyum gigi pada sekitar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya