Cara Atasi Hidung Tersumbat Serta Penyebabnya dan Cara Menghindarinya

Ilustrasi flu/bersin/pilek.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Hidung tersumbat biasanya paling sering terjadi karena adanya pembengkakan mukosa dari dalam hidung. Membran mukosa sendiri adalah jaringan tipis yang melapisi bagian dalam rongga hidung yang fungsi utamanya untuk membersihkan udara yang memasuki hidung. 

Ada Aturan Baru, Bos BPJS Kesehatan Wanti-wanti RS Jangan Kurangi Tempat Tidur Rawat Inap

Saat ada pencetusnya seperti alergi, jadi zat alergi masuk ke dalam rongga hidung maka seluruh mukosa yang ada di hidung akan membengkak. Hal itu akan menyebabkan keluhan hidung buntu atau sulit bernapas dari hidung. Apabila hidung tersumbat, secara otomatis reflek tubuh akan mencari cara lain agar bisa tetap bernapas yakni melalui mulut. 

Pada kali ini akan dibahas mengenai hidung tersumbat mulai dari penyebab hingga cara atasi hidung tersumbat. Seperti yang dijelaskan oleh dokter spesialis THT, Hamida Hayati Faisal di program tanya dokter kanal YouTube Kata Dokter. Scroll ke bawah untuk simak selengkapnya. 

Satu Jemaah Calon Haji Kloter 2 Embarkasi Palembang Tertunda Keberangkatannya

Penyebab hidung tersumbat

Hidung yang tersumbat.

Photo :
  • U-Report
90 Persen Lebih Jemaah Kloter 2 Embarkasi Palembang Resiko Tinggi

Penyebab pembengkakan yang terjadi di dalam rongga hidung umumnya disebabkan oleh alergi tertentu ataupun sensitif terhadap zat-zat tertentu. Namun, bisa juga disebabkan karena struktur rongga hidung seperti pembengkokan tulang rawan hidung (septum deviasi) dan pembengkakan konka (struktur daging membengkak) pada hidung. 

Selain itu, bisa juga disebabkan karena adanya benjolan dalam rongga hidung. Benjolan tersebut seharusnya tidak ada di dalam rongga hidung, misalnya seperti tumor atau polip hidung. Polip hidung terbentuk pada orang-orang yang mengalami rinitis alergi pilek yang disebabkan adanya paparan alergen secara kronis jadi dalam waktu yang panjang.  

Cara atasi hidung tersumbat

Hidung tersumbat

Photo :
  • U-Report

Saat hidung tersumbat, bisa diatasi dengan cara diuap menggunakan air panas yang dicampur dengan minyak kayu putih. Namun, tidak dianjurkan untuk berusaha mengeluarkan lendir karena mungkin beberapa orang mengira bahwa saat hidung tersumbat berarti ada ingus atau lendir yang terperangkap di dalam hidung.

Karena bisa jadi itu adalah infeksi bakteri ataupun virus malah akan berisiko ke telinga jika berusaha mengeluarkan lendir hidung. Jadi, infeksi malah bisa lari ke bagian telinga. 

Selain itu, untuk rongga sinus juga tidak dianjurkan untuk mengeluarkan lendir sekuat tenaga. Karena hal itu bisa membuat hidung mimisan atau darah keluar dari rongga hidung. 

Tidak boleh sembarangan menyemprotkan obat tau penggunaan nasal spray atau semprot hidung. Ada obat yang tidak dianjurkan digunakan dalam jangka waktu berkepanjangan. 

Berikut cara yang bisa dilakukan untuk atasi hidung tersumbat:

1. Menjaga agar suhu di ruangan tidak terlalu dingin karena suhu hangat lebih membantu meredakan hidung yang tersumbat

2. Jika hidung tersumpat diperparah karena posisi tubuh yang berbaring, maka pada saat tidur bantal bisa dibuat lebih tinggi. 

3. Pilih obat-obatan yang mengandung Oxymetazolin, obat dekongestan yang digunakan untuk meredakan hidung tersumbat yang disebabkan oleh pilek, sinusitis dan alergi. 

Namun, penggunaan obat tersebut pun tidak direkomendasikan untuk jangka panjang, jadi tetap perlu diperhatikan dan ada aturan penggunaannya. Karena memiliki efek samping yang tidak baik untuk hidung seperti sensasi hidung terbakar atau hidung semakin tersumbat. 

Cara terhindar dari keluhan hidung tersumbat

Hidung tersumbat.

Photo :
  • U-Report

Sebelumnya, kita harus mengetahui dulu apakah kita ada alergi atau sensitif terhadap zat-zat tertentu. Misalnya, terhadap debu, polutan lain seperti bau minyak wangi atau asap rokok. Intinya menghindari zat-zat sensitif yang membuat alergi.

Selain itu, jaga kesehatan hidung, dengan melakukan cuci hidung menggunakan cairan atau larutan NaCl. Dianjurkan juga melakukan pemeriksaan ke dokter THT jika memang tidak membaik dan melihat apakah ada kelainan anatomis yang menjadi faktor risiko keluhan hidung tersumbat atau bahkan ada benjolan di dalam rongga hidung. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya