Dokter Zaidul Akbar Ungkap Makna Madu Berdasarkan Warnanya

Berbagai macam warna madu
Sumber :
  • Instagram @zaidulakbar

VIVA Lifestyle – Madu memang menjadi salah satu minuman yang dikenal berkhasiat dan memiliki manfaat kesehatan di dalamnya. Namun, tahukah kamu bahwa ada keunikan lain dan makna madu selain rasanya yang mungkin tidak banyak disadari oleh orang-orang? 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Persoalan mengenai makna madu sendiri dijelaskan di dalam Al-Quran, maka dari itu masu memiliki kegunaan yang luar biasa, seperti yang disebutkan oleh dr. Zaidul Akbar yang juga sekaligus pendakwah Islam dan praktisi pengobatan sunah di Indonesia. 

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia." (QS. 16:68),” tulis keterangan dalam Instagram @zaidulakbar yang dikutip VIVA pada Kamis, 1 September 2022. 

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Ilustrasi madu

Photo :
  • healthline.com

Mengapa madu bisa berkhasiat dan memiliki manfaat? Dijelaskan bahwa lebah yang menghasilkan madu diperintahkan oleh Allah untuk memakan berbagai macam buah yang ditempuh oleh lebah tersebut berdasarkan jalan yang dimudahkan oleh Allah. Madu juga dikatakan bermacam-macam warnanya. 

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." (QS. 16:69)

Jika umumnya rasa madu yang dibahas saat kita ingin mengonsumsinya, berbeda dengan di dalam Al-Quran yang justru malah membahas makna madu berdasarkan warnanya. 

“Perhatikan disana.. jika kita membahas madu, kita biasanya membahas rasa kan..? Dari nektar apa atau bunga apa, tapi menariknya Alquran justru membahas madu dari sisi warna ( Keluar minuman yang bermacam macam warnanya [bukan rasa yang dibahas]),” tulis Zaidul Akbar lagi. 

Berbagai macam warna madu

Photo :
  • Instagram @zaidulakbar

Lantas, ada apa dengan warna madu sehingga Allah membahasnya di dalam Al-Quran dan bukan membahas rasanya? Jika berdasarkan urutan madu terbaik tentu sudah umum didengar, mulai dari madu di gunung, pohon atau rumah madu buatan manusia. 

Dalam unggahan dr. Zaidul Akbar sendiri ia mengunggah berbagai macam jenis madu berdasarkan warnanya. Koleksi madu-madunya di dalam foto tersebut antara lain ada madu tembakau, kangkung, sangket, multiflora, kopi, kaliandra dan madu akasia. Menurutnya, rasa berbagai macam madu itu berbeda-beda dan diungkapkan bahwa selera seseorang terhadap rasa dari madu ternyata memiliki makna yang cukup seru mengenai kehidupannya dan sikapnya. 

Pembahasan mengenai makna di balik warna madu sepertinya akan dilanjutkan oleh dr. Zaidul Akbar dalam unggahannya di kesempatan lain. Namun bisa disimpulkan bahwa ternyata berbagai macam warna madu memiliki makna yang berbeda. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya