Catat, Ini Daftar Makanan dan Minuman yang Bisa Sebabkan Perut Kembung

Ilustrasi sakit perut.
Ilustrasi sakit perut.
Sumber :
  • Pexels/cottonbro

VIVA Lifestyle – Perut kembung merupakan kondisi yang normal, yang dialami terutama oleh orang dewasa. Perut kembung merupakan kondisi ketika sistem pencernaan mengandung terlalu banyak gas saat melakukan proses pemecahan makanan.

Perut kembung bisa terjadi karena mengonsumsi makanan dan minuman yang menyebabkan produksi gas berlebih di usus. Beberapa di antaranya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung garam berlebih. Kok bisa? Yuk, scroll.

Diungkap Spesialis penyakit dalam, dr. Suzy Maria, Sp.PD-KAI, konsumsi garam berlebih selain dapat meningkatkan kadar kolesterol, juga dapat menyebabkan perut kembung. Sebab, garam itu sifatnya akan menarik air, artinya semakin banyak makan garam semakin banyak air yang dikumpulkan di rongga saluran cerna.

Ilustrasi sakit perut

Ilustrasi sakit perut

Photo :
  • Pexels/sora shimazaki

"Tentunya akan sebabkan kembung. Dikatakan garam akan memengaruhi perkembangan bakteri baik di usus. Akan memengaruhi penyerapan gas di dalam saluran cerna," kata dia dalam program Hidup Sehat tvOne, Rabu 4 Januari 2023.

Selain makanan tinggi garam, konsumsi susu juga ternyata bisa sebabkan perut kembung. Sebab, susu diketahui tinggi akan kandungan lemak. Makanan dan minuman yang mengandung lemak tinggi akan membuat gas ditahan lebih lama di saluran cerna.

Selain itu, seseorang yang kekurangan enzim cerna yakni laktase juga bisa menyebabkan perut kembung usai mengonsumsi susu.

Halaman Selanjutnya
img_title