8 Makanan Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Junk food
Junk food
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA Lifestyle – Meskipun melakukan olahraga dapat menghancurkan kalori, namun kamu tetap harus memilih makanan yang tepat setelah selesai berolahraga. Perlu diketahui bahwa ada sejumlah makanan berbahaya jika dikonsumsi setelah kita melakukan olahraga. Jika sembarangan makan setelah berolahraga, maka kerja keras kamu tidak akan membuahkan hasil dan malah hilang. 

Biasanya setelah olahraga, kita kerap merasa lapar dan salah memilih makanan yang harus dimakan. Meskipun mendapatkan kalori dan nutrisi dengan cepat menjadi kuncinya, namun untuk mendapatkan hasil maksimal dari olahraga tersebut sangat penting untuk membatasi kalori dari makanan tidak sehat yang sarat dengan lemak dan gula. Lantas, apa saja makanan berbahaya yang dikonsumsi setelah berolahraga? Mengutip dari eatthis.com, simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Smoothies Instan

Smoothie.

Smoothie.

Photo :
  • Pixabay/orentodoros

Mungkin smoothies instan memang efektif saat kamu kekurangan waktu untuk menyiapkan sesuatu setelah olahraga, akan tetapi biasanya mengandung banyak gula tambahan. 

Saat olahraga tubuh membakar karbohidrat kompleks dan lemak, dengan minum minuman manis atau makanan ringan tersebut justru dapat menghentikan proses pembakaran lemak. Sebaiknya jika sempat buatlah smoothies sendiri di rumah dengan berbasis protein.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas.

Makanan pedas.

Photo :
  • U-Report

Makanan berbahaya yang dikonsumsi setelah berolahraga selanjutnya adalah makanan pedas. Makanan pedas apa pun sulit dicerna dan sebaiknya dihindari usai berolahraga. Tubuhmu baru saja menyelesaikan upaya besar dan sedang dalam kondisi perbaikan sehingga lebih dibutuhkan makanan yang mudah dicerna seperti sedikit protein, sedikit gula dan sebagian besar karbohidrat untuk mengisi kembali tingkat energi tubuh.

3. Soda

minuman bersoda

minuman bersoda

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya kamu harus menghindari meminum soda setelah berolahraga. Jangan pernah minum soda setelah berolahraga karena tubuhmu perlu terhidrasi dan soda tidak akan melakukannya. Selain itu, soda juga bisa membuatmu jadi merasa kembung. 

4. Protein Berat 

Steak.

Steak.

Photo :
  • Ist.

Protein berat juga menjadi makanan berbahaya jika dikonsumsi setelah berolahraga. Sama seperti makanan pedas, makanan berprotein berat juga sulit dicerna, misalnya seperti steak yang kental dan berair. Kamu bisa menggantinya dengan tuna dan nasi atau minum protein shake.

5. Makanan Berlemak

Makanan berlemak

Makanan berlemak

Photo :
  • U-Report

Tentu makanan berlemak ini harus kamu hindari setelah melakukan olahraga. Hindari makanan apapun yang digoreng, dan bahkan kacang-kacangan setelah berolahraga. Lemak dapat memperlambat proses pencernaan di usus, oleh karena itu akan menunda pengiriman nutrisi yang sangat dibutuhkan ke dalam otot.

6. Cokelat

Ilustrasi cokelat.

Ilustrasi cokelat.

Photo :
  • U-Report

Cokelat menjadi salah satu makanan berbahaya yang harus kamu hindari setelah berolahraga. Hindari memakan cokelat batangan. Olahraga akan mempercepat metabolisme tubuh, apabila kamu memakan cokelat maka olahraga yang dilakukan akan sia-sia. 

Tetapi jika kamu benar-benar tidak bisa menahannya, kamu bisa menggantinya dengan 

dua sendok makan minyak kelapa dengan satu sendok teh bubuk kakao mentah, sejumput kayu manis, dan sedikit Stevia untuk membuat saus cokelat bebas gula. 

7. Fast Food

Ilustrasi fast food/makanan cepat saji.

Ilustrasi fast food/makanan cepat saji.

Photo :
  • Pixabay/Fotorech

Jika restoran fast food ada di dekat tempat olahragamu, jangan sampai tergoda karena itu adalah salah satu makanan berbahaya apabila dimakan setelah berolahraga. Meskipun kamu mungkin menginginkan garam setelah berolahraga, pilihan makanan cepat saji tidak akan baik untuk mengisi kembali tubuhmu. 

8. Bar Energi

Cokelat.

Cokelat.

Photo :
  • U-Report

Mungkin kalian berpikir bahwa makanan bar energi itu sehat. Tapi faktanya sebagian besar produk tersebut di pasaran sebagian besar adalah gula dan tidak lebih bergizi daripada permen. Dapatkan protein dari sumber makanan utuh seperti telur dibanding bar energi instan di pasaran.