Viral Ibu Meninggal Usai 8 Kali Jalani Caesar, Begini Penjelasan Dokter

Ilustrasi operasi.
Ilustrasi operasi.
Sumber :
  • Pixabay/sasint

VIVA Lifestyle – Baru-baru ini viral di media sosial seorang ibu yang meninggal setelah melahirkan anaknya yang ke-10. Rupanya setelah ditelusuri seorang ibu yang usianya masih 33 tahun itu telah mengalami operasi caesar sebanyak 8 kali dari total 10 kali melahirkan. 

Kasus tersebut pun akhirnya ditanggapi oleh Dokter Kandungan Spesialis Obstetri dan Ginekologi, Rizal Fitni Abdullah. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Penjelasan Dokter

Penjelasan Dokter Rizal Fitni Abdullah, SpOG soal caesar 8 kali

Penjelasan Dokter Rizal Fitni Abdullah, SpOG soal caesar 8 kali

Photo :
  • TikTok @@rizalfitni.spog

Dengan 8 kali caesar menurut sang dokter sudah jumlah yang sangat banyak, karena biasanya paling hanya sebanyak 4 kali saja. Dalam kasus tersebut sang ibu yang meninggal mengalami plasenta akreta

“Ini terus terang cesar terbanyak yang pernah saya tahu karena biasanya kalo di kita ini paling 4 kali itu udah banyak banget, ini sampe 8 kali luar biasa memang. Nah kasusnya kenapa sampe bisa meninggal? Jadi kalo saya lihat dari ceritanya itu melahirkannya sekitar 32/33 minggu masih prematur terjadi pendarahan dan ternyata terjadinya plasenta akreta,” jelas dokter Rizal yang dikutip dari video di akun TikTok-nya @rizalfitni.spog pada Jumat, 16 Desember 2022. 

Plasenta akreta adalah kondisi di mana plasenta yang harusnya menempel di bagian rahim karena sudah melakukan operasi bolak-balik sehingga rahimnya menjadi tipis dan menembus rahim. Sehingga tembus sampai keluar rahim dan nempel ke bagian-bagian organ di sekitarnya seperti di kandung kemih, usus dan organ lainnya yang berada di sekitar rahim. 

Halaman Selanjutnya
img_title