Ahli: Wanita Membutuhkan Waktu Tidur Lebih Lama Dibanding Pria

Ilustrasi menguap / mengantuk / tidur.
Ilustrasi menguap / mengantuk / tidur.
Sumber :
  • Pixabay/ victoria_borodinova

VIVA Lifestyle – Sebenarnya, tiap individu membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda. Seperti orang dewasa membutuhkan waktu tidur lebih banyak dibanding anak-anak atau orang yang bekerja seharian lebih mudah lelah dibanding yang tidak bekerja. 

Nah, tetapi tahukah kamu bahwa wanita ternyata membutuhkan waktu tidur lebih lama daripada pria? Ternyata ada beberapa kondisi yang membuat wanita butuh tidur lebih lama daripada pria lho. Berikut penjelasannya. Yuk scroll ke bawah!

Melansir dari Healthline, tidak ada angka spesifik yang didukung penelitian mengenai berapa jam tidur yang dibutuhkan wanita dibandingkan dengan pria. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, orang dewasa umumnya membutuhkan waktu minimal 7 jam setiap malam. 

Ilustrasi baju tidur/piyama.

Ilustrasi baju tidur/piyama.

Photo :
  • Pexels/cottonbro

Namun, penelitian menunjukkan bahwa wanita cenderung tidur lebih lama daripada pria, yakni bisa sebanyak 11-13 menit lebih lama. 

Penelitian berjudul Exploring Sex and Gender Differences in Sleep Health: A Society for Women’s Health Research Report, menunjukkan bahwa wanita berisiko 40 persen lebih besar untuk mengalami insomnia dibandingkan pria. 

Hal ini membuat wanita membutuhkan waktu tidur tambahan untuk untuk menebus kekurangan waktu tidur. Wanita juga berisiko lebih tinggi terkena restless leg syndrome (RLS) dan sleep apnea atau gangguan tidur. Keduanya dapat memengaruhi kualitas tidur, sehingga wanita membutuhkan lebih banyak tidur untuk mendapat waktu istirahat yang cukup.