Wabah Flu H3N2 Meluas Hingga 100 Kasus di India, Pasien Sesak Napas Hingga Kejang

Ilustrasi flu/bersin/pilek.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestye – Dewan Penelitian Medis India (ICMR) telah mengungkapkan bahwa India saat ini sedang mengalami wabah besar infeksi virus H3N2 yang sangat menular, yang memiliki kemampuan untuk menyebabkan lebih banyak rawat inap daripada subtipe flu lainnya. 

Sekolah di Filipina Tutup Hingga 30 Orang di Thailand Meninggal Akibat Cuaca Panas Ekstrem

“Per hari, rumah sakit mendapatkan lebih dari 100 kasus demam. Tetapi sebagian besar kasusnya ringan, dan anak-anak pulih dalam beberapa hari," ujar Wakil Direktur Medis, Rumah Sakit Perwalian Anak Kanchi Kamakoti, Dr Janani Sankar, dikutip Indian Express, Senin 6 Maret 2023. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Menurut sumber, Laboratorium Kesehatan Masyarakat Negara India, telah menguji sekitar 50 sampel dengan gejala penyakit mirip influenza (ILI) pada bulan Februari dan menemukan sirkulasi dominan Virus Influenza A (H3N2). Ini diikuti oleh virus syncytial pernapasan dan adenovirus, yang merupakan patogen pernapasan umum. 

Bawaan Lahir yang Buat Vior Dicap Sebagai Bocah Kosong

ilustrasi masker mencegah penularan influenza dan COVID-19

Photo :
  • Pixabay

"Sampel kasus ILI diambil dari Chennai dan distrik tetangganya dan diuji," ujar Direktur Kesehatan Masyarakat, Dr T S Selvavinayagam, 

Resep Ramuan Herbal untuk Redakan Demam, Cuma Pakai 3 Bahan

DPH mengatakan dalam laporannya bahwa peningkatan kasus ILI bukan karena COVID-19 dan flu babi (AH1N1). Penyebab utama wabah ini adalah virus Influenza A, khususnya subtipe A (H3N2), yang merupakan patogen pernapasan umum yang menyebabkan flu musiman. Ini diklasifikasikan secara klinis sebagai ringan (A), sedang (B), dan berat (C). 

Pasien dalam kategori C, yang berusia lanjut dan memiliki penyakit penyerta bersamaan dengan gangguan pernapasan, dapat dengan mudah diobati dengan tablet Oseltamivir (Tamiflu). 

“Penyebab utamanya adalah karena virus Influenza A (subtipe A(H3N2)) yang merupakan patogen pernapasan umum yang menyebabkan flu musiman,” katanya.

"Virus ini diharapkan dapat dikendalikan dalam beberapa hari. Orang lanjut usia dan mereka yang kekebalannya lemah harus menghindari tempat umum. Kalaupun keluar harus pakai masker,” ujarnya. 

Dikutip laman The Health Site, sesuai laporan, jumlah maksimum pasien dilaporkan dari Delhi dan menyaksikan gejala mirip flu yang berlangsung selama lebih dari 4-5 hari. Para ahli Dewan Riset Medis India (ICMR) memperingatkan orang-orang di negara itu tentang wabah yang tiba-tiba dan gejalanya cukup berbahaya.

Ilustrasi flu

Photo :
  • Times of India

"Batuk yang terus-menerus, terkadang disertai demam, yang melanda India selama dua-tiga bulan terakhir disebabkan oleh Influenza A. subtipe H3N2," kata ICMR.

Bagaimana Virus Menular?
Seseorang perlu memahami virus tertentu dengan baik, untuk memastikan tindakan pencegahan yang tepat dilakukan agar tetap aman. Hal yang sama berlaku untuk virus Influenza H3N2. Ini menular terutama melalui tetesan yang terinfeksi yang dibuat ketika babi yang terinfeksi batuk atau bersin. 

Jika tetesan ini mendarat di hidung atau mulut Anda, atau Anda menghirupnya, Anda bisa terinfeksi. Setelah ini ketika orang yang terinfeksi bersin atau batuk, tetesan pernapasan dapat menyebar di udara dan mencapai hidung, dan mulut orang lain, membuatnya tertular virus dan jatuh sakit.

Gejala Influenza A Subtipe H3N2
Apakah Anda terinfeksi virus H3N2? Berikut beberapa gejala umum virus H3N2 yang harus Anda waspadai demam tingkat tinggi, meriang, batuk, hingga mual atau muntah. Diiringi dengan sakit tenggorokan, nyeri otot dan tubuh, diare, dan pilek.

Menurut rumah sakit yang menyaksikan lonjakan kasus yang terkait dengan jenis virus ini, 92 persen pasien dengan H3N2 ditemukan mengalami demam tinggi, 86 persen batuk, 27 persen sesak napas, 16 persen mengi, dan beberapa juga menderita pneumonia dan kejang.

Bagaimana Agar Tetap Aman?
Nah pertanyaan yang muncul saat ini adalah bagaimana agar tetap aman agar tidak tertular infeksi virus ini. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap aman pada saat Anda berisiko terkena wabah virus yang mematikan.

Ilustrasi cuci tangan.

Photo :
  • Freepik/ededchechine

Cuci tangan Anda sebelum menyentuh wajah Anda.
Kenakan masker wajah N-95 yang terpasang dengan benar
Hindari tempat ramai sebisa mungkin
Hindari menyentuh mulut dan hidung Anda tanpa membersihkan tangan Anda
Menutup hidung dan mulut saat batuk dan bersin
Jaga agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Minumlah banyak cairan
Minum hanya obat yang diresepkan (seperti parasetamol) saat Anda demam dan nyeri tubuh.

Tak Dianjurkan Pakai Antibiotik
Sementara itu, Asosiasi Medis India (IMA) telah menyarankan untuk tidak menggunakan antibiotik sembarangan di tengah meningkatnya kasus batuk, pilek, dan mual di seluruh negeri. Antibiotik yang paling banyak disalahgunakan adalah Amoxicillin, Norfloxacin, Oprofloxacin, Ofloxacin dan Levofloxacin. Ini digunakan untuk pengobatan diare dan ISK. 

"Oleh karena itu sangat dianjurkan bahwa seseorang hanya boleh minum obat setelah mengetahui apakah infeksi itu bakteri atau bukan,” kata ICMR memperingatkan warga negara.

Apakah tidak ada kelonggaran dari serangan virus semacam itu? Menurut para ahli, infeksi virus semacam itu kemungkinan besar akan berkurang mulai akhir Maret atau minggu pertama April 2023, karena suhu mulai naik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya