4 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Berhubungan Badan, Wanita Wajib Tahu

Ilustrasi bercinta/pasangan.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA Lifestyle – Biasanya, setelah berhubungan badan pasangan cenderung leha-leha tiduran di ranjang sambil berpelukan. Tahukah kamu bahwa ada langkah-langkah yang harus kamu lakukan pasca seks agar terhindar dari penyakit.

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Dikutip dari Health Shot, berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan pasca berhubungan seks yang tidak boleh ditinggalkan, terkhusus untuk pasangan wanita.

1. Buang air kecil

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Buang air kecil yang terlalu sering

Photo :
  • U-Report

Setelah berhubungan seks, segera pergilah ke kamar mandi. Buang air kecil agar semua cairan keluar dengan benar dan kecil kemungkinan terkena infeksi saluran kemih. Itu juga mengeluarkan sperma yang tersesat, mengurangi meskipun tidak menghilangkan kemungkinan kehamilan.

2 Pria yang Buat Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Terancam 20 Tahun Bui

Kamu berisiko lebih tinggi terkena infeksi saluran kemih karena bakteri dapat naik ke uretra selama hubungan seksual. Jadi, biasakan untuk menggunakan kamar kecil sebelum dan sesudah berhubungan seks. Selain itu, minumlah segelas air jika kamu tidak ingin buang air kecil. Ini akan membantu menghilangkan kuman.

2. Cuci perlahan dan lembut

Hubungan seks.

Photo :
  • healthline

Gunakan air hangat, sabun lembut, dan handuk lembut. Selalu cuci aurat kamu dari depan ke belakang dan bukan sebaliknya. Vagina memiliki mekanisme pembersihan sendiri, termasuk bakteri baik yang membantu menjaga tingkat pH tetap sehat dan seimbang. Pastikan untuk menjaga kebersihan area luar saja, vagina akan merawat dirinya sendiri!

Jangan melakukan douche atau membersihkan vagina dengan cairan. Douching dengan produk yang dijual bebas selanjutnya akan mendorong infeksi ke dalam vagina dan dapat mengganggu ekosistem bakteri yang halus, memperparah vaginitis dan iritasi lokal.

3. Kenakan set pakaian baru

Hubungan seks.

Photo :
  • Times of India

Cairan tubuh yang menodai pakaian dalam dan pakaian adalah tempat berkembang biak infeksi, jadi pastikan selalu untuk memakai satu set pakaian baru. Ganti seprai juga. 

Jika kamu melihat adanya lesi atau kerusakan di sekitar bagian intim, sensasi terbakar atau gatal saat buang air kecil, demam, benjolan baru yang semakin memburuk seiring berjalannya waktu, segera laporkan ke dokter.

4. Jangan lupa membuang kondom

Kondom.

Photo :
  • Times of India

Jangan sampai salah membuang kondom ke toilet karena akan menyumbat saluran pembuangan. Ikat kondom dan buang ke tempat sampah.

Selain itu, kamu dan pasangan harus berdiskusi terbuka tentang kesehatan dan kebersihan seksual. Idealnya, kamu berdua harus menjalani tes infeksi menular seksual karena hasil tes yang positif dapat berdampak negatif bagi kesehatan dan juga hubungan kamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya