8 Cara Mengatasi Mata Bengkak

Ilustrasi mata.
Sumber :
  • Pixabay/ ShaunNameNotTaken

VIVA Lifestyle – Mata bengkak bisa disebabkan berbagai hal, mulai dari penumpukan cairan hingga infeksi. Gangguan mata ini umumnya dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu singkat.

5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari oleh Ibu Menyusui

Namun, jika mata bengkak tidak membaik atau mengalami keluhan yang berlebih dan mengganggu kenyamanan, kamu bisa melakukan 8 cara mengatasi mata bengkak, berikut ini:

Ilustrasi mata.

Photo :
  • Pixabay/ ShaunNameNotTaken
5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

1. Minum air putih yang cukup

Dilansir dari healthline, mata bengkak bisa jadi akibat dehidrasi, pastikan kamu minum banyak air setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Aturan umumnya adalah minum delapan gelas air setiap hari.

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Agar tetap mengingat hal itu, kamu dapat menggunakan smartphone untuk mengingatkan minum air putih di tengah aktivitas kerja yang padat.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan botol yang ditandai dengan waktu untuk membantumu minum cukup air sepanjang hari.

2. Hindari alkohol

Ilustrasi mata

Photo :
  • Pixabay/Sallina13

Hindari minuman tersebut. hal ini dikarenakan alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, dan dehidrasi merupakan salah satu penyebab mata bengkak, jadi sebaiknya minum air putih jauh lebih baik.

Jika kamu bosan dengan air putih, menambahkan irisan buah segar adalah cara yang dirasa bagus untuk tetap terhidrasi. Coba tambahkan buah-buahan kesukaanmu ke dalam botol air untuk infused water.

3. Posisi tidur

Jika kini kamu sedang mengalami mata bengkak, cobalah tidur dengan beberapa bantal agar posisi kepala lebih tinggi dari badan. Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi penumpukan cairan mengendap di sekitar mata.

4. Kompres dingin

Letakan kompres dingin di kelopak mata selama kurang lebih 10 menit. Hal ini dapat membantu mengalirkan kelebihan cairan dari bawah mata kamu.

6. Kompres kantong teh

Cara atasi mata bengkak

Photo :
  • http://beritatrendz.blogspot.com

Kompres kantong teh hijau atau hitam di bagian kelopak mata juga bisa membantu. Teh mengandung antioksidan dan kafein yang dapat mengurangi peradangan dan menyempitkan pembuluh darah.

7. Krim mata

Ada banyak krim mata di pasaran yang bisa meredakan bengkak. Beberapa bahan yang harus dicari dalam krim mata termasuk chamomile, mentimun, dan arnica. Ini semua mengandung sifat yang dapat mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit.

8. Konsumsi Kalium

Konsumsi Kalium atau Potasium dapat membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh. Kamu dapat melakukan ini dengan menambahkan pisang, kacang-kacangan, yogurt, dan sayuran hijau ke dalam makanan.

Tiga Pelajar perempuan di Blitar Terekam Mabuk di Tengah Sawah

Tiga Pelajar di Blitar Terekam Mabuk di Tengah Sawah, Diduga Konsumsi Arak Jawa Campur Soda

Tiga pelajar perempuan di Blitar terekam mabuk di tengah sawah konsumsi Arak JawaCampur soda dan salah satu dari mereka bahkan tergeletak di tengah jalan persawahan

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024