Tumor Ganas Seberat 1,6 Kg di Payudara Berhasil Diangkat, Dokter: Ini Ukuran Terbesar

Ilustrasi operasi.
Sumber :
  • Pixabay/sasint

VIVA Lifestyle – Seorang perempuan berusia 42 tahun diberi kehidupan baru oleh dokter melalui operasi mastektomi. Operasi pengangkatan payudara tersebut dilakukan dokter untuk mengambil tumor ganas seberat 1,6 kg di sisi kanan.

Kisah Inspiratif Malika Syakira, Seorang Penyintas Kanker yang Memiliki Mimpi Menjadi Guru Tari

Dokter berhasil menyingkirkan 1,6 kg tumor phyllodes ganas dari payudara kanan pasien. Tumor phyllode Ini adalah tumor payudara langka yang biasanya berasal dari jaringan ikat (stomal) payudara daripada saluran atau kelenjar yang merupakan kanker payudara yang biasa berasal. Sementara tumor Phyllodes tidak berbahaya, sebagian kecil dari mereka bisa benar-benar ganas atau menjadi kanker. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Menurut laporan itu, pasien wanita berusia 42 tahun tersebut sebelumnya menjalani operasi untuk benjolan di payudara kanan, hampir setahun yang lalu. Tetapi, benjolan muncul kembali dalam posisi yang sama dalam waktu 6 bulan. Para dokter, setelah pengujian dan skrining, mengetahui bahwa benjolan ditemukan menempel pada kulit di berbagai titik.

Kisah Inspiratif Tri Lakmawati, Masuk Jajaran 30 Top Women In Security ASEAN Region

Ilustrasi payudara

Photo :
  • Pixabay/ Foundry

Tim ahli yang dipimpin oleh Dr Rohan Khandelwal, Ahli Bedah Kanker Payudara, Rumah Sakit CK Birla, yang pada pemeriksaan menemukan benjolan itu dilobulasi dan menempel pada kulit di berbagai titik. Melalui berbagai tes diagnostik termasuk biopsi, para spesialis mencapai diagnosis klinis tumor phyllodes ganas.

Timezone dan YKAI Meriahkan Hari Anak Nasional dengan Permainan Gratis untuk Anak Pejuang Kanker

Berbicara tentang peningkatan tumor Phyllodes, Dr Khandelwal mengatakan, setiap tahun melaporkan peningkatan kasus kanker payudara di seluruh negeri dan bersamaan dengan itu, prevalensi tumor yang tidak umum. Tumor Phyllodes adalah salah satu tumor tersebut, yang dikenal karena itu kecenderungan untuk tumbuh dengan cepat dan terulang kembali. 

"Jenis-jenis tumor ini dapat dengan cepat meningkat menjadi ukuran besar tetapi dalam kasus khusus ini 1,6 kg tumor phyllodes ganas adalah salah satu yang terbesar yang dilaporkan sampai sekarang," tuturnya, dikutip laman Medbound Times, Selasa 7 Februari 2023.

Setelah pemeriksaan menyeluruh, tim dokter melakukan operasi mastektomi untuk mengobati kanker dengan menghilangkan semua jaringan payudara yang ada di dalam payudara kanan pasien. Ini bersamaan dengan operasi rekonstruksi payudara, yang juga berhasil dilakukan untuk mengembalikan volume bentuk payudara. 

"Setelah operasi, pasien menerima radioterapi dan telah tanpa gejala sejak saat itu. Mayoritas tumor phyllodes tidak memerlukan kemoterapi karena mereka tidak menyusup ke sistem limfatik, bahkan jika mereka ganas," katanya.

Dia mengatakan bahwa kanker payudara terlepas dari turun-temurun, memiliki beberapa faktor risiko lain seperti gaya hidup yang menetap termasuk konsumsi alkohol, merokok, meningkatnya obesitas di kalangan anak muda, stres dan asupan makanan yang buruk. Semua faktor ini jika digabungkan merupakan penyebab peningkatan insiden kanker payudara terutama di antara generasi muda di bawah usia 40 tahun.

Ilustrasi kanker payudara.

Photo :
  • Pixabay/pexels

Apa itu kanker payudara?
Ketika sel di payudara mulai tumbuh di luar kendali. Sebagian besar kanker payudara dimulai di saluran atau lobulus. Dan ketika kanker payudara menyebar ke bagian tubuh lain, dikatakan telah bermetastasis. 

Ada dua jenis kanker payudara, yaitu karsinoma duktal invasif, dan karsinoma lobular invasif. Namun, kondisi ini dapat dikelola dengan perawatan yang tepat tepat waktu. Dan untuk tanda ini, ada beberapa gejalanya yang penting untuk dikenali.

8 Gejala Kanker Payudara
Ada beberapa gejala kanker payudara yang harus diketahui agar yang terburuk dapat dicegah dengan perawatan yang tepat paling awal. Berikut beberapa tanda peringatan kanker payudara.

Rasa sakit di payudara
Pembengkakan bagian payudara
Formasi benjolan di payudara atau ketiak (ketiak)
Bercak di payudara
Kemerahan atau kulit bersisik di dekat area puting
Luka puting yang tidak biasa
Keluar darah dari puting
Perubahan ukuran payudara

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya