10 Manfaat Stroberi, Si Asam Manis yang Menyehatkan

Buah stroberi
Sumber :
  • Pixabay/Engin_Akyurt

VIVA Lifestyle  – Sangat banyak manfaat stroberi karena mengandung vitamin C yang tinggi. Umumnya, buah stroberi bercita rasa asam-manis. Buah strawberry pertama kali dikenalkan oleh bangsa Eropa sekitar abad 18. Adanya buah stroberi yang kita kenal saat ini tak lain karena proses hibrida dari dua jenis spesies buah stroberi dari Amerika Utara dan Chili yang memiliki warna merah cerah, berarir, manis serta lebih cenderung asam.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Stroberi juga terkenal sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan mangan yang begitu baik serta kandungan folat atau vitamin B9 dan potasium. Stroberi sendiri memiliki nama latin Fragaria Ananassa juga kaya akan antioksidan dan senyawa tanaman. Tak heran jika buah stroberi mampu memberikan manfaat bagi kesehatan jantung serta mampu mengontrol gula darah.

Mau tahu manfaat lain buah stroberi? Yukk scroll artikel berikut ini selengkapnya!

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Dilansir dari Food Data Central, dalam 100 gram buah strawberry memiliki kandungan sebagai berikut.

Air: 90,95 gr
Energi: 32 kcal
Karbohidrat: 7,68 gr
Vitamin C: 58,8 gr
Vitamin A: 1 mcg
Beta karotin 7 mcg
Vitamin E (alpha-tocopherol): 0,29 mg
Vitamin K: 2,2 mcg
Vitamin B6: 0,047 mg
Lemak total: 0,67 gr
Gula: 4,89 gr
Serat: 2 gr
Kalsium: 16 mg
Kalium: 153 mg
Zat besi: 0,41 mg
Magnesium: 13 mg
Fosfor: 24 mg
Zink: 0,14 mg
Riboflavin: 0,022 mg
Folat: 24 mcg
Kolin: 5,7 mcg

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Berikut manfaat strawberry yang dilansir dari laman hellosehat.com:

1. Menjaga kesehatan mata dan rambut

Ilustrasi Mata

Photo :
  • pixabay

Buah strawberry diperkaya oleh kandungan vitamin C dan antioksidan — seperti flavonoid, phenolic, phytochemicals, dan ellagic acid. Keduanya dapat membantu melawan radikal bebas agar mata terhindar dari masalah seperti mata kering, degenerasi makula, dan katarak. Antioksidan juga dapat membantu melindungi kondisi rambut. Selain itu, kandungan kalium dalam stroberi juga dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah tekanan okular pada bola mata yang dapat membahayakan penglihatan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ilustrasi sistem kekebalan tubuh yang buruk

Photo :
  • Pixabay/ Mojpe

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa rutin meminum jus stroberi dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena buah stroberi kaya akan vitamin C. Kekebalan tubuh yang baik akan mencegah Anda dari berbagai penyakit akibat infeksi virus dan bakteri. Dengan begitu, Anda dapat hidup lebih sehat.

Selain itu, vitamin C dalam buah strawberry juga berperan sebagai antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh.

3. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat stroberi yang tak kalah penting adalah meningkatkan fungsi otak. Hal ini karena kandungan stroberi yang kaya antisianidin dan flavonoid yang efektif mencegah penurunan memori.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Elizabeth Devore dari Harvard University disimpulkan bahwa wanita usia lanjut yang mengonsumsi stroberi sebanyak dua porsi atau lebih setiap minggunya memiliki daya ingat yang lebih baik.

4. Mengurangi risiko serangan jantung

Ilustrasi serangan jantung

Photo :
  • Eat This

Fungsi anthocyanin pada buah stroberi lainnya adalah mencegah serangan jantung. Meskipun belum diketahui pasti, sejumlah penelitian telah menjelaskan mengenai hal tersebut. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Eric Rimm yang menunjukkan bahwa mereka yang sering mengonsumsi stroberi dan buah beri lainnya memiliki risiko serangan jantung yang lebih rendah.

5. Mengontrol gula darah

Ilustrasi cek gula darah

Photo :
  • Bio Insuleaf

Para ahli menjelaskan bahwa antioksidan dan berbagai senyawa lain seperti phytochemicals, anthocyanin and ellagitannins yang terkandung dalam buah strawberry dapat membantu mengontrol gula darah. Selain itu, karena memiliki indeks glikemik yang rendah, strawberry aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Anda dapat memperoleh rasa manis alami dari stroberi sebagai pengganti gula biasa.

6. Membantu mengurangi berat badan

Berat badan

Photo :
  • Eat This

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, sebaiknya memasukkan buah stroberi ke dalam daftar menu diet buah maupun tipe diet harian lainnya. Hal ini karena kandungan serat pangan yang tinggi pada buah tersebut. Sejumlah studi klinis telah membuktikan bahwa serat berperan sangat penting dalam menjaga metabolisme dan pengaturan pola makan pada penderita obesitas atau berat badan yang berlebihan.

7. Mengatasi peradangan (anti inflamasi)

Ilustrasi tanda peradangan di tubuh.

Photo :
  • U-Report

Manfaat stroberi selanjutnya adalah membantu mencegah peradangan. Kandungan strawberry yang bertindak sebagai anti inflamasi adalah polifenol, antosianin, mikronutrien dan serat. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi dari Oklahoma State University Amerika Serikat yang menyimpulkan bahwa zat-zat pada stroberi tersebut berperan dalam mencegah peradangan pada jaringan tubuh, hiperglikemia, dan berbagai penyakit pembuluh darah.

8. Mengatasi jerawat

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.

Photo :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

Selain menjaga tubuh dari berbagai penyakit berbahaya, ternyata stroberi juga mampu mengatasi jerawat. Hal ini karena kandungan zat anti inflamasi yang terdapat pada strawberry. Zat tersebut mampu mencegah peradangan pada kulit yang menyebabkan jerawat.

9. Mencegah penuaan dini

Ilustrasi penuaan dini.

Photo :
  • U-Report

Stroberi adalah buah yang kaya akan Vitamin C. Sejumlah penelitian telah membuktikan efektivitas vitamin C dalam mencegah kulit dari tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan keriput. Anda dapat memperoleh manfaat vitamin C dari buah stroberi dengan cara menghaluskannya lalu mengaplikasikan pada wajah. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsinya secara langsung.

10. Mencegah Penyakit Kanker

Ilustrasi sel kanker menyerap glukosa dari aliran darah

Photo :
  • U-Report

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika buah stroberi memiliki kandungan yang cukup banyak di dalamnya. Mulai dari vitamin C, asam folat, anthocyanins, quercetin, dan kaempferol yang merupakan jenis flavonoid juga terkandung di dalam buah strawberry. Kandungan antioksidan ini ternyata bisa membantu melawan pertumbuhan tumor yang bisa menyebabkan penyakit kanker dan juga mencegah metastasis atau penyebaran sel kanker di dalam tubuh manusia. Disarankan bagi kalian untuk mengkonsumsi minuman jus stroberi secara rutin agar terhindar dari adanya penyakit berbahaya seperti kanker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya