Tak Mau Bau Badan Berlebihan? Kurangi Konsumsi 6 Makanan Ini

Bau badan
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Kaum hawa umumnya cukup fokus dengan bau badan karena dianggap bagian dari penampilan. Bau badan dapat dihindari dengan memakai deodoran atau obat tertentu. Namun jangan lupa, bahwa makanan juga merupakan salah satu penyebab bau badan berlebihan. Oleh sebab itu, Anda juga harus memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi agar terhindar dari bau badan berlebihan. Keringat merupakan mekanisme alami tubuh untuk menurunkan suhu. Karena keringat tak selalu mengeluarkan aroma menyenangkan, sebagian orang menggunakan deodoran, parfum, atau wewangian lain.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Mengutip dari Healthline, perubahan bau badan umumnya terjadi karena pubertas, keringat berlebih, atau tidak menjaga kebersihan badan. Saat mengalami perubahan bau badan, biasanya terjadi karena lingkungan, obat-obatan, atau bahkan makanan tertentu. Berikut adalah beberapa jenis makanan penyebab bau badan yang mungkin tidak Anda sadari.

1. Daging merah

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Daging merah.

Photo :
  • U-Report

Sepotong daging steak di tanggal muda tentu tidak akan melukai dompet. Namun, siap-siap saja untuk keringat yang makin 'semerbak'. Jangan heran jika nanti orang terdekat bakal protes karena badan Anda bau. 
Kenapa bisa demikian? Ternyata sebagian besar daging merah lebih sulit dicerna di saluran pencernaan sehingga meninggalkan residu. Residu akan dilepaskan bersama keringat lalu bercampur dengan bakteri sehingga bau semakin kuat. Terbukti dalam sebuah studi, wanita menilai bau badan pemakan sayuran lebih menyenangkan daripada bau badan pemakan daging.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

2. Ikan

ikan goreng

Photo :
  • U-Report

Ikan biasanya sepaket dengan bau amis sehingga perlu proses memasak yang tepat untuk menghilangkan bau. Bau amis ini berasal dari kolin yang juga memberikan aroma tak sedap buat konsumennya.

"Beberapa orang tidak memetabolisme ikan dengan baik dan timbul bau amis karena mereka melepas komponen yang disebut trimethylamine lewat keringat; ini adalah kelainan genetik yang disebut trimethylaminuria," jelas Debra Jaliman, ahli dermatologi, seperti dikutip dari Men's Journal. 

3. Brokoli, kubis dan kembang kol

Makan brokoli

Photo :
  • U-Report

Sayuran seperti brokoli, kubis, dan kembang kol termasuk makanan yang bikin keringat bau. Sayuran ini mengandung sulfur yang membuat keringat makin bau. 
"Terlepas dari apakah Anda memakannya mentah atau dimasak, itulah cara tubuh memecahnya," kata Lily Talakoub, dokter kulit di Mclean Dermatology and Skincare Center, mengutip dari Men's Health. Saat dicerna, sulfur dari sayuran akan menuju ke kelenjar keringat.

4. Minuman Beralkohol

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Selain makanan, minuman beralkohol dapat menjadi penyebab bau badan bila dikonsumsi secara berlebihan. Mengapa demikian?

Tubuh manusia memproses alkohol menjadi asetat yang memiliki bau cukup kuat. Semakin banyak Anda minum alkohol, semakin tinggi pula kadar asetat pada tubuh. Adapun asetat ini dapat memengaruhi bau badan Anda. Jadi, semakin banyak alkohol yang Anda minum, semakin bau pula tubuh Anda. Selain itu, alkohol dapat menyebabkan berkurangnya bakteri baik di mulut. Hal ini membuat mulut Anda terasa bau.

5. Durian

Buah Durian.

Photo :
  • vstory

Durian adalah buah eksotis yang tumbuh di Asia Tenggara. Buah ini memiliki rasa yang luar biasa disertai dengan bau yang tidak sedap. Bagi sebagian orang, durian yang matang berbau seperti ikan busuk tetapi kandungan krim di dalamnya sangat enak. Buah ini juga menjadi "kotak" vitamin, mineral, sulfur, dan asam amino. Lantaran baunya yang menusuk, sudah lumrah bagi Thailand, Singapura, dan negara lain untuk melarang makan buah ini di tempat umum.

6. Bawang putih dan bawang bombay

Viral Bawang Putih Untuk Obat

Photo :
  • vstory

Saat makanan bikin napas bau, sangat besar kemungkinan makanan ini bikin keringat bau pula. Apa contohnya? Ada bawang putih dan bawang bombay. "Anda tidak dapat mengabaikan fakta bahwa orang mengeluarkan sebagian besar bau melalui mulut mereka," ujar George Preti, ahli kimia organik.

7. Cabe rawit

Cabe rawit merah

Photo :
  • Antara

Rempah-rempah mampu memberikan rasa pedas pada makanan. Makanan terasa nikmat meski keringat semakin berlimpah. Namun, rempah termasuk jenis makanan yang bikin keringat bau. Dikutip dari Well and Good, beberapa jenis rempah seperti cabe rawit dan jinten akan memicu keringat lebih banyak dan cenderung bau. Sebaiknya Anda bersiap dengan menggunakan deodoran tanpa kandungan aluminium untuk menetralisir bau.

Makanan penghilang bau badan

Beberapa makanan mungkin bisa menjadi faktor serta penyebab bau badan. Selain menjaga kebersihan tubuh, mengubah pola makan juga bisa membantu mengatasinya. Berikut adalah beberapa makanan yang berfungsi sebagai penghilang bau badan, seperti:

1. Alternatif protein

Protein hwani seperti daging merah atau beberapa jenis ikan menjadi makanan yang bisa menyebabkan bau badan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengonsumsinya sama sekali. Selagi mengurangi asupan daging merah, coba konsumsi alternatif protein seperti ayam, kacang kedelai, serta kacang-kacangan lainnya.

2. Makanan kaya serat

Makanan yang bisa membantu membuat badan harum adalah jenis makanan mengandung serat. Seperti sayuran segar, kacang-kacangan, dan buah-buahan karena secara alami mengeluarkan racun dalam tubuh. Ini juga bisa membuat Anda terhindar dari bau badan.

3. Buah jeruk

Kaya akan kandungan vitamin C, jeruk juga berfungsi membuat tubuh terasa segar. Tak hanya itu saja, kandungan asam dalam buah jeruk kemungkinan bisa membantu menghilangkan senyawa penyebab bau badan.

4. Tanaman herbal

Beberapa herbal atau rempah-rempah juga bisa menjadi makanan penghilang bau badan. Herbal yang mempunyai kandungan tinggi klorofil dapat membantu mengatasi masalah bau badan. Sebagai contoh, jus wheatgrass, peterseli, daun ketumbar, dan juga daun mint.

5. Makanan fermentasi

Bau badan juga bisa menjadi tanda Anda mengalami gangguan pencernaan. Untuk itu, Anda bisa menambah asupan makanan atau minuman yang telah melalui proses fermentasi untuk menjaga kesehatan pencernaan sekaligus mengatasi masalah bau badan.

Sebagai contoh, makanan serta minuman yang bisa membantu menghilangkan bau badan, seperti teh kombucha, yogurt, acar, kimchi, atau kefir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya