5 Efek Samping Mengejutkan dari Makan Jagung, Kurangi Risiko Diabetes

Jagung manis
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Apakah Anda menyukai roti jagung, sup jagung, atau hanya menikmati menambahkan beberapa biji segar ke salad favorit Anda, jagung adalah makanan pokok di rumah yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia.

Jagung Murah karena Produksi Melimpah, Jokowi: Itu Hukum Pasar

Namun, bukan hanya keserbagunaan sayuran lezat ini yang menjadikannya sebagai tambahan yang bagus untuk makanan—tetapi juga memberi banyak manfaat kesehatan yang bahkan mungkin tidak disadari oleh para pecinta terbesar. 

DIkutip dari Eat This, berikut ini efek samping makan jagung manis, menurut ahli diet  yang Anda tidak akan menyangkanya. 

9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

Dapat menurunkan kolesterol

Kolesterol

Photo :
  • Times of India
Disfungsi Ereksi Bukan Cuma Masalah Pria Tua! Kenali 5 Faktor Pemicunya di Usia 20-an

Jika ingin memasukkan kolesterol Anda ke wilayah yang lebih sehat, menambahkan sedikit minyak jagung ke dalam makanan mungkin merupakan cara yang efektif untuk melakukannya. 

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menemukan bahwa, di antara sekelompok 25 orang dewasa dengan kolesterol tinggi, mengonsumsi empat sendok makan minyak jagung per hari menurunkan kadar kolesterol dengan proporsi yang lebih besar daripada mereka yang mengonsumsi minyak kelapa dalam jumlah yang setara.

Dapat mengurangi risiko diabetes

Sedikit makan jagung di menu Anda bisa menjadi kunci untuk mencegah diabetes dan komplikasi terkaitnya. Sebuah studi in vitro 2018 yang diterbitkan di PLOS One menemukan bahwa pigmen antosianin yang ditemukan dalam jagung ungu dikaitkan dengan peningkatan penyerapan glukosa dan peningkatan sekresi insulin, serta mengaktifkan reseptor asam lemak bebas-1 dan glukokinase, dua penanda biologis yang terkait dengan pengurangan risiko diabetes.

Dapat membantu melancarkan pencernaan

Buang air besar.

Photo :
  • U-Report

Jika Anda mencoba memberi dorongan pada saluran pencernaan Anda yang lamban, sedikit jagung mungkin bisa membantu. Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menemukan bahwa konsumsi polidekstrosa dan serat jagung larut, dua jenis serat yang ditemukan dalam jagung, dikaitkan dengan produksi tinja yang lebih sering.

Jagung dapat meningkatkan bakteri usus 

Keseimbangan bakteri usus yang sehat sangat penting untuk tidak hanya menjaga saluran pencernaan Anda tetap sehat, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan seluruh tubuh, karena sekitar 70 persen dari sistem kekebalan tubuh Anda terletak di dalam usus.

Untungnya, menambahkan beberapa jagung ke dalam makanan dapat membantu menjaga keseimbangan penting ini tetap utuh. Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan di PLOS One menemukan bahwa serat jagung larut memiliki efek prebiotik, meningkatkan jumlah bifidobacteria yang bermanfaat dalam saluran pencernaan subjek penelitian.

Dapat membuat kenyang lebih lama

Menikmati popcorn sebagai camilan dapat membantu Anda tetap puas di antara waktu makan tanpa beralih ke camilan berkalori tinggi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition memberi peringkat popcorn memiliki indeks kenyang 154%, menggunakan roti putih sebagai perbandingan dasar dengan indeks kenyang 100%. 

Terlebih lagi, sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menemukan bahwa popcorn rendah lemak lebih mengenyangkan daripada keripik kentang tinggi lemak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya