Ahli: Wanita Membutuhkan Waktu Tidur Lebih Lama Dibanding Pria

Ilustrasi menguap / mengantuk / tidur.
Sumber :
  • Pixabay/ victoria_borodinova

VIVA Lifestyle – Sebenarnya, tiap individu membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda. Seperti orang dewasa membutuhkan waktu tidur lebih banyak dibanding anak-anak atau orang yang bekerja seharian lebih mudah lelah dibanding yang tidak bekerja. 

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

Nah, tetapi tahukah kamu bahwa wanita ternyata membutuhkan waktu tidur lebih lama daripada pria? Ternyata ada beberapa kondisi yang membuat wanita butuh tidur lebih lama daripada pria lho. Berikut penjelasannya. Yuk scroll ke bawah!

Melansir dari Healthline, tidak ada angka spesifik yang didukung penelitian mengenai berapa jam tidur yang dibutuhkan wanita dibandingkan dengan pria. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, orang dewasa umumnya membutuhkan waktu minimal 7 jam setiap malam. 

Top Trending: Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online karena Bernama Ini, Komika Usir Ibu Menyusui

Ilustrasi baju tidur/piyama.

Photo :
  • Pexels/cottonbro

Namun, penelitian menunjukkan bahwa wanita cenderung tidur lebih lama daripada pria, yakni bisa sebanyak 11-13 menit lebih lama. 

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Penelitian berjudul Exploring Sex and Gender Differences in Sleep Health: A Society for Women’s Health Research Report, menunjukkan bahwa wanita berisiko 40 persen lebih besar untuk mengalami insomnia dibandingkan pria. 

Hal ini membuat wanita membutuhkan waktu tidur tambahan untuk untuk menebus kekurangan waktu tidur. Wanita juga berisiko lebih tinggi terkena restless leg syndrome (RLS) dan sleep apnea atau gangguan tidur. Keduanya dapat memengaruhi kualitas tidur, sehingga wanita membutuhkan lebih banyak tidur untuk mendapat waktu istirahat yang cukup.

Ilustrasi wanita sedang tidur.

Photo :
  • U-Report

Selain itu, menurut penelitian lainnya, wanita lebih banyak melakukan aktivitas yang berat. Sebuah studi tahun 2013 berjudul Gender and Time for Sleep among U.S. Adults menemukan bahwa wanita ternyata lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak dibayar jika dibandingkan dengan pekerjaan yang dibayar. 

Pekerjaan yang tidak dibayar yang dimaksud adalah pekerjaan rumah tangga, seperti mengurus anak, mencuci baju, memasak, membersihkan rumah dan lain-lain. 

Hal ini diungkapkan juga oleh Jim Horne, seorang pakar dan sebelumnya bekerja sebagai direktur di Pusat Penelitian Tidur di Universitas Loughborough. "Wanita cenderung multi tugas, mereka banyak melakukan hal sekaligus dan fleksibel, dan karena itu mereka menggunakan lebih banyak otak daripada pria." jelas Horne.

Ilustrasi wanita tidur.

Photo :
  • U-Report

"Saat tidur nyenyak, korteks bagian otak yang bertanggung jawab atas memori pikiran, bahasa dan sebagainya akan istirahat. Maka dari itu, semakin keras kerja otak, maka butuh tidur lebih lama" ujarnya. "Semakin banyak otak yang kamu gunakan di siang hari, semakin banyak yang perlu dipulihkan dan akibatnya, semakin banyak tidur yang anda butuhkan." lanjut Horne.

Karena itu, kebutuhan tidur wanita lebih besar. "Rata-rata 20 menit lebih, tapi beberapa perempuan mungkin memerlukan sedikit lebih banyak atau lebih sedikit dari perkiraan ini."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya