Hari Cuci Tangan Sedunia 15 Oktober 2022: Makna, Tema dan Sejarah

Ilustrasi Hari Cuci Tangan Sedunia 2022
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA Lifestyle – Tepat hari ini 15 Oktober 2022 diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day 2022. Peringatan ini ditujukan agar banyak orang sadar mengenai pentingnya cuci tangan untuk menjaga kesehatan.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Seperti kita ketahui, pada musim COVID 19 marak di Indonesia, mencuci tangan merupakan langkah sederhana untuk menjaga diri agar tidak tertular virus, selain memakai masker dan jaga jarak.

Ilustrasi cuci tangan

Photo :
  • ANTARA/Andika Beth
Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Hari Cuci Tangan Sedunia tahun 2022 mengusung tema “Unite for Universal Hygiene” dengan logo air, sabun dan tangan yang sedang bergandengan. Tema ini diharapkan dapat memberi gambaran tentang pentingnya mencuci tangan yang benar menggunakan sabun dan air. Sebab, saat ini masih banyak masyarakat yang mencuci tangan dengan cara yang kurang tepat.

Sejarah Hari Cuci Tangan Sedunia

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Hari Cuci Tangan Sedunia adalah hari yang didedikasikan untuk mengajak orang-orang mencuci tangan dengan sabun sebagai cara yang mudah, efektif dan terjangkau untuk mencegah penyakit.

Seperti dilansir dari Global Hand Washing, Hari Cuci Tangan Sedunia digagas oleh Handwashing Partnership. Mereka mencoba mendorong orang-orang  agar mau mencuci tangan dengan sabun.

Hari Mencuci Tangan Sedunia mulai dikenal secara luas pada tahun 2008. Saat itu The Global Public-Private Partnership for Handwashing pada 15 Oktober memprakarsai Hari cuci Tangan Sedunia di 73 negara dari lima benua yang diikuti 120 juta anak.

Sejak saat itulah, para pemimpin dunia mulai menggaungkan peringatan ini untuk menyadarkan masyarakat mereka tentang pentingnya menjaga kebersihan tangan.

Seiring berjalannya waktu, peringatan ini semakin dikenal luas di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia, Hari Cuci Tangan Sedunia kerap diperingati di sekolah, pemerintahan, perusahaan swasta hingga organisasi masyarakat.

Peringatan ini tentunya bagus diterapkan setiap hari oleh masyarakat. Namun, untuk penerapannya, masyarakat tentu membutuhkan fasilitas yang memadai di tempat-tempat umum yang ramai dan mudah terlihat.

Oleh karena itu, Hari Cuci Tangan Sedunia ini diharapkan dapat mendorong pemerintah untuk mengadakan fasilitas cuci tangan yang baik dan bisa digunakan banyak orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya