10 Cara Menghilangkan Dahak Lengkap dengan Penyebabnya

Ilustrasi batuk.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA Lifestyle – Lendir atau dahak memiliki peran penting dalam tubuh. Itu dibuat oleh sel-sel di mulut, tenggorokan, hidung, dan sinus. Konsistensinya yang licin membantu melindungi dan melembabkan, dan menjebak potensi iritasi. Namun, tak jarang dahak sangat mengganggu apalagi di bagian tenggorokan. Kamu perlu mengetahui cara menghilangkan dahak yang mengganggu.

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Dahak terbuat dari selaput lendir, tetapi diproduksi dan digunakan oleh sistem pernapasan untuk memerangi peradangan. Sebelum kamu mengetahui cara menghilangkan dahak, sebaiknya kamu mengetahui pemicu dahak.

Penyebab Dahak di Tenggorokan

Tidur dengan AC Menyala? Hati-hati 6 Masalah Kesehatan Ini Mengintai

Batuk berdahak.

Photo :
  • U-Report

Dahak adalah benda kental dan lengket yang menggantung di belakang tenggorokan saat kamu sakit. Setidaknya saat itulah kebanyakan orang menyadarinya. Tapi tahukah kamu bahwa kamu memiliki lendir ini sepanjang waktu?

Alasan Yordania dan Arab Saudi Justru Bantu Israel Lawan Serangan Udara Iran

Selaput lendir membuat dahak untuk melindungi dan mendukung sistem pernapasan. Membran ini melapisi beberapa bagian, yaitu:

  • mulut
  • hidung
  • tenggorokan
  • sinus
  • paru-paru

Lendir bersifat lengket sehingga dapat menjebak debu, alergen, dan virus. Saat kamu sehat, lendirnya tipis dan kurang terlihat. Saat kamu sakit atau terkena terlalu banyak partikel, dahak bisa menjadi kental dan menjadi lebih terlihat karena menjebak zat asing ini.

Dahak adalah bagian yang sehat dari sistem pernapasan kamu, tetapi jika itu membuat kamu tidak nyaman, ada cara menghilangkan dahak.

Cara Menghilangkan Dahak

Ikuti cara menghilangkan dahak di bawah ini yang dilansir dari Khealth.

1. Humidifier

Ilustrasi menggunakan humidifier

Photo :
  • Pexels

Menjaga kelembapan udara di sekitar kamu dapat membantu mencegah iritasi pada saluran hidung dan melonggarkan dahak, sehingga memudahkan batuk.

Jadi cobalah menggunakan pelembab kabut dingin, terutama di tempat kamu tidur, untuk menambah kelembapan udara yang kamu hirup.

2. Berkumur Air Garam

Berkumur

Photo :
  • Times of India

Meskipun tidak banyak penelitian tentang obat ini, berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi peradangan di tenggorokan.

Tambahkan setengah sendok teh garam ke delapan ons air hangat dan kumur air di belakang tenggorokan. Sebagai bonus, ini dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

3. Tetap terhidrasi

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Lisa Fotios

Tetap terhidrasi dengan baik dapat membantu menjaga lendir tetap tipis. Secara khusus, minuman panas dan sup dapat membantu membersihkan dahak di hidung. Jika kamu suka teh, tambahkan madu untuk membantu meredakan batuk yang berlebihan.

4. Obat yang dijual bebas (OTC)

Obat batuk

Photo :
  • http://groovygreenlivin.com

Beberapa obat OTC dapat membantu meredakan dahak, tetapi gunakan dalam jumlah sedang karena produksi dahak adalah cara alami bagi tubuh kita untuk melawan infeksi, dan terlalu banyak obat dapat merusak fungsi ini.

  • Ekspektoran: Ekspektoran seperti guaifenesin (Mucinex) membantu mengencerkan dahak, membuatnya lebih mudah untuk meledak atau batuk.
  • Uap gosok: Uap gosok memberikan bantuan dari batuk dan kemacetan dada.
  • Dekongestan: Dekongestan yang mengandung pseudoefedrin (seperti Sudafed) dapat mengeringkan lendir di dada, hidung, dan tenggorokan.

5. Obat resep

Obat-obatan.

Photo :
  • U-Report

Jika pengobatan alami untuk menghilangkan dahak tidak berhasil, temui penyedia medis untuk mendapatkan obat resep. Dekongestan resep lebih kuat dari dekongestan OTC. Penyedia medis atau apoteker dapat mendiskusikan seberapa sering kamu minum obat. Semprotan hidung resep juga tersedia. Biasanya ini untuk penggunaan jangka pendek, tidak lebih dari tiga hari, karena dapat mulai memperburuk kemacetan.

6. Batasi Kafein

Kopi.

Photo :
  • https://www.eatthis.com/

Minum minuman berkafein membuat kamu lebih sering buang air kecil dan kehilangan lebih banyak air dari tubuh.

Untuk menjaga dahak tetap tipis, kamu membutuhkan lebih banyak air dalam tubuh. Jadi cobalah untuk membatasi jumlah kafein yang kamu minum dan minum cairan hidrasi lainnya.

7. Batuk

Ilustrasi batuk/TBC/

Photo :
  • Freepik/drobotdean

Meskipun bisa mengganggu, batuk adalah cara tubuh membersihkan dahak yang berlebihan, jadi gunakan penekan batuk dengan hemat.

8. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih.

Photo :
  • Health Guide

Salep dan minyak esensial encer yang mengandung kayu putih sering digunakan untuk membantu meredakan hidung tersumbat.

Menggosok baik ke dada atau menggunakannya di bak mandi air hangat atau diffuser dapat membantu mengurangi lendir dan meredakan batuk.

9. Berhenti merokok

Ilustrasi berhenti merokok.

Photo :
  • iStockphoto.

Merokok mengiritasi saluran udara, memicu paru-paru untuk menghasilkan lebih banyak dahak. Menyalakan juga secara signifikan meningkatkan risiko kondisi yang menyebabkan kelebihan dahak seperti COPD dan kanker paru-paru.

10. Batasi Asupan Alkohol

Minuman beralkohol.

Photo :
  • U-Report

Pertahankan asupan alkohol seminimal mungkin, atau lebih baik lagi, hindari sama sekali. Konsumsi alkohol yang berlebihan menyebabkan dehidrasi dan juga membuat lebih sulit untuk membersihkan dahak.

Langit Yunani (Doc: X)

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Media sosial dibanjiri dengan gambar-gambar oanye langit di Ibu Kota Yunani yang membuat penduduk setempat dan wisatawan tercengang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024