Bye-bye Maskara! Ini 8 Cara Melebatkan Bulu Mata dengan Natural

Ilustrasi bulu mata panjang.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Satu hal membuat mata terlihat lebih besar dan indah adalah bulu mata yang panjang serta bervolume. Mengaplikasikan terlalu banyak maskara dan bulu mata palsu bersamaan dengan riasan mata justru membuat bulu mata rontok.

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Namun jangan khawatir, kini ada berbagai bahan dan langkah untuk membuat bulu mata tebal dan menawan secara alami. Bahkan dengan pemakaian yang rutin, kamu tak lagi membutuhkan maskara karena bulu mata yang sudah lebat. Apa saja itu? Dilansir dari Pinkvilla, berikut 8 cara melebatkan bulu mata. 

Minyak jarak

Putri Marino: Parfum Bukan Hanya Tentang Aroma, Tapi Juga Jadi Cerminan Diri!

Minyak jarak.

Photo :
  • http://noniq.blogspot.com/

Minyak jarak dipercaya sangat kuat untuk pertumbuhan rambut karena memiliki nutrisi dan merangsang folikel. Minyak ini dapat membuat bulu mata berkilau sekaligus bervolume. Selain itu, minyak jarak juga membantu melawan mikroorganisme yang menghambat pertumbuhan bulu mata. Gunakan sikat bersih atau kapas untuk mengoleskan minyak jarak pada bulu mata sebelum tidur.

Cara Alami Supaya Rambut Uban Hitam Kembali ala Zaidul Akbar

Minyak zaitun

Minyak zaitun.

Photo :
  • U-Report

Selain minyak jarak, minyak zaitun juga diyakini dapat melebatkan bulu mata lantaran kaya akan vitamin E dan asam oleat. Kedua kandungan tersebut mampu menyehatkan dan menambah volume pada bulu mata serta menjaga warga bulu mata tetap gelap.

Sikat bulu mata

Bulu mata lentik

Photo :
  • Instagram Rollover Reaction

Sama seperti menyikat rambut, menyikat bulu mata pun bisa membantunya tumbuh. Menyikat bulu mata mampu menyingkirkan partikel debu dan kotoran sehingga mencegah pori-pori tersumbat. 

Untuk melembabkan bulu mata saat menyisirnya, oleskan sedikit minyak atau petroleum jelly. Kemudian sikat bulu mata dengan lembut ke atas mulai dari akar dan perlahan naik ke atas hingga ujung bulu mata. Sikat selama sekitar 5 menit sebanyak dua kali sehari sampai melihat hasil yang diinginkan.

Pijat kelopak mata 

ilustrasi kelopak mata

Photo :
  • freepik/valuavitaly

Memijat kelopak mata dapat meningkatkan sirkulasi darah yang mengalir ke folikel dan merangsang pertumbuhan bulu mata. Pijat selama 5 hingga 7 menit dua kali sehari selama beberapa bulan. Pastikan tanganmu bersih sebelum memijat kelopak mata. 

Lidah buaya

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Photo :
  • Freepik

Lidah buaya merupakan tumbuhan yang multifungsi. Ia pun mampu membantu menumbuhkan dan melebatkan bulu mata lantaran mengandung beberapa vitamin dan nutrisi yang mendorong pertumbuhan. Selain itu, lidah buaya membantu menjaga kelembapan bulu mata. 

Dengan menggunakan sikat bulu mata yang bersih, oleskan gel lidah buaya segar secukupnya pada bulu mata sebelum tidur. Biarkan semalaman lalu bilas dengan air hangat keesokan paginya.

Hapus riasan mata dengan bersih

Riasan mata

Photo :
  • Daily Mail

Jangan pernah tidur dengan riasan mata. Hal ini menyebabkan banyak kerusakan pada bulu mata yang membuatnya rontok. 

Teh hijau

Teh hijau

Photo :
  • Eat This

Tambahkan daun teh hijau ke dalam air hangat, biarkan dingin, lalu oleskan ke bulu mata. Formula tersebut mendorong pertumbuhan bulu mata yang sehat, lebih panjang, lebat dan kuat. Kafein dan flavonoid yang ditemukan dalam teh hijau akan membantu menjaga pertumbuhan bulu mata yang ada serta merangsang pertumbuhan baru.

Potong bulu mata

Ilustrasi Bulu Mata

Photo :
  • Cillialash

Mungkin ini terdengar aneh dan menakutkan namun ternyata sangat berpengaruh. Kamu dapat memotong bulu mata setiap dua hingga tiga bulan sekali. Potong sebagian kecil (kira-kira seperempatnya). Memangkas bulu mata merangsang folikel bulu mata dan membuatnya tumbuh lebih cepat. 

Kris Dayanti

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti

Meskipun telah menikah selama beberapa tahun, Kris Dayanti menegaskan pentingnya menjaga penampilan dan kebersihan diri di hadapan suami.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024