Mengenal Asuransi Kesehatan Karyawan, Apa Untungnya bagi Perusahaan?

Asuransi kesehatan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Saat ini, ada banyak sekali jenis produk asuransi yang bisa dipilih dan diajukan oleh hampir semua kalangan. Masing-masing produk pun menawarkan manfaat tersendiri yang mampu memberi keuntungan bagi para nasabahnya. Salah satu contoh jenis asuransi yang patut dijadikan perhatian, khususnya perusahaan, adalah asuransi kesehatan karyawan.

Lindungi Kesehatan Pekerja, Kemnaker Ajak Perusahan Aktif Tanggulangi Tuberkolosis di Tempat Kerja

Pada dasarnya, manfaat dari produk asuransi tersebut tidak jauh berbeda dengan asuransi kesehatan biasa. Hanya saja, jenis asuransi ini diajukan oleh pihak perusahaan untuk memberi manfaat proteksi kesehatan pada para karyawannya.

Sekilas, pengajuan asuransi kesehatan karyawan ini mungkin hanya terlihat menguntungkan bagi pihak karyawan saja. Alasannya karena mereka mendapatkan manfaat perlindungan terhadap risiko penyakit dan besarnya biaya rumah sakit dari produk asuransi yang disediakan oleh perusahaan tempatnya bekerja. 

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Tapi, percayakah Anda jika adanya perlindungan dari asuransi kesehatan karyawan ini juga bisa memberi banyak keuntungan bagi perusahaan yang menyediakannya? Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan tentang apa itu asuransi kesehatan karyawan, alasan perusahaan perlu mengasuransikan karyawannya, dan trik mendapatkan produk dengan premi terjangkau.

1. Apa Itu Asuransi Kesehatan Karyawan?
Asuransi kesehatan karyawan, yang merupakan bagian dari employee benefit atau asuransi karyawan, adalah sebuah produk asuransi untuk karyawan yang umumnya difasilitasi oleh pihak pemberi kerja atau perusahaan.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Secara umum, terdapat 2 jenis asuransi kesehatan karyawan yang bisa disediakan oleh pihak perusahaan. Yang pertama adalah asuransi kesehatan dari pemerintah atau BPJS, dan yang kedua adalah asuransi kesehatan dari pihak swasta.

Untuk jenis BPJS, manfaat perlindungan yang diberikan mencakup perawatan medis dasar di rumah sakit termasuk pembedahan, kehamilan, dan sebagainya. Sejatinya, proteksi dari produk asuransi ini sudah cukup lengkap. Namun, memang ada sejumlah kekurangan yang perlu diperhatikan, terutama dalam hal kecepatan layanan. 

Sementara untuk asuransi kesehatan swasta, manfaat yang diberikan biasanya lebih lengkap dan mencakup lebih banyak perlindungan dengan plafon tinggi. Hanya saja, biaya premi yang dibebankan cenderung lebih mahal dibandingkan dengan premi BPJS Kesehatan.  

2. Alasan Perusahaan Perlu Mengasuransikan Karyawannya
Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan saat menjamin perlindungan karyawannya melalui asuransi kesehatan? Berikut beberapa di antaranya.

- Menekan Risiko Kerugian Finansial
Dengan memberikan asuransi kesehatan karyawan, perusahaan bisa menekan risiko kerugian keuangan. Sebab, kondisi kesehatan karyawan akan menjadi lebih terjamin, dan bisa terhindar dari risiko mengeluarkan dana untuk santunan kecelakaan kerja maupun sakit. Beban biaya tersebut nantinya akan dialihkan ke pihak penyedia asuransi karyawan yang telah diajukan oleh pihak perusahaan. 

- Premi Asuransi Ini Terbilang Terjangkau
Selaku pebisnis, Anda tentu memperhatikan fakta jika premi asuransi kesehatan karyawan jauh lebih rendah dibanding biaya yang harus dibayarkan perusahaan saat karyawan mengalami sakit maupun kecelakaan. Alhasil, perusahaan pun menjadi lebih diuntungkan saat menyediakan proteksi dari produk asuransi ini. 

- Lebih Fleksibel
Adanya produk asuransi kesehatan karyawan mampu menjamin kondisi atau situasi yang biasanya dikecualikan oleh asuransi individu. Beberapa contohnya adalah pre-existing conditions atau penyakit yang telah diderita pihak tertanggung saat mengajukan asuransi, gangguan jiwa, dan kelainan kongenital atau bawaan. Jadi, manfaat yang diberikan lebih mampu memberikan perlindungan sesuai kebutuhan karyawan. 

- Menambah Daya Tarik Perusahaan
Kerap kali disepelekan, tapi menyediakan asuransi kesehatan pada karyawan mampu menambah daya tarik terhadap perusahaan. Karena memberikan benefit tersebut, sumber daya manusia yang lebih berkualitas tentu menjadi tertarik untuk bergabung ke perusahaan Anda. Selain itu, loyalitas karyawan juga menjadi lebih terjamin karena kebutuhan dasar hidupnya telah terpenuhi. 

3. Trik Memilih Asuransi Karyawan dengan Premi Terjangkau
Setelah mengetahui apa itu asuransi karyawan dan manfaatnya bagi perusahaan, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara memilih produk yang terbaik dengan beban premi terjangkau. Berikut adalah tips yang penting untuk diketahui saat memilih asuransi kesehatan karyawan.

- Ajukan 1 Produk Asuransi Kesehatan Karyawan
Agar bisa mendapatkan produk dengan premi murah, Anda perlu membeli 1 jenis produk asuransi. Sebagai contoh, pilih asuransi kesehatan karyawan saja agar beban preminya menjadi lebih kecil. Jika menawarkan sekaligus asuransi jiwa, hal tersebut sudah pasti akan membuat nominal tagihan asuransi lebih mahal, bukan? 

- Bandingkan Penawaran dari Perusahaan Berbeda
Selain itu, jangan lupa untuk membandingkan penawaran asuransi dari perusahaan berbeda. Pasalnya, imbas dari ketatnya bisnis asuransi di dalam negeri, tidak jarang sebuah perusahaan asuransi akan menawarkan layanan yang terbaik agar mampu memikat minat calon nasabahnya. 

Jamin Loyalitas dan Kebutuhan Karyawan dengan Sediakan Asuransi Kesehatan Karyawan
Itulah penjelasan tentang apa itu asuransi kesehatan karyawan, manfaatnya bagi perusahaan, dan tips memilih produk dengan premi murah. Intinya, produk asuransi ini amat penting untuk disiapkan agar kebutuhan karyawan lebih terjamin. Dengan begitu, loyalitas mereka akan semakin besar dan mampu meningkatkan produktivitas perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya