Jangan Anggap Sepele, Dokter Sebut 81 Persen Varises Dialami Perempuan

Varises.
Sumber :
  • http://detik-kesehatan.blogspot.com/

VIVA Lifestyle – Varises merupakan keluhan permasalahan pembuluh darah yang seringkali dialami oleh perempuan. Sering kali dianggap sebagai permasalahan yang mengganggu penampilan, nyatanya varises dapat pula berdampak serius bagi kesehatan, bahkan menimbulkan komplikasi yang lebih serius.

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

Kerusakan katup pada pembuluh darah vena menyebabkan arus balik ke arah jantung tidak berjalan dengan baik. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga urat tampak jelas, menonjol keluar, dan berwarna biru atau ungu tua. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

"81,3 persen (dialami) wanita. Karena wanita banyak sekali terkena. Sebenarnya jumlahnya sama (antara pria dan wanita), tapi yang lebih care sama dirinya adalah wanita," ujar dokter spesialis bedah subspesialis bedah vaskular konsultan yang berpraktik di RS Pondok Indah dr. Febiansyah Kartadinata Rachim, Sp. B, Subsp. BVE (K), dalam acara media, di Jakarta, Senin 20 November 2022.

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Pada kaum hawa, kerap kali varises dirasakan merusak tampilannya karena kulit tak lagi nampak 'mulus' dengan tonjolan urat yang menganggu. Untuk itu, para wanita yang akhirnya lebih banyak datang ke dokter dibandingkan laki-laki, yang cenderung acuh pada kondisi varises.

"Jadi ada gejala timbul urat-urat pada wanita, jadi lebih mudah berobat dibanding laki-laki, (datang ke dokter) sampai adanya komplikasi. Makanya secara statistik lebih banyak wanita tapi tingkat kejadian hampir sama sebenarnya," tuturnya.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

Tanpa disadari, dokter Febiansyah menegaskan, bahwa dampak varises tak main-main yang tak bisa disepelekan. Sebab, varises bisa memberi dampak lebih luas pada kesehatan seseorang sehingga bukan terhadap efek kosmetik semata.

"Varises bukan sekadar kosmetik tapi juga disease karena efeknya tidak baik. 'Oh varises, oh oke'. Bahaya lho," ujar dokter Febiansyah.

Menurutnya, varises bisa membuat tubuh terasa nyeri dan bengkak sehingga menghambat berbagai aktivitas untuk gerak. Bahkan parahnya, jika tidak ditangani maka varises bisa menyebabkan peningkatan rasa sakit, bengkak, hingga peradangan pembuluh darah.

"Penggumpalan darah dapat terbentuk di vena dalam (deep vein thrombosis), dapat menyebabkan penyumbatan aliran daran (emboli), dan lainnya," kata dia.

Berat badan

Photo :
  • Eat This

Maka dari itu, segera ke dokter untuk memeriksa varises yang muncul agar penanganannya tak terlambat sehingga hasil terapi pun akan lebih baik. Selain itu, diimbau juga melakukan pola hidup baik seperti menurunkan berat badan, berolahraga teratur, hingga hindari banyak rebahan untuk mencegah timbulnya varises.

"Kejadian varises karena katupnya udah rusak. Rusak terjadi begitu saja. Dalam arti lain, bentuk anatomi sudah berubah. Kalau sudah berubah, ini semua (aktor risiko) jadi pemberat," ujar dokter Febiansyah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya