8 Makanan Bantu Tingkatkan Daya Ingat, Nomor 3 Juga Bisa Tingkatkan Mood Makin Ceria

Ilustrasi makanan untuk perkuat daya ingat
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Ada beragama makanan bantu tingkatkan daya ingat yang dapat kamu konsumsi setiap hari. Otak adalah organ yang menggunakan energi dalam jumlah yang cukup signifikan, yakni sekitar 20 persen dari seluruh kalori yang masuk dalam tubuh. Karenanya, otak memerlukan ‘bahan bakar’ yang baik untuk menjaga daya ingat dan konsentrasi sepanjang hari. Tak dimungkiri, nutrisi berperan penting dalam proses metabolisme di dalam otak. Selain itu, proses pembentukan dan penyimpanan memori pun dipengaruhi oleh komponen nutrisi, seperti lemak, vitamin, mineral, dan antioksidan. 

Pendeta Brian Siawarta Ungkap Alasan Mengejutkan Tentang Tatonya

Selain rasanya enak, bluberi juga baik sebagai makanan yang membuat daya ingat kuat. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam bluberi ternyata mampu mengurangi proses penurunan daya ingat akibat proses penuaan. Selain bluberi, buah-buahan lain, seperti pomegranate atau delima juga termasuk ke dalam makanan yang meningkatkan daya ingat. 

Berikut jenis makanan yang bantu daya ingat yang mudah didapatkan dan tak bikin kantong bolong:

5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari oleh Ibu Menyusui

1. KACANG-KACANGAN

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Photo :
  • U-Report
10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Kacang-kacangan merupakan makanan yang spesial karena menawarkan segudang energi yang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein. Selain itu, kacang juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin. Kacang dikatakan baik untuk otak karena makanan ini dapat memberikan energi lebih lama dan membantu kemampuan berpikirmu.

Berdasarkan hasil penelitian, kacang pinto dan kacang merah mengandung asam lemak Omega-3 lebih banyak dibandingkan dengan kacang jenis lainnya. Kacang tanah dan selai kacang juga diketahui kaya akan vitamin E, juga antioksidan yang berperan dalam melindungi membran-membran sel saraf. Bersama vitamin E akan membantu sel saraf dan otak untuk penggunaan glukosa sebagai kebutuhan energi harian.

2. GANDUM

Tanaman gandum.

Photo :
  • Pixabay

Otak membutuhkan persediaan atau suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya stabil atau konstan. Gandum murni mempunyai peran untuk mendukung kebutuhan itu. Serat yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Makanan ini juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara kesehatan sistem saraf.

Untuk kamu yang merasa sangat sulit dalam mengingat berbagai hal, ada baiknya rutin mengonsumsi gandum murni. Makanan yang termasuk diantara gandum murni adalah beras atau pasta cokelat, roti atau biskuit gandum utuh, sereal, tortil gandum utuh.

3. COKELAT

coklat

Photo :
  • http://www.google.co.id/

Pilihlah dark chocolate yang tinggi akan flavonoid dan kafein. Flavonoid dalam cokelat membantu otak dalam proses pembelajaran dan meningkatkan memori. Menurut sebuah penelitian di lebih dari 900 orang, mereka yang makan cokelat lebih sering memiliki kinerja lebih baik dalam serangkaian tugas dibandingkan dengan mereka yang jarang memakannya.

4. IKAN SALMON

Ikan Salmon

Photo :
  • U-Report

Ikan salmon adalah salah satu makanan yang meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Jenis ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki peran penting dalam proses pembentukan daya ingat di otak. Selain salmon, ikan yang juga termasuk ke dalam makanan untuk daya ingat, antara lain sarden dan haring. Keduanya memiliki kandungan omega-3 yang berguna untuk ketajaman ingatan.

5. DAGING SAPI

Daging sapi.

Photo :
  • U-Report

Pastikan memilih daging sapi yang tak banyak mengandung lemak. Pasalnya, ia mengandung sumber makanan yang kaya mineral esensial dari besi dan seng. Mineral itulah, yang ditengarai menjadikan konsentrasi otak berfungsi dengan baik. Zat besi sangat penting dalam produksi neurotranmitter seperti dopamin dan serotonin. Sementara pada seng, ia  bisa membantu menjaga kesehatan sel otak.

6. JERUK

Buah jeruk

Photo :
  • Indian Express

Anda bisa mendapatkan hampir semua vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari dengan makan satu buah jeruk ukuran sedang. Menurut sebuah penelitian,  kadar vitamin C yang lebih tinggi dalam darah dikaitkan dengan peningkatan fokus, memori, perhatian, dan kecepatan dalam mengambil keputusan pada seseorang.

7. ALPUKAT

Buah alpukat.

Photo :
  • U-Report

Alpukat diketahui memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Beragam masker yang terbuat dari buah ini dapat mengatasi berbagai masalah di kulit wajah kalian, lho. Mengandung vitamin K dan folat, alpukat membantu mencegah pembekuan darah di otak yang tentu saja menjaga kita dari stoke. Kandungan tersebut juga meningkatkan fungsi kognitif terutama ingatan dan konsentrasi.

Tak hanya itu, alpukat mengandung vitamin C dan vitamin E yang tinggi. Vitamin C sendiri berguna menjaga sistem kerja vitamin E yang dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh. Kolesterol yang berlebih dapat menyebabkan kerusakan daya ingat karena menghambat aliran darah yang cukup untuk sel-sel otak.

8. SAYURAN

sayur dan buah

Photo :
  • Pixabay/ carlosfs05

Ternyata rutin mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam dan kale, dapat meningkatkan kemampuan daya ingat lho, sebab sayuran hijau kaya akan antioksidan dan asam folat. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan asam folat, dapat meningkatkan kemampuan daya ingat, dengan cara mengurangi peradangan pada otak dan meningkatkan aliran darah ke otak. Wortel, bayam, labu, ubi jalar, dan tomat dapat menjadi pilihanmu Grameds. Atau sayuran berwarna seperti Kubis ungu yang ternyata memiliki manfaat untuk menambah daya ingat. Kandungan vitamin C dan kadar antosianin yang sangat tinggi merupakan nutrisi yang penting bagi otak.

Vitamin C sendiri akan membantu merangsang produksi sel darah putih sehingga mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Jika imun kita baik, maka sistem peredaran darah, saraf dan bagian yang terhubung ke otak juga bekerja dengan baik pula. Bukan hanya itu, zat antosianin sangat baik untuk melindungi sistem ingatan dan daya kerja otak. Zat ini dapat mencegah gangguan memori yang disebabkan karena penumpukan plak pada pembuluh darah otak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya