Catat Moms, Ini Tahap Penting Jaga Kesehatan Kulit Si Kecil

Ilustrasi anak kecil
Ilustrasi anak kecil
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Perawatan kulit bukan saja dilakukan pada orang dewasa melainkan juga pada anak dan remaja, namun sayangnya kerap diabaikan. Faktanya, perawatan kulit yang diberikan sejak dini membuat kesehatan dan kebersihan tubuh si kecil lebih terjaga sehingga terhindar dari berbagai masalah lainnya.

Dokter Spesialis Kulit, dr. SK Sulistyaningrum, Sp.KK, menuturkan bahwa pada anak-anak bisa diberikan perawatan kulit paling mendasar dengan tiga tahapan. Paling utama adalah menjaga kulit tetap bersih dengan memakai air dan sabun. Untuk anak, tentu cara yang mudah adalah dengan mandi. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Ilustrasi lotion/pelembap/skincare.

Ilustrasi lotion/pelembap/skincare.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

"Basic skincare kita cleansing, hidrasi, protecting sama sun. Cleansing pagi dan sore. Paling ringan untuk anak kalau kulit nggak ada masalah," ujarnya dalam peluncuran Biome Beauty by Nusantics, di Jakarta, Selasa 27 September 2022.

Tahapan selanjutnya adalah dengan menjaga kelembaban kulit anak tetap baik. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan cairan cukup dengan konsumsi air sesuai kebutuhan. Aplikasikan juga berupa lotion atau pelembab lainnya langsung ke kulit. Tak lupa, memberikan proteksi pada kulit dari paparan matahari yang bisa berdampak bahaya dalam jangka panjang.

"Tetap hidrasi karena kena AC sepanjang hari terus kena matahari juga yang bisa merubah kulit normal jadi kering. Kalau kulit kering lama-lama jadi oily karena tubuh punya mekanisme homeostasis, jadi kelenjar sebaseanya terpacu. Lindungi dari matahari karena itu musuh kulit banget, nggak harus sunblock bisa topi atau masker. 3 hal itu dari kecil udah pakai," jelasnya.

Ilustrasi skincare.

Ilustrasi skincare.

Photo :
  • Freepik/jcomp