Kata Kemenkes Soal Kabar Ribuan Mahasiswa di Bandung Positif HIV/AIDS

Ilustrasi HIV/AIDS.
Ilustrasi HIV/AIDS.
Sumber :
  • AIDS

VIVA Lifestyle – Kasus HIV/AIDS masih menjadi endemi di Indonesia, bahkan terkini laporan menyatakan bahwa ribuan mahasiswa di Bandung, Jawa Barat terinfeksi virus tersebut. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) angka bicara mengenai penemuan tersebut dan mengatakan bahwa ada kesalahpahaman dalam laporan data tersebut.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Imran Pambudi mengatakan masyarakat kerap menyoroti angka dari kasus HIV/AIDS yang dilaporkan pada mahasiswa di Bandung itu. Scroll lebih lanjut ya.

Faktanya, banyak yang tak memahami bahwa data tersebut dicatat selama puluhan tahun sehingga bukan data terkini.

Ilustrasi HIV AIDS

Ilustrasi HIV AIDS

Photo :
  • vstory

"Secara umum sebetulnya terkait mahasiswa, termasuk ada pertanyaan terkait (HIV/AIDS) di Bandung. Datanya kan digunakan bukan saat ini jadi itu kelompok yamg kita kumpulkan sejak beberapa tahun lalu," kata Direktur Imran dalam acara virtual Kemenkes, Selasa 29 November 2022.

Lebih dalam, Kemenkes menyampaikan bila data tersebut bukan real time atau terkini, maka usia pasien HIV/AIDS yang tercatat itu sudah bukan lagi ada di kelompok mahasiswa melainkan sudah berusia lanjut. Dalam artian, kasus HIV/AIDS ini cenderung mengintai di usia produktif yakni dewasa muda dan remaja, termasuk mahasiswa.

Ada pun secara data yang sudah disurvey Kemenkes, terbukti kasus HIV/AIDS rentan mengintai usia produktif karena tergolong aktif secara seksual. Namun, hal ini bukan pertanda bahwa semua yang ada di usia tersebut adalah mahasiswa sehingga stigma dari pemberitaan sebelumnya harus dihapuskan.

Halaman Selanjutnya
img_title