Tanda-tanda Awal Kanker Serviks yang Tidak Boleh Diabaikan

Ilustrasi kanker serviks.
Sumber :
  • iStockphoto.

VIVA Lifestyle – Kanker serviks merupakan masalah kesehatan utama bagi wanita di negara kita. Dan itu adalah penyebab utama kematian terkait kanker. Ini adalah kanker paling umum kedua pada wanita meskipun merupakan kanker yang paling dapat dicegah.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Di bulan sadar kanker serviks ini, mari kita pahami tentang penyakit ini agar kita bisa mencegahnya. Sampada Dessai, Ahli Onkologi Ginekologi, P.D. Rumah Sakit Hinduja & MRC, Mumbai mengatakan, kanker serviks adalah kanker yang tumbuh lambat pada wanita. Kanker ini juga memiliki sesuatu yang disebut tahap prakanker yang merupakan tahap sebelum kanker. Yuk scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Kanker serviks.

Photo :
  • U-Report
Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

“Butuh waktu bertahun-tahun untuk berkembang dari tahap prakanker menjadi kanker. Ini memberi dokter banyak kesempatan untuk mendeteksinya pada tahap prakanker atau tahap awal. Jika terdeteksi pada stadium prakanker, kanker ini dapat dicegah terjadinya. Tes skrining tersedia untuk mendeteksi kanker ini baik pada tahap prakanker atau tahap awal. Ini karena gejala tahap awal tidak ada, atau mungkin sama sekali tanpa gejala atau gejalanya tidak spesifik,” kata dia dikutip dari Times of India.

Gejala nonspesifik berarti bahwa gejala tersebut dapat terjadi karena banyak hal lain. Tetapi penting bagi seseorang untuk memeriksakan gejala ini untuk menyingkirkan kanker serviks. Kemungkinannya tinggi bahwa itu bukan sesuatu yang serius.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Gejala yang harus diperhatikan dan diperhatikan wanita adalah:

Ilustrasi keputihan.

Photo :
  • U-Report

Keputihan yang tidak normal: Keputihan mungkin keruh, berbau busuk dan berbau busuk tetapi berair. Peningkatan jumlah keputihan biasa juga perlu diperhatikan.

Pendarahan vagina yang tidak normal: Ini mungkin dalam bentuk periode menstruasi yang lebih berat atau lebih lama dari biasanya. Pendarahan atau bahkan bercak setelah berhubungan seksual merupakan salah satu tanda awal kanker serviks dan tidak boleh diabaikan.

Terkadang pendarahan mungkin terjadi di antara periode menstruasi. Pada wanita yang lebih tua, itu mungkin muncul sebagai perdarahan pasca-menopause. Pendarahan abnormal dalam jumlah berapa pun harus ditanggapi dengan serius dan seseorang harus melaporkannya ke dokter mereka.
Kelelahan: Ini mungkin salah satu gejala kanker serviks tetapi merupakan gejala yang sangat tidak spesifik

Seiring perkembangan penyakit, tanda dan gejala lain mungkin muncul, antara lain: 

Nyeri saat berhubungan seks

“Nyeri saat berhubungan seksual adalah satu lagi gejala penting kanker serviks. Selain itu, nyeri kaki atau nyeri punggung bawah bisa menjadi gejalanya, dan ini biasanya terlihat pada stadium akhir kanker serviks,” kata Dr. Dessai.

Perubahan buang air kecil dan buang air besar

Sering buang air kecil atau merasa ingin selalu buang air kecil adalah gejala yang berhubungan dengan penyakit ini. Jika gejala ini berlangsung lebih dari seminggu, Anda harus menemui dokter Anda.

Kanker serviks, seperti banyak keganasan lainnya, dapat mengakibatkan hilangnya nafsu makan. Selain itu, menurunkan berat badan bisa menjadi suatu kesulitan tidak peduli berapa banyak makanan yang dimakan.

Jika Anda tiba-tiba mengalami penurunan berat badan meski asupannya cukup dan memiliki beberapa gejala lain yang disebutkan di atas, bisa jadi karena kanker serviks. Penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan medis.

Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh infeksi jenis human papillomavirus (HPV) penyebab kanker. HPV ditularkan secara seksual. Vaksin sekarang tersedia yang dapat mengurangi kemungkinan infeksi HPV yang persisten. Tes skrining lebih lanjut - seperti tes pap atau tes DNA HPV membantu pengenalan awal infeksi virus ini dan perubahan sel yang terjadi karena infeksi HPV.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya