Kapan Waktu Berolahraga yang Tepat saat Bulan Ramadhan?

Ilustrasi olahraga/dumbbell.
Sumber :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

VIVA Lifestyle – Mendekati bulan Ramadhan, para umat Muslim akan segera menjalani puasa dengan menahan makan, minum dan nafsu terhadap hal buruk. Namun, puasa bukan menjadi penghalang untuk seseorang berolahraga dan menjaga tubuhnya agar tetap sehat.

Cycling Series Il Festino 2024 Sukses Bangkitkan Ekosistem Berpeseda di Indonesia

Selain makan-makanan yang sehat, tubuh juga tetap butuh untuk berolahraga. Lantas, kapan saja waktu berolahraga yang tepat saat bulan Ramadhan? Waktu berolahraga yang tepat selama bulan Ramadhan tergantung pada jadwal makan dan aktivitas yang kamu pilih selama puasa. Berikut beberapa pilihan waktu untuk berolahraga dan dapat kamu pertimbangkan yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Setelah Berbuka Puasa

Kelihatan Sehat, Begini Kondisi Tukul Arwana Setelah 3 Tahun Berjuang dengan Stroke

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.

Photo :
  • Freepik/senivpetro

Setelah berbuka puasa menjadi salah satu waktu yang paling umum untuk berolahraga selama bulan Ramadhan. Setelah kamu berbuka puasa, tubuhmu akan memiliki cukup energi dan hidrasi untuk melakukan olahraga mulai dari yang ringan hingga sedang. Ini juga dapat membantu mempercepat proses pencernaan makanan yang telah dikonsumsi.

Pertamina Geothermal Energy Cetak Laba Bersih US$47,49 Juta Kuartal I-2024

2. Sebelum Sahur

Ilustrasi olahraga.

Photo :
  • U-Report

Berolahraga sebelum sahur bisa menjadi pilihan yang baik untuk menjaga tubuh tetap aktif dan membakar kalori sepanjang hari. Namun, pastikan untuk tidak membebani tubuh dengan terlalu banyak olahraga sehingga kamu masih memiliki cukup energi untuk berpuasa selama sepanjang hari.

Ilustrasi olahraga malam.

Photo :
  • U-Report

Terakhir, waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan Ramadhan adalah saat tengah malam. Beberapa orang memilih untuk berolahraga pada tengah malam setelah melakukan sholat tarawih. Ini bisa menjadi waktu yang baik untuk berolahraga jika kamu tidak bisa berolahraga setelah berbuka puasa ataupun sebelum sahur.

Namun, sebelum memulai rutinitas olahraga selama bulan Ramadhan, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi, terutama jika kamu memiliki kondisi kesehatan yang memerlukan perhatian khusus. 

Selain itu, pastikan juga untuk memilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi fisik kamu serta memperhatikan asupan cairan yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jangan sampai berolahraga malah membuat kondisi tubuh kurang baik dan mengganggu kewajiban berpuasa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya