Pernah Sakit Kepala Saat Lapar? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

sakit kepala, pusing, depresi, cemas, darah rendah
Sumber :
  • Pixabay/ Engin_Akyurt

VIVA Lifestyle – Beberapa orang mungkin pernah mengalami sakit kepala saat lapar. Meski sakit kepala ringan, namun kondisi tersebut tentu akan menganggu aktivitas. 

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

Lalu apakah normal jika sakit kepala muncul karena tidak makan dan merasa lapar. Ini penyebab dan cara mengatasinya. Keep scroll.

Penyebab sakit kepala akibat lapar 

Review Negatif Makanan, Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!

Sakit kepala

Photo :
  • Times of India

Dikutip dari tvonenews.com bersumber Verywell Health, sakit kepala yang muncul karena rasa lapar atau hunger headache adalah hal normal dan biasa terjadi. 

Sejarah Ketupat yang Menjadi Menu Paling Populer Saat Hari Raya Idul Fitri

Sakit kepala yang muncul secara perlahan dan tiba-tiba tersebut muncul akibat tubuh kekurangan asupan makanan, minuman atau bahkan keduanya. 

Sementara dikutip dari website healthline, sakit kepala yang muncul akibat lapar ini mirip dengan sakit kepala jenis tension headache atau sakit kepala tegang yang memiliki gejala seperti nyeri tumpul pada kepala, nyeri kepala seperti kepala terikat, nyeri seperti adanya tekanan pada dahi atau sisi kepala, nyeri pada leher dan bahu. Biasanya sakit kepala ini akan hilang setelah makan. 

Lalu mengapa sakit kepala ini muncul ketika lapar? Penyebab rasa sakit kepala ini muncul paling umum diantaranya melewatkan jam makan hingga kekurangan cairan atau dehidrasi

Saat kondisi normal, tubuh akan menggunakan makanan yang masuk sebagai sumber energi yang konsisten. Namun ketika seseorang tidak makan, maka kadar gula dalam darah menjadi turun. 

Bahkan ketika lapar, tubuh akan mengeluarkan hormon yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan memicu sakit kepala.  

Selain itu, kekurangan asupan makanan, dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh juga memicu sakit di kepala saat lapar, sehingga jaringan yang ada di otak dapat mengencang dan menekan reseptor nyeri hingga dapat menimbulkan sakit kepala.     

Cara mengatasi

Ilustrasi makanan

Photo :
  • scienceallert

Untuk mengatasi hal ini cukup sederhana, menurut Cleveland Clinic, caranya dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan minum air yang cukup atau mengonsumsi cemilan untuk sementara waktu. Biasanya sakit kepala ini akan berangsur membaik 30 menit setelah makan. 

Rasa sakit kepala yang muncul karena lapar ini merupakan respon alami ketika kadar gula di dalam tubuh mengalami penurunan. 

Bahkan sakit kepala yang muncul merupakan tanda bahwa tubuh memerlukan kalori dari asupan makanan dan juga tercukupinya kebutuhan cairan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya