7 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan Tubuh

Kacang almond
Sumber :
  • medicalnewstoday

VIVA Lifestyle – Kacang almond adalah salah satu kacang pohon paling populer di dunia, bahkan orang-orang di seluruh dunia telah makan almond selama ribuan tahun. Kacang almond sangat bergizi dan kaya akan lemak sehat, antioksidan, vitamin dan mineral.

Lebih Dari Sekadar Lezat! Alpukat Ternyata Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Jantung dan Kulit

Almond mengemas banyak nutrisi padat untuk memberi manfaat bagi tubuh kamu. Jika kamu ingin memperkuat jantung, tulang, atau bahkan libido, almond dapat membantu.

Kacang almond.

Photo :
  • U-Report
9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

Berikut 7 manfaat kacang almond untuk kesehatan

1. Kacang almond kaya nutrisi
Dalam 28 gram kacang almond, seperti dilansir dari healthline, mengandung nutrisi yang sangat mengesankan, yakni:

Zaidul Akbar Ungkap Bahaya Sering Minum Air Dingin: Ginjal Bisa Bermasalah

Serat: 3,5 gram
Protein: 6 gram
Lemak: 14 gram
Vitamin E: 37% dari kebutuhan harian tubuh
Mangan: 32% dari kebutuhan harian tubuh
Magnesium: 20% dari kebutuhan harian tubuh
Vitamin B2 (riboflavin) dan fosfor.
2. Almond dipenuhi dengan antioksidan
Antioksidan membantu melindungi dari stres oksidatif, yang dapat merusak molekul di sel tubuh dan berkontribusi terhadap peradangan, penuaan, dan penyakit seperti kanker. Sebuah uji klinis pada 60 perokok pria menemukan bahwa sekitar 3 ons (84 gram) almond per hari mengurangi biomarker stres oksidatif sebesar 23-34% selama periode empat minggu.

3. Kacang almond dapat membantu kontrol gula darah

Kacang almond.

Photo :
  • Pinkvilla

Almond telah terbukti bisa mengendalikan kadar gula darah. Tidak hanya itu, banyak peneliti dan ahli kesehatan yang mengatakan almond bisa menurunkan kadar gula darah secara alami.

Hal ini dikarenakan kacang almon mengandung jumlah magnesiumnya yang sangat tinggi. Magnesium adalah mineral yang terlibat dalam lebih dari 300 proses tubuh, termasuk kontrol gula darah. Dalam 310 miligram almond menyediakan 150 miligram magnesium dari kebutuhan harian tubuh.

Faktanya, 25-38% orang dengan diabetes tipe 2 kekurangan magnesium. Ini menunjukkan bahwa makanan bermagnesium tinggi seperti almond ini dapat membantu mencegah diabetes tipe 2.

4. Kacang almon tinggi vitamin E
Vitamin E adalah keluarga antioksidan yang larut dalam lemak. Antioksidan ini cenderung menumpuk di membran sel dalam tubuh, yang dapat melindungi sel kamu dari kerusakan oksidatif.

Selain itu, almond adalah salah satu sumber vitamin E terbaik di dunia, dengan hanya 1 ons almon sudah dapat memenuhu 37 persen kebutuhan harian tubuh akan vitamin E. Beberapa penelitian telah mengatakan asupan vitamin E yang tinggi dapat mencegah penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer.

5. Menurunkan tekanan darah

Kacang almond.

Photo :
  • U-Report

Tekanan darah tinggi adalah salah satu pemicu utama serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal. Kekurangan magnesium sangat terkait dengan tekanan darah tinggi.

Kandungan magnesium yang tinggi dalam kacang almond diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi kacang almond tampak mengalami penurunan tekanan darah.

6. Menurunkan kadar kolesterol
Makanan yang kamu konsumsi mungkin mempunyai efek terhadap kadar kolesterol jahat, yang dapat memicu satu faktor risiko penyakit jantung. Beberapa studi telah menunjukkan almond secara efektif dapat menurunkan kolesterol jahat ini. Selain itu, konsumsi almond juga berperan dalam menjaga kadar kolesterol baik atau HDL.

7. Makan almon dapat mengurangi rasa lapar
Hal ini dikarenakan kacang almon rendah karbohidrat namun tinggi protein dan serat. Baik protein maupun serat diketahui dapat meningkatkan perasaan kenyang. Ini dapat membantu kamu untuk makan lebih sedikit kalori.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 137 peserta menunjukan, bahwa mengkonsumsi 1,5 ons atau 43 gram almond setiap hari secara signifikan dapat mengurangi rasa lapar dan keinginan untuk makan hal ini tentu sangat membantu jika kamu sedang program diet.

Garis bawah

Almond mengandung banyak lemak sehat, serat, protein, magnesium dan vitamin E. Manfaat kesehatan dari almond termasuk menurunkan kadar gula darah, mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol. Mereka juga dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan penurunan berat badan.

Ilustrasi ibu menyusui.

5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari oleh Ibu Menyusui

Menjadi ibu menyusui, apa yang dimakan dan diminum oleh ibu dapat berpengaruh pada kesehatan dan kenyamanan bayi. Beberapa makanan dan minuman tertentu bisa jadi masalah

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024