Resep Ramuan Herbal untuk Redakan Demam, Cuma Pakai 3 Bahan

Ilustrasi sakit kepala/demam.
Sumber :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

VIVA Lifestyle – Demam umumnya terjadi sebagai reaksi dari sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi kuman penyebab penyakit. Selain itu, demam juga bisa terjadi akibat paparan cuaca dan suhu panas yang berlebihan, reaksi imunisasi pada anak, atau efek samping setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu.

5 Makanan Ini Wajib Dihindari Penderita Maag

Meski terkadang cukup mengkhawatirkan, sebagian demam yang disebabkan oleh infeksi virus akan sembuh dengan sendirinya. Ketika terserang demam, sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter agar tahu apa penyebabnya. Kemudian, dokter akan memberikan obat yang sesuai dengan penyebab sakit itu sekaligus menurunkan suhu panas tubuh. Scroll untuk tahu info lengkapnya, yuk!

Di samping mengonsumsi obat dari dokter, minuman herbal juga diketahui ampuh untuk mendukung redanya demam lebih cepat. Minuman herbal ini bisa dibuat sendiri di rumah sehingga bisa diminum kapan saja.

Jangan Asal Gaya! Hati-Hati Penggunaan Sepatu Carbon Plated Buat Lari

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • Pexels/miroshnichenko

"Banyak bahan alam yang sifatnya sebagai antibiotik atau anti demam, untuk menurunkan demam sejak zaman nenek moyang dan melalui hasil penelitian," kata Dokter Herbal Medik, dr. Dian Elco Nora, M.Si(Herb), dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Senin 29 April 2024.

Bisa Ancam Nyawa, Perhatikan Tanda Mencolok Anak yang Alami Lupus

1. Minuman herbal jahe, kunyit, dan akar alang-alang

Bahan:
3 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1 genggam akar lang-alang
5 gelas air

Cara membuat:

Cuci bersih semua bahan
Iris jahe dan kunyit
Potong beberapa helai akar alang-alang hingga jadi sebanyak segenggam tangan orang dewasa
Rebus selama 15 menit
Dinginkan, minum 2-3 kali sehari

Manfaat:

dr. Dian Elco Nora menjelaskan bahwa ramuan herbal yang satu ini sangat tinggi kandungan anti inflamasi atau anti peradangan yang berasal dari jahe dan kunyit, sehingga mampu menurunkan demam. Selain itu, ada juga kandungan kurkumin dalam kunyit yang dibuktikan oleh penelitian bisa menghambat protein yang menjadi mediator munculnya demam.

Tetapi, ibu hamil terutama di trimester 1 perlu hati-hati dengan ramuan herbal yang satu ini karena ada kunyit di dalamnya. Minuman ini bisa diberikan pada orang dewasa serta anak-anak usia 5 tahun ke atas.

2. Cabai Jawa

Bahan:

3 gram cabai jawa kering
1/2 gelas air panas

Cara membuat:

Haluskan cabai jawa kering
Seduh dengan 1/2 gelas air panas
Minum bersama ampasnya
Boleh ditambah madu untuk memberikan rasa manis

Manfaat:

Cabe Jawa mengandung senyawa aktif seperti flavonoid, alkaloid, fenolik, dan zat pedas piperine. Piperine mempunyai daya antipiretik (penurun demam), analgesik (meredakan nyeri), antiinflamasi (anti peradangan) dan menekan susunan saraf pusat.

Selain menurunkan demam, minuman herbal ini juga dapat membantu merevitalisasi tubuh dengan mengurangi konsumsi bahan pengawet dari obat-obatan konvensional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya