Hati-hati, Dua Gejala Baru Ini Pertanda Terinfeksi Cacar Monyet

Ilustrasi Cacar Monyet
Ilustrasi Cacar Monyet
Sumber :
  • VIVA/ Erick Christ Wibowo

VIVA Lifestyle – Infeksi cacar monyet kini telah menyebar ke lebih dari 80 negara dan menyumbang lebih dari 18 ribu kasus secara global. Infeksi ini disebabkan oleh virus monkeypox yang termasuk dalam keluarga virus smallpox. 

Mengingat sifat virusnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan infeksi cacar monyet sebagai ancaman global. Guna memperingatkan orang-orang tentang tingginya tingkat penularan infeksi, WHO memperingatkan kita agar tidak menganggap enteng infeksi dan gejalanya. 

Berikut dua gejala baru infeksi virus monkeypox, yang tidak boleh Anda abaikan, dilansir The HealthSite, Rabu 10 Agustus 2022. 

Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, yang diterbitkan dalam British Medical Journal, para ahli telah mengungkapkan bahwa tidak seperti versi cacar monyet sebelumnya, wabah virus saat ini menyebabkan gejala baru bersama dengan tanda cacar monyet klasik lainnya. 

Monkeypox atau cacar monyet

Monkeypox atau cacar monyet

Photo :
  • times of india

Terlepas dari beberapa gejala klasik cacar monyet yang meliputi nyeri dubur, sakit tenggorokan, edemi penis dan lesi oral, dua gejala baru berupa lesi soliter dan amandel yang membesar juga meningkat di antara pasien cacar monyet yang terinfeksi. 

Namun, penulis penelitian mengklaim, ada beberapa keterbatasan termasuk sifat penelitian yang bersifat observasional, yaitu potensi variabilitas dalam penyimpanan catatan medis dan fakta bahwa pasien mereka berasal dari satu pusat medis.