4 Tips Diet Sehat Tak Menyiksa, Bonus Body Goal!

dr. Abelina Dini Fitria, MM, MARS
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Lifestyle  – Ada banyak tips diet sehat yang dapat dijalani agar memiliki berat badan yang ideal. Diet yang baik dan benar tidak menyiksa tubuh. Diet yang baik harus seimbang antara pola hidup sehat, makanan bergizi dan olahraga yang teratur. Olahraga dapat membentuk tubuh agar lebih proporsional ideal. Olahraga yang rutin dapat memperlancar peredaran darah dan metabolisme tubuh berjalan dengan baik sehingga tubuh selalu aktif dan sehat.

Makan Burger dari Restoran Terkenal di Arab Saudi, 75 Orang Keracunan

Selain olahraga, ada beberapa tips lainnya yang disampaikan oleh health and beauty expert, dr. Abelina Dini Fitria, MM, MARS untuk diet yang sehat dan tak menyiksa. Berikut penjelasannya:

1. Calori Defisit

Cocok Buat Keluarga, Ini Bedanya Restoran Hotpot A La Carte dan All You Can Eat

Wagyumelon burger terbut dari buah semangka

Photo :
  • Dok. Istimewa

Defisit kalori adalah pola makan untuk menurunkan berat badan dengan cara mengurangi asupan kalori harian. Dengan cara ini, jumlah kalori yang masuk ke tubuh menjadi lebih sedikit dari yang terbakar. Apabila kalori yang masuk ke tubuh lebih sedikit dari yang keluar atau terbakar, inilah yang disebut defisit kalori. Sebaliknya, jika kalori yang masuk ke tubuh lebih besar dari yang keluar, kondisi ini disebut surplus kalori.

Hari Tanpa Diet Internasional: Tubuh Sehat dengan 3 Kebiasaan Ini Tanpa Harus Diet

Mengurangi asupan kalori secara konsisten bisa menyebabkan penurunan berat badan. Pasalnya, dalam keadaan defisit kalori, tubuh harus mencari sumber kalori lain, yaitu lemak, untuk dibakar dan memperoleh energi.

“Aku sarankan intermitten fasting dan calori defisit, itu yang pada dasarnya,” ujar dr. Abelina Dini Fitria, health and beauty expert belum lama ini.

2. Intermittent Fasting

Ilustrasi anak berpuasa.

Photo :
  • U-Report

Intermittent fasting (diet puasa) adalah metode untuk mengatur pola makan dengan cara berpuasa makan selama beberapa waktu. Namun di antara waktu tersebut, Anda masih dapat mengonsumsi minuman.

Diet dengan membatasi makanan tertentu seperti diet rendah karbohidrat sering kali gagal. Itu karena Anda harus menghindari makanan yang disukai. Namun, jika ingin diet tanpa sedih, mungkin Anda perlu mencoba diet puasa (intermittent fasting).

Metode ini melatih ketahanan tubuh agar tetap dapat menjalankan fungsinya walaupun sedang tidak mengonsumsi makanan dalam periode tertentu. Intermittent fasting juga membantu tubuh mengendalikan tekanan darah dan kolesterol karena tubuh melakukan pembakaran lemak lebih efektif saat berpuasa, serta membuat hormon insulin lebih sensitif terhadap makanan.

3. Makanan Sehat

dr. Abelina Dini Fitria, MM, MARS

Photo :
  • Dok. Istimewa

Makanan sehat untuk kalangan yang menjalani diet saat ini semakin banyak ragamnya. Terbaru adalah wagyu melon steak yang terbuat dari buah semangka. Daging panggang satu ini bukan dari sapi, ayam atau ikan salmon. Buah semangka dipanggang selama tiga jam sehingga akan bertekstur seperti daging dan lebih chewy.

“Steaknya pakai vegan cheese, bukan dari susu. Kita benar-benar pilih ingredients yang sempurna, quality controlnya susah banget,” ujar dr. Abelina owner wagyu melon dari brand JAtuh CinTAH tersebut.

4. Obat/Suplemen

dr. Abelina Dini Fitria, MM, MARS

Photo :
  • Dok. Istimewa

Menurut dr. Abelina, program diet juga dapat dibantu dengan obat atau suplemen khusus body slimming. Dia berkaca saat belajar di Amerika Serikat yang mana mayoritas orang di sana mengalami obesitas.

“Ada obat khusus slimming. Aku kan belajar di Amerika jadi di Amerika itu banyak obesitas makanya nomor 1 untuk slimming itu ya Amerika. Programnya pakai obat dan dibantu pola makan juga. Aku sarankan intermitten fasting dan calori defisit, itu yang pada dasarnya. Intinya obat, suplemen, dan gaya hidup. Jadi semuanya, makanya aku sebut program,” ungkap gadis asal Palembang tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya