Tomat Bermanfaat untuk Cegah Kanker Prostat, Ini Penjelasan Ahli

Kanker Prostat
Sumber :
  • Express.co.uk

VIVA Lifestyle – Kanker prostat adalah kanker paling umum pada pria. Seberapa umumkah kanker prostat? Setiap tahun sekitar 56.254 pria didiagnosis dengan kondisi mengalami kanker prostat. Satu orang meninggal karena kanker prostat setiap 45 menit. 

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Dilansir Express.co.uk yang telah berbicara dengan para ahli kanker prostat tentang bagaimana pria dapat memberi diri mereka waktu ekstra, termasuk makan makanan tertentu. Apa yang membuat kanker prostat sangat sulit dalam hal ini, kata Cancer Research UK, adalah: "Tidak jelas terkait dengan faktor risiko yang dapat dicegah." Scrol untuk simak selengkapnya.

Namun, ini tidak berarti komunitas kesehatan tidak sepenuhnya buta dalam hal membantu pria mengurangi risiko terkena kondisi tersebut. Menurut beberapa ahli, makan makanan yang tepat dapat membantu mengurangi risiko kondisi berkembang.

Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas Usai Ngamar Bareng 2 Pria di Hotel Jaksel

Kanker Prostat

Photo :
  • times of india

GP Dr Paul Ettinger, dari The London General Practice, mengatakan tomat dan likopen, ditemukan dalam kulit tomat, dan satu tablet likopen sehari yang bertindak sebagai antioksidan, mungkin bermanfaat. Pendapat Dr Ettinger tercermin dalam penelitian terbaru yang diterbitkan oleh University of California.

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Ini adalah temuan yang dicerminkan oleh studi lanjutan dari Universitas yang menemukan bahwa dua porsi saus tomat seminggu (bukan kecap) dikaitkan dengan 20 persen pengurangan risiko perkembangan kanker prostat.

Temuan studi mereka menyataka Tomat adalah sumber antioksidan yang baik, likopen, yang menetralkan radikal bebas dan mengurangi kerusakan oksidatif pada sel. 

"Memasak tomat dengan sedikit minyak meningkatkan penyerapan likopen dibandingkan dengan tomat mentah atau jus tomat, itulah sebabnya kami merekomendasikan untuk mengonsumsi produk tomat matang setidaknya dua kali seminggu.”

Selain itu, tomat bukan satu-satunya makanan yang berpotensi mengurangi risiko kanker prostat. 

Dr Ettinger menambahkan: “Ada kemungkinan bahwa buah delima, kembang kol, kubis, brokoli, kacang kedelai, dan kacang-kacangan juga bermanfaat. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker prostat."

Makan makanan yang seimbang hanyalah salah satu dari sejumlah ukuran gaya hidup yang dapat membantu seperti yang ditunjukkan oleh penelitian terbaru yang dilakukan oleh Brigham and Women's Hospital.

Menerbitkan datanya di jurnal Urologi Eropa, menyimpulkan kepatuhan terhadap gaya hidup sehat dikaitkan dengan penurunan risiko 45 persen mengembangkan bentuk penyakit yang mematikan.

Rekan penulis Dr Anna Plym mengatakan memiliki risiko genetik yang tinggi sering dipandang sebagai sesuatu yang sangat deterministik, tetapi temuan kami menunjukkan itu mungkin tidak.

“Melalui modifikasi gaya hidup, skrining dini, dan perawatan dini, kami mungkin dapat mengatasi risiko genetik yang tinggi, dan ini adalah pesan penting yang harus dimiliki pria. Kami berharap lebih banyak pria akan tahu tentang risiko genetik mereka karena alat tersebut menjadi lebih banyak digunakan daripada saat ini.”

Direktur Implementasi Program Movember, Karen Robb mengatakan gejala paling umum yang harus diwaspadai adalah sering buang air kecil, terutama di malam hari. Kesulitan memulai buang air kecil atau menahan buang air kecil, atau aliran urin yang lemah atau terputus.

“Beberapa pria mungkin juga mengalami kesulitan dalam ereksi, ejakulasi yang menyakitkan, atau adanya darah dalam urin atau air mani. Gejala-gejala ini tidak selalu berarti Anda menderita kanker prostat," kata dia.

“Banyak pria mengalami pembesaran prostat seiring bertambahnya usia karena kondisi non-kanker yang disebut pembesaran prostat jinak. Tetapi penting untuk mengetahui apa yang normal untuk tubuh Anda dan menemui dokter Anda ketika ada sesuatu yang tidak beres. Di Inggris, satu dari delapan pria akan didiagnosis menderita kanker prostat dalam hidup mereka.”

Karena itu Karen meminta para pria untuk menyadari faktor-faktor yang memengaruhi risiko pribadi mereka. Jika Anda berusia di atas 50 tahun, bicarakan dengan dokter umum Anda tentang apakah Anda perlu menjalani tes PSA. 

Jika Anda berkulit hitam atau memiliki riwayat keluarga (saudara laki-laki atau ayah Anda) kanker prostat, lakukan pada usia 45 tahun karena kelompok ini 2,5 kali lebih mungkin terkena penyakit tersebut.

“Jika Anda berpikir Anda mungkin berisiko terkena kanker prostat atau mengalami gejala apa pun, bicarakan dengan dokter umum Anda. Mereka dapat berbicara dengan Anda tentang risiko Anda dan tentang tes yang digunakan untuk mendiagnosis kanker prostat,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya