Jangan Sembarangan! Begini Cara Minum Susu Kental Manis yang Benar

Ilustrasi susu kental manis.
Ilustrasi susu kental manis.
Sumber :
  • Freepik/azerbaijan_stockers

VIVA Lifestyle – Susu kental manis atau disingkat SKM adalah susu sapi yang airnya dihilangkan dan ditambahkan dengan gula, sehingga menghasilkan rasa susu yang sangat manis dan dapat bertahan selama satu tahun jika tidak dibuka.

Apakah kamu selama ini merasa sudah benar dalam penyajian cara minum susu kental manis? Jika kamu kurang percaya diri, simak ulasannya berikut ini.

Cara minum susu kental manis yang benar

Ilustrasi Susu kental Manis

Ilustrasi Susu kental Manis

Photo :
  • Pixabay/ eak_kkk

Menilik unggahan Kominfo Newsroom di twitter, dibagikan cara minum susu kental manis yang benar. Susu kental manis rupanya tidak boleh disajikan dengan cara di seduh dan diminum langsung. Apalagi untuk balita dan anak-anak. Apa alasannya?

- Susu kental manis bukan asupan pengganti susu.
- Fungsi susu kental manis tidak menggantikan ASI.
- Tidak dapat digunakan sebagai satu-satunya sumber gizi.
- Tidak cocok untuk bayi sampai usia 12 bulan.

Cara penyajian susu kental manis yang tepat adalah hanya sebagai toping, seperti untuk toping martabak, roti, coklat, dan campuran kopi.

Jika menikmati SKM dengan cara diseduh, maka akan membutuhkan SKM lebih banyak, sehingga kandungan gula yang dikonsumsi juga semakin banyak dibandingkan sebagai toping makanan lainnya.

Umur simpan yang panjang

Konsumen memilih produk susu kental manis di salah satu mini market di Pasar Baru, Jakarta.

Konsumen memilih produk susu kental manis di salah satu mini market di Pasar Baru, Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Gula yang ditambahkan dalam susu kental manis berarti lebih tahan lama dibandingkan susu biasa. Ini dapat disimpan dalam kaleng untuk waktu yang sangat lama tanpa pendinginan, bahkan hingga satu tahun. Namun, setelah dibuka, harus disimpan di lemari es, dan umur simpannya berkurang drastis menjadi sekitar dua minggu. Selalu periksa instruksi pada kaleng susu kental manis kamu untuk memaksimalkan kesegarannya.

Susu kental manis memberikan kalori dan protein ekstra

Saus karamel dari susu kental manis (SKM).

Saus karamel dari susu kental manis (SKM).

Photo :
  • wikiHow

Dikutip healthline, kandungan kalorinya yang tinggi membuat susu kental manis menjadi bahan yang sangat baik untuk orang yang mencoba menambah berat badan. Faktanya, memperkuat oatmeal pagi kamu hanya dengan 2 sendok makan (1 ons atau 30 ml) susu kental manis menambahkan tambahan 90 kalori dan 2 gram protein ke dalam makanan yang kamu konsumsi.

Menggunakan susu kental manis untuk meningkatkan kandungan kalori mungkin lebih bermanfaat daripada menggunakan gula saja karena produk ini juga menyediakan protein ekstra, lemak dan beberapa mineral yang menyehatkan tulang seperti kalsium dan fosfor.

Potensi kerugian susu kental manis

Meskipun ada beberapa manfaat menggunakan susu kental manis, susu kental manis juga memiliki beberapa kelemahan.

- Tinggi Kalori

Tingginya jumlah kalori dalam volume kecil susu kental manis bisa positif atau negatif, tergantung kebutuhan kamu. Bagi orang yang mencoba menambah berat badan, ini bisa menjadi alat yang sangat baik, tetapi bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan, ini dapat memberikan kalori tambahan dan tidak perlu.

- Tidak cocok untuk orang dengan intoleransi susu atau laktosa

Susu kental manis terbuat dari susu sapi dan dengan demikian mengandung protein susu dan laktosa. Jika kamu memiliki alergi protein susu atau tidak toleran laktosa, maka produk ini tidak cocok dikonsumsi untuk orang tertentu.

Beberapa orang dengan intoleransi laktosa dapat mentolerir sejumlah kecil penyebaran laktosa sepanjang hari. Jika hal ini terjadi, perhatikan bahwa susu kental manis mengandung lebih banyak laktosa dalam volume yang lebih kecil.

- Rasa yang tidak biasa

Sementara beberapa orang mungkin menikmati rasa manis dan unik dari susu kental manis, yang lain mungkin merasa tidak enak. Biasanya terlalu manis untuk menggantikan susu biasa. Oleh karena itu, tidak selalu dapat digunakan sebagai pengganti resep, terutama dalam hidangan gurih.