Banyak Manfaat, Kenali Dulu Syarat Sebelum Donor Darah

Donor Darah
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Melakukan donor darah bisa bermanfaat untuk kesehatan pendonor. Banyak manfaat yang bisa didapat dari kegiatan tersebut. Beberapa diantaranya menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Meski begitu, ada beberapa yang harus diperhatikan sebelum melakukan donor darah.

Puluhan Korban Banjir dan Longsor di Luwu yang Terisolasi Dievakuasi dengan Helikopter

Ada beberapa syarat umum untuk bisa menjadi pendonor darah. Pertama, pedonor harus memastikan kondisi fisik harus dalam keadaan sehat, jasmani maupun rohani. Usia minimal 17 tahun dengan berat badan minimal 45 kilogram.

Sebelum melakukan donor darah, suhu tubuh, tekanan darah dan denyut nadi juga akan diperiksa. Hal ini karena tekanan darah normal adalah salah satu syarat penting untuk calon pendonor. 

Penyakit Kronis Jangan Diabaikan, Ini Gejala Meningitis yang Bisa Terjadi pada Jemaah Haji dan Umrah

Donor Darah

Photo :
  • ist

Orang yang mengidap hipertensi tidak diperkenankan mendonorkan darahnya. Termasuk ketika baru saja mengonsumsi obat hipertensi, donor darah baru boleh dilakukan 28 hari setelahnya, ketika tekanan darah sudah stabil. 

Kelihatan Sehat, Begini Kondisi Tukul Arwana Setelah 3 Tahun Berjuang dengan Stroke

Selain itu, sangat tidak dianjurkan melakukan donor darah saat hamil. Hal ini untuk mencegah sirkulasi darah dalam rahim berkurang dan membuat janin menjadi stres. 

Ibu hamil juga rentan mengalami anemia, sehingga donor darah dikhawatirkan memperparah kondisi. Donor darah baru bisa dilakukan 6 bulan setelah melahirkan agar tubuh memiliki waktu untuk memulihkan kadar zat besi yang cukup.

Ilustrasi donor darah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

Hal ini pula yang diperhatikan oleh Damai Putra Peduli saat mengadakan Donor Darah dan Pemberian Timbangan Bayi untuk beberapa Posyandu di Kecamatan Medan Satria. Hal ini dilakukan untuk turut merayakan Hari Palang Merah Indonesia yang jatuh  pada bulan September dan sejalan dengan nilai Damai Putra Group yaitu People & Partnership serta misi perusahaan untuk turut berperan serta membangun Indonesia menjadi lebih baik.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dukungan berdampak baik kepada Posyandu di Kecamatan Medan Satria dan kegiatan Donor Darah pun dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berdonor darah karena manfaat yang baik bagi kesehatan jantung” ujar Monique Hardjoko selaku GM Corporate Marketing Communications Damai Putra Group.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya