Jangan Sepele! Ketahui 8 Manfaat Donor Darah, Coba Cek Nomor 6

Kegiatan donor darah yang diinisiasi PMI.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Manfaat donor darah untuk kesehatan yang pertama terkait dengan zat besi pada darah. Zat ini memengaruhi kekentalan darah. Kadar zat besi yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan kekentalan darah dan mempercepat proses oksidasi dari kolesterol. Donor darah bisa mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah, sehingga membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi lebih lancar. Donor darah juga bisa membuat jantung berdetak dengan lebih teratur dan stabil. Dengan aliran darah yang lancar, organ-organ tubuh Anda akan sehat dan berfungsi dengan baik. Beberapa riset juga menunjukkan bahwa orang yang rajin mendonorkan darah berisiko lebih rendah untuk terkena berbagai penyakit, seperti serangan jantung, kanker, dan stroke. Selain itu, rutin donor darah juga diduga dapat membuat kadar zat besi dalam darah menjadi stabil.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Bukan hanya bisa membantu menyelamatkan hidup orang lain, manfaat donor darah juga dapat dirasakan langsung oleh pendonornya. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Yuk, simak

1. Mendeteksi Penyakit Serius

Celine Dion Ungkap Penyakit Langka yang Dideritanya: "Saya Berharap Ada Keajaiban"

Ilustrasi donor darah

Photo :
  • HelloSehat

Proses donor darah tentunya harus melalui beberapa prosedur. Tiap kali seseorang ingin mendonorkan darahnya, prosedur standarnya adalah pemferiksaan darah untuk mendeteksi penyakit serius. Sebut saja HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria. Hal ini penting dilakukan demi mengantisipasi adanya penularan penyakit melalui transfusi darah. Prosedur ini juga menjadi “lampu kuning” bagi pendonor agar lebih memperhatikan kondisi kesehatannya sendiri.

Bukan Lagi Penyakit Orangtua, Penderita Kanker di Usia Muda Meningkat 79 Persen

2. Meningkatkan Produksi Sel Darah

Ilustrasi sel darah merah.

Photo :
  • www.pixabay.com/qimono

Manfaat donor darah juga bisa meningkatkan produksi sel darah merah. Kok bisa? Nah, ketika melakukan donor darah, sel darah memang akan berkurang. Namun, sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang. Proses ini akan memakan waktu beberapa minggu. Dengan kata lain, seseorang yang mendonorkan darahnya secara teratur, tubuhnya akan menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

3. Panjang Umur

Donor darah

Photo :
  • Alodokter

Manfaat donor darah lainnya juga bisa memperpanjang usia. Sebab menurut banyak penelitian, berbuat baik dapat membuat seseorang hidup lebih lama. Umur orang yang gemar menolong dan tak mementingkan diri sendiri dapat memiliki usia yang lebih panjang sekitar empat tahun.

Menurut penelitian dari Mental Health Foundation, donor darah juga bisa menjaga kesehatan emosi seseorang. Membantu orang lain, seperti mendonorkan darah bisa mengurangi tingkat stres hingga membantu menghilangkan perasaan negatif.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi kesehatan jantung.

Photo :
  • U-Report

Donor darah juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Rajin mendonorkan darah kira-kira mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88 persen. Enggak cuma itu, mendonorkan darah juga bisa meminimalkan risiko kanker, stroke, dan serangan jantung. Menariknya lagi, manfaat donor darah juga bisa membuat kadar zat besi dalam darah jadi stabil.

5. Mengurangi Stres

Donor darah.

Photo :
  • U-Report

Manfaat donor darah rutin adalah bisa membantu mengurangi stres. Manfaat donor darah rutin akan membuat mood menjadi lebih baik, tidak mudah marah dan tidak mudah tersinggung. Setelah donor darah, tubuh memproduksi sel-sel baru. Tidak heran jika kemudian tubuh menjadi lebih segar. Pikiran menjadi lebih tenang, emosi menjadi lebih stabil, dan otak menjadi lebih peka.

Mental Health Foundation menjelaskan, manfaat donor darah rutin dapat mengurangi stres, meningkatkan persepsi terhadap keadaan emosional yang meliputi kepuasan hidup dan kebahagiaan hidup (emotional well-being).

6. Cegah Penuaan Dini

Penuaan Dini.

Photo :
  • U-Report

Manfaat donor darah rutin adalah mencegah terjadinya penuaan dini. Donor darah bisa membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan dini pada wajah. Setelah donor darah, tubuh akan meregenerasi sel darah merah secara alami. Dampaknya akan membuat kulit wajah menjadi kencang dan terhindar dari keriput.

7. Mencegah Obesitas

lingkar pinggang, obesitas, kegemukan

Photo :
  • Pixabay/ Bru-No

Manfaat donor darah rutin adalah mencegah obesitas atau terjadinya kegemukan. Memiliki tubuh ideal merupakan idaman banyak orang. Kini tidak hanya harus mengandalkan olahraga, makanan sehat, dan pola hidup sehat tetapi juga donor darah. Sebab, ketika mendonorkan darah ada kurang-lebih 650 kalori terbakar dari tiap 450 mililiter darah yang didonorkan.

8. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker

Photo :
  • times of india

Manfaat donor darah rutin adalah menurunkan risiko penyakit kanker. Tubuh dengan kadar zat besi terlalu tinggi lebih mungkin dihinggapi oleh radikal bebas. Kondisi ini membuat tubuh rentan terkena penyakit, tak terkecuali kanker. Manfaat donor darah rutin dapat membuat kondisi tersebut teratasi. Hal ini karena donor darah mampu mencegah penumpukan zat besi dan membuat kadarnya lebih stabil.

Ini diungkap dalam Journal of the National Cancer Institute Volume 100, orang-orang yang rutin donor darah mengalami penurunan risiko beberapa jenis kanker seperti kanker hati, usus besar, paru, esofagus, dan perut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya