Say Goodbye pada Pigmentasi Kulit, 7 Tips Ini Bisa Dilakukan

Ilustrasi pigmentasi
Sumber :
  • healthshots

VIVA Lifestyle – Masalah pigmentasi sangat berkaitan erat dengan produksi melanin dalam tubuh. Apabila produksinya berlebih, dapat menyebabkan hiperpigmentasi (bintik hitam), sedangkan kekurangan akan menyebabkan hipopigmentasi (bintik putih). 

Hindari Kanker Kulit, Ini Pentingnya Re-Apply Sunscreen

Oleh karena itu, pigmentasi menjadi salah satu permasalahan kulit yang cukup sulit diatasi. Masalah pigmentasi akan menyebabkan kulit terlihat kusam, tidak cerah dan tampak lebih tua. Scroll untuk simak selengkapnya

Dikutip dari healthshots, pigmentasi kulit dapat disebabkan oleh melasma. Melasma adalah bercak coklat yang biasa muncul pada wanita selama masa kehamilan. Scroll untuk simak selengkapnya.

Mengenal Lavieen Thulium Fractional Laser, Solusi Terkini untuk Kulit Bersih dan Mulus

Ruam kulit seperti rosacea, psoriasis, eksim, dermatitis kontak; Infeksi kulit seperti jerawat, kurap, panu, kandidiasis; kondisi medis; dan perubahan hormonal adalah beberapa alasan mengapa Anda mungkin mendapatkan pigmentasi kulit dan bercak gelap.  

Dalam kebanyakan kasus pigmentasi kulit tidak berbahaya tetapi kadang-kadang dapat disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya. Ada banyak jenis pigmentasi kulit, termasuk bintik-bintik penuaan atau solar lentiginosis (bercak hati), melasma atau chloasma, bintik-bintik, dan hiperpigmentasi pasca-inflamasi (PIH).

Mau Perawatan Menyeluruh dari Wajah Sampai Tubuh? Ini Pilihannya

dr. Abraham Arimuko, Sp.KK., FINS-DV, FAADV, M.A.R.S., M.H mengoperasikan Pastelle pada acara Grand Launching Pastelle di Jakarta.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengatasi pigmentasi kulit:

1. Oleskan SPF 30 setiap hari sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari

Oleskan tabir surya setelah setiap 4 jam atau gunakan tabir surya fisik karena memberikan perlindungan untuk waktu yang lama. Ini adalah langkah pertama dan paling penting untuk mencegah dan mengobati pigmentasi kulit atau segala jenis bercak gelap pada kulit.

2. Gunakan ACV

Cuka apel

Photo :
  • Times of India

Gunakan cuka sari apel setiap hari sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda. Ini mengandung senyawa polifenol yang bermanfaat dalam mengelola pigmentasi.

3. Mengandalkan vitamin C

Ambil suplemen oral seperti vitamin C atau glutathione. Vitamin C atau glutathione membantu meningkatkan ketahanan kulit terhadap sinar UV matahari yang berbahaya.

4. Jaga kelembapan kulit

Selalu gunakan bahan pelembab seperti gliserin, asam hialuronat dan retinol yang meningkatkan pergantian sel dan bermanfaat untuk pigmentasi kulit dan bercak hitam.

5. Teh hitam juga bisa membantu

Manfaat Teh Hitam

Photo :
  • U-Report

Oleskan air teh hitam pada kulit. Rendam bola kapas dalam air teh hitam dan oleskan pada kulit berpigmen setidaknya dua kali sehari.

6. Gunakan produk perawatan kulit yang lembut

Selalu gunakan produk perawatan kulit lembut yang tidak menyengat atau terbakar karena iritasi dapat memperburuk pigmentasi kulit dan bercak hitam terutama melasma. Lindungi diri Anda dari agen penggelapan kulit umum lainnya dengan menggunakan obat jerawat untuk melawan jerawat.

7. Perawatan dengan laser 

Beberapa modalitas perawatan bahkan tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan harus dengan kombinasi atau menggabungkan satu perawatan dengan perawatan lainnya. 

Perawatan dengan laser dapat menjadi alternatif mengatasi masalah pigmentasi kulit seperti melasma dan bintik hitam. Bertempat di Klinik Kartika Estetika RSPAD, PT Sometech Indonesia (ST Indonesia) sebagai perusahaan penyedia produk-produk Kecantikan dan Medis terkemuka dan terpercaya di Indonesia, meluncurkan Pastelle, Premium Q-Switched ND:Yag Laser 1064nm & 532nm. 

Pastelle Premium Q-Switched Nd:YAG Laser 1064nm & 532nm, yang menjadi Nd:YAG Laser System pertama dengan mode PTP (Photoacoustic Twin Pulse) yang telah tersertifikasi di Korea. Pastelle diproduksi oleh Wontech, perusahaan medical laser terbesar di Korea Selatan yang berdiri sejak 1999. Di Indonesia, Pastelle didistribusikan secara resmi oleh ST Indonesia. 

“Teknologi terkini di bidang kedokteran estetika dan anti-aging telah menghadirkan berbagai alat canggih untuk mengatasi masalah pigmentasi kulit. Salah satunya adalah Pastelle. Hingga saat ini, Pastelle telah digunakan oleh lebih dari 1.000 orang dokter di Korea dan telah digunakan selebriti di Korea yang sangat peduli dan sensitif terhadap kecantikan. Pastelle telah mengantongi sertifikat FDA, CFDA, Medical CE, KGMP Certificate dan telah terdaftar di Kemenkes RI,” kata Moses Yang, Direktur ST Indonesia.

Mode PTP ini akan secara konstan mengirimkan twin-pulse berupa output dengan daya tinggi dalam interval yang sangat pendek. Karena pulse (dorongan) yang dihasilkan terbagi menjadi dua kali, maka risiko terjadinya kerusakan pada jaringan sekitar dan nyeri ketika perawatan menjadi minim dengan waktu penyembuhan yang lebih cepat.

Perawatan dengan mode PTP dapat mengurangi  risiko terjadinya hipopigmentasi atau hiperpigmentasi setelah inflamasi serta efek samping lainnya.  Oleh karena itu, mode PTP memberikan pengalaman lebih nyaman bagi pasien apabila dibandingkan dengan Fitur menarik lain yang dimiliki oleh Pastelle adalah Auto Calibration atau Kalibrasi Otomatis.

Selain itu, Pastelle juga memiliki mode Genesis & Soft Peeling, untuk mengecilkan pori-pori, perbaikan kerutan halus dan peremajaan kulit dari regenerasi kolagen dengan cara menstimulasi lapisan dermis menggunakan energi panas yang berurutan. Perawatan soft peel dengan menggunakan carbon cream dari Pastelle dapat mengangkat sel-sel kulit mati, jerawat aktif, mencerahkan kulit wajah serta mengecilkan pori.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya