Kurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi dengan 7 Trik Mudah Ini

Hipertensi
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Tekanan darah tinggi atau hipertensi menyebabkan jantung Anda bekerja lebih keras untuk memompa darah, dan itu adalah kondisi umum yang memengaruhi lebih dari 116 juta orang dewasa Amerika Serikat, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. 

Terpopuler: Kebiasaan Orang Selingkuh di Malam Hari, Potret Mahalini-Rizky Febian saat Akad Nikah

Konon, tekanan darah tinggi seringkali dapat dihindari dengan pilihan gaya hidup sehat dan jika tidak diobati, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah serius seperti penyakit jantung, yang merupakan penyebab utama kematian dan komplikasi lainnya. Scroll untuk simak selengkapnya.

Dr. Jacob Hascalovici MD, Kepala Petugas Medis Kliring PhD yang membagikan apa yang perlu diketahui tentang tekanan darah dan cara menurunkan risiko hipertensi, dilansir dari laman Eat This.

Pakai Sepatu Lari Buat Olahraga di Gym, Hati-hati Bisa Bikin Cedera Ini

1. Periksa kesehatan

Ilustrasi Darah Tinggi

Photo :
  • U-Report
Ucapkan Selamat Tinggal, Legenda Skating Jepang Shoma Uno Umumkan Pensiun

Sebelumnya Dr. Hascalovici memberi tahu bahwa tekanan darah tinggi mungkin saja terjadi namun tidak menyadarinya. Itulah mengapa pemeriksaan kesehatan secara teratur sangat penting. 

"Jika dokter Anda tidak menyebutkan hasil tekanan darah Anda, Anda harus bertanya tentang mereka secara khusus. Wanita, pria Afrika-Amerika, dan orang-orang yang mengonsumsi banyak natrium berada pada risiko tinggi tekanan darah tinggi," kata dia.

2. Kenali yang membuat lelah

Dr. Hascalovici mengatakan, "Tekanan darah tinggi dapat membuat Anda lelah, berkontribusi terhadap kelelahan dan rasa sakit sementara juga membuat Anda lebih mungkin mengalami serangan jantung atau stroke. Tekanan darah tinggi yang tidak diobati juga dapat menyebabkan masalah dengan ginjal, jantung, dan ginjal."

3. Batasi asupan alkohol 

CDC menyatakan, "Jangan minum terlalu banyak alkohol, yang dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Pria seharusnya tidak lebih dari 2 minuman beralkohol per hari, dan wanita tidak boleh lebih dari 1 minuman beralkohol per hari."

4. Perbanyak olahraga 

Ilustrasi jogging.

Photo :
  • U-Report

Menurut CDC, "Aktivitas fisik dapat membantu menjaga berat badan Anda tetap sehat dan menurunkan tekanan darah Anda. Pedoman Aktivitas Fisik untuk Orang Amerika merekomendasikan agar orang dewasa melakukan setidaknya 2 jam dan 30 menit olahraga intensitas sedang, seperti jalan cepat atau bersepeda, setiap minggu. Itu sekitar 30 menit sehari, 5 hari seminggu. Anak-anak dan remaja harus mendapatkan 1 jam aktivitas fisik setiap hari."

5. Pertahankan berat badan

CDC memperingatkan, kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Untuk menentukan apakah berat badan Anda dalam kisaran yang sehat, dokter sering menghitung indeks massa tubuh (BMI). 

Jika Anda mengetahui berat dan tinggi badan Anda, Anda dapat menghitung BMI Anda di situs web Assesing Your Weight CDC. Dokter terkadang juga menggunakan pengukuran pinggang dan pinggul untuk menilai lemak tubuh. Bicarakan dengan tim perawatan kesehatan Anda tentang cara untuk mencapai berat badan yang sehat, termasuk memilih makanan sehat dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

6. Makan lebih sedikit garam

Garam

Photo :
  • Pixabay

Dr. Hascalovici menjelaskan, garam menaikkan tekanan darah Anda karena mendorong tubuh Anda untuk menahan air, yang memberi lebih banyak tekanan pada pembuluh darah Anda. Memotong asupan garam harian Anda bahkan sejumput pun dapat membantu. 

Untuk membantu lebih banyak lagi, masaklah sendiri jika memungkinkan, gunakan bumbu beraroma sebagai pengganti garam, dan hindari makanan olahan berat, makanan cepat saji, dan makanan yang sangat asin jika Anda bisa. ."

7. Mengelola stres

Dr. Hascalovici mengatakan, saa stres, tubuh Anda memproduksi hormon untuk membantu menghadapi kemungkinan keadaan darurat atau apa pun yang membuat Anda stres, yang berarti jantung Anda biasanya berdetak lebih cepat, antara lain.  Seiring waktu, stres yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Berolahraga, tidur, melakukan hal-hal yang bermakna, dan mengambil saat-saat tenang untuk memperlambat semua dapat membantu mengelola stres. Beberapa orang melakukan meditasi, mendapatkan pijat, berjalan-jalan di alam, atau berlatih teknik pikiran-tubuh untuk menurunkan tingkat stres mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya