5 Manfaat Luar Biasa Vitamin E untuk Kesehatan

Sumber vitamin E
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Vitamin E disebut-sebut sebagai bahan ajaib untuk kulit dan rambut, tetapi tahukah Anda bahwa vitamin E juga menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa? 

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Ya, vitamin E bukanlah vitamin tunggal, melainkan sekelompok vitamin yang larut dalam lemak yang memiliki sifat antioksidan. Vitamin E larut dalam lemak dan ditemukan dalam berbagai makanan termasuk daging, telur, buah-buahan, minyak sayur, dan sereal. Scroll untuk cari tahu lebih banyak. 

Banyak orang mengonsumsi suplemen vitamin E untuk memenuhi asupan harian mereka, namun yang terbaik adalah memenuhi kebutuhan harian dengan makanan alami. Vitamin E memainkan banyak peran dalam tubuh kita, tetapi paling dikenal untuk melindungi sel-sel kita dari kerusakan oksidatif

Akui Mulai Cari Jati Diri, Camillia Azzahra Putri Ridwan Kamil Putuskan Lepas Hijab

Ini adalah vitamin penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan kita dalam beberapa cara. Berikut adalah lima manfaat kesehatan vitamin E yang harus diketahui, yang kami kutip dari laman Pinkvilla, Jumat 4 November 2022. 

5 Manfaat Tidur Cepat yang Membangun Kesehatan

1. Pembangkit tenaga antioksidan

Stres oksidatif adalah kondisi kesehatan yang ditandai dengan ketidakseimbangan antara pertahanan antioksidan tubuh dan spesies oksigen reaktif, yang pada gilirannya menyebabkan melemahnya sistem kekebalan dan kerusakan sel. Vitamin E memiliki sifat antioksidan kuat yang mengurangi stres oksidatif dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Penyakit jantung sedang meningkat, dan telah menjadi keharusan untuk menjalani gaya hidup yang melindungi kita dari kondisi jantung.

Ada beberapa faktor kunci yang bertanggung jawab untuk mengembangkan penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, dan kadar LDL yang tinggi, dan trigliserida. Menurut penelitian, suplemen vitamin E berpotensi menurunkan faktor risiko penyakit jantung.

3. Memperbaiki gejala penyakit hati berlemak

Penyakit hati berlemak non-alkohol tidak terkait dengan penggunaan alkohol berat, dan menurut penelitian, mengonsumsi suplemen vitamin E dapat membantu memperbaiki beberapa gejala NAFLD.

Sebuah tinjauan tahun 2021 dari delapan studi menyimpulkan bahwa suplemen vitamin E membantu mengurangi kadar ALT dan AST, dan meningkatkan fungsi hati pada pasien dewasa dengan penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD).

4. Dapat meningkatkan fungsi paru-paru

Ilustrasi menjaga paru-paru agar tetap sehat.

Photo :
  • U-Report

Vitamin E dikemas dengan antioksidan dan dapat membantu dalam meningkatkan fungsi paru-paru serta beberapa gejala asma pada anak-anak dan orang dewasa.

5. Dapat meningkatkan kognisi

Penting untuk mengonsumsi vitamin E secara teratur karena membantu melindungi kita dari penurunan kognitif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya