Kenali Ciri-ciri Sperma yang Sehat

Ilustrasi Bulan dan sperma.
Sumber :
  • New York Post

VIVA Lifestyle – Karakteristik sperma yang sehat dapat diringkas dalam tiga kata: kuantitas, kualitas, dan motilitas. Kuantitas tentu saja mengacu pada jumlah, sedangkan kualitas berkaitan dengan penampilan fisik sperma. Motilitas, di sisi lain, mengacu pada pergerakan sperma. 

Rupanya Hal Ini yang Pengaruhi Masalah Fertilitas di Indonesia

Sperma yang sehat merupakan indikasi yang baik bahwa sistem reproduksi pria dalam kondisi baik, meningkatkan kemungkinan menghasilkan keturunan. Seseorang dapat pergi ke klinik dan laboratorium kesuburan untuk menguji dan menganalisis spermanya untuk mengetahui apakah sel spermanya sehat atau tidak. Yuk scroll untuk artikel lengkapnya.

Ilustrasi sperma.

Photo :
  • CCRM

Menilik Deretan Cara Paling Ampuh dalam Membuat Wanita Orgasme

Dalam hal kuantitas sperma yang sehat, dokter mengatakan bahwa seorang pria setidaknya harus memiliki 20 juta sperma per mililiter per ejakulasi. Sistem reproduksi yang sangat sehat bahkan dapat menghasilkan sekitar 40 juta sel sperma per ejakulasi. 
 
Dikutip dari laman thehealthboard, dalam hasil tes, beberapa istilah mungkin ditulis untuk merujuk pada jumlah sperma yang "tidak normal", seperti "oligozoospermia", yang berarti jumlah sperma kurang dari 20 juta per mililiter. "Polyzoospermia," di sisi lain, berarti ada terlalu banyak sperma per ejakulasi.

Sel sperma yang sehat juga harus memiliki kualitas fisik tertentu agar dianggap sehat. Di laboratorium, sperma diwarnai dengan pewarna untuk analis untuk mendeteksi karakteristik tertentu yang dapat membedakan sel sperma normal dari yang abnormal. 

Sering Dilakukan Para Pria, Hal Kecil Ini Bisa Menyebabkan Sperma Tak Subur

Sel sperma yang sehat dan normal akan selalu memiliki “kepala” yang berbentuk oval, “bagian tengah” atau bagian tengah yang tidak terputus, dan ekor yang tidak melingkar atau tidak kusut. 

Ketiga bagian ini memiliki fungsi yang sangat penting: kepala yang agak runcing, berisi inti sperma dan berbentuk oval agar dapat menembus sel telur; bagian tengah berisi mitokondria yang memberi sperma energi untuk bergerak; dan ekor memberikan sperma beberapa tindakan mendorong sehingga bisa berenang ke depan.

Selain kuantitas dan kualitas, motilitas juga merupakan ciri penting sperma yang sehat karena menentukan apakah sperma dapat bergerak dengan sendirinya untuk mencapai sel telur. Ketika sperma memasuki tubuh wanita, awalnya ada "gelombang" - karena komponen cairan lain dari air mani - bahwa sperma dapat "naik" untuk sementara waktu. 

Setelah gelombang, sperma harus berenang sendiri. Jika hasil tes mengandung istilah seperti "asthenozoospermia", itu berarti sperma tidak bergerak sebagaimana mestinya; istilah “necrozoospermia” berarti sperma tidak dapat bergerak sama sekali.

Meningkatkan kesehatan sperma

Olahraga tulang

Photo :
  • Eat This

Ada banyak cara untuk meningkatkan kesehatan sperma, seperti pola makan yang sehat, olahraga teratur, serta asupan vitamin dan mineral tertentu seperti seng, zat besi, serta vitamin B, C, dan E. 

Pria juga harus menjauhi minuman beralkohol, rokok , dan obat-obatan, karena sifat buruk ini dapat berdampak negatif pada produksi sel sperma yang sehat. Banyak dokter juga merekomendasikan untuk menghindari bak air panas dan mandi uap, karena suhu tinggi dapat membunuh sel sperma.

Untuk mendapatkan perawatan kesehatan fertilitas, Malaysia menjadi destinasi yang diburu oleh para pelancong. Dengan angka keberhasilan 82,9%  yang mencengangkan dalam perawatan fertilisasi in vitro (IVF), perawatan fertilitas Alpha telah naik ke level berikutnya dengan sistem pemantauan tumbuh kembang embrio EmbryoScope+ . 

Jika dibandingkan dengan asesmen morfologis embriologi standar, embryoscope, yang menggunakan kecerdasan buatan (AI), menunjukkan peningkatan akurasi 25% dalam memilih embrio yang sehat untuk ditanam ke rahim sehingga meningkatkan peluang keberhasilan kehamilan. 

“Kami sangat bahagia bisa membantu satu pasangan tahun 2021 mendapatkan bayi yang sehat menggunakan algoritme perangkat lunak. Prestasi besar sebagai yang pertama di Asia Tenggara dalam mendapatkan bayi yang sehat menggunakan AI sangatlah berarti bagi kami,” kata Adelle Lim, Chief Embriologist di pusat kesehatan ini, dari keterangannya .

Komitmen Sunfert untuk memanfaatkan inovasi terbaru dengan pendekatan berfokus pasien telah membuahkan angka keberhasilan hingga 68% bagi pasien berusia 40 hingga 44 tahun menggunakan siklus transfer embrio beku (FET) dan tes genetik praimplantasi (PGT). 

Dr. Lim Lei Jun, Medical Director dan Fertility Specialist di Sunfert, yakin bahwa personalisasi perawatan untuk masing-masing pasien sangatlah penting sebab embrio itu berbeda untuk setiap pasangan. Di sinilah pentingnya membangun interaksi yang baik antara dokter dan pasien.

Sebagai Pusat Fertilitas Asia, Malaysia memberikan harapan bagi banyak pasangan untuk mewujudkan impian mereka untuk memiliki keturunan & membina keluarga yang bahagia. (Ist)

“Intinya, IVF itu murni keahlian. Kami memandangnya sebagai perkawinan antara teknologi dan manusia. Keduanya harus saling mendukung agar diagnosis dan perawatan yang tepat bisa diberikan,” tandasnya.

Belum lama berselang, pusat layanan kesehatan ini memperkenalkan dua teknologi pemindaian, Fertility GeneCode dan My GeneCode, sebagai upaya untuk menjamin peluang keberhasilan yang lebih tinggi dalam perawatan fertilitas bagi setiap pasangan. 

“Teknologi itu sangat diperlukan untuk perawatan fertilitas. Kami selalu mengikuti perkembangan dan memanfaatkan teknologi terbaru untuk meningkatkan hasil perawatan kesehatan pasien kami. Kini kami memiliki peralatan medis terbaru untuk melakukan tes genetik praimplantasi (PGT) terhadap embrio menggunakan pengurutan generasi berikutnya,” tutur Dr. Liza Ling Ping,  Consultant Obstetrician & Gynaecologist dan Fertility Specialist di TMC cabang Penang.

Sunway, di pihak lain, menawarkan teknik injeksi sperma intrasitoplasmik yang dipilih secara morfologis (IMSI), yang memungkinkan ahli embiologi untuk menemukan cacat mikroskopik pada kepala sperma yang tak akan terlihat dengan ICSI standar. 

Teknologi ini memudahkan pemilihan sperma yang terlihat normal untuk disuntikkan ke dalam sel telur agar dapat memaksimalkan tingkat fertilisasi dan menurunkan potensi keguguran. 

Dr. Hoo Mei Lin, Consultant Gynaecologist & Fertility Specialist di rumah sakit ini, menyatakan bahwa angka keberhasilan kehamilan untuk ibu-ibu berusia antara 35 dan 39 tahun adalah sebesar 73% di pusat layanan kesehatan ini . 

“Silakan mampir di Pusat Fertilitas Asia. Di sini Anda dapat menikmati Malaysia Healthcare dan pasti mendapatkan perawatan terbaik yang ‘Lebih Dekat, Lebih Terjangkau’,” kata Mohd Daud Mohd Arif, the Chief Executive Officer of the Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya