Pemerintah Larang Thrifting, Ternyata Ini Bahaya Baju Bekas Bagi Kesehatan

Konsumen Baju Bekas Punya Kiat Khusus untuk Bersihkan Bakteri
Sumber :
  • Aceng Mukaram/Pontianak

VIVA Lifestyle – Media sosial kini tengah tren dengan konsep thrifting shop alias belanja barang bekas dan hal itu dianggap sebagai hal yang keren serta tentu menghemat pengeluaran. Namun, pemerintah Indonesia melalui Menteri Perdagangan telah melarang bisnis thrifting tersebut. Lantas, apa sebenarnya bahaya dari baju bekas ini bagi kesehatan?

BPS Sebut Ketimpangan Gender Menurun pada 2023, Ini Buktinya

Cara membeli pakaian yang dulu dianggap 'murah' dan 'kotor' kini telah menjelma menjadi hobi, atau bahkan bisnis, yang dianggap 'trendi' dan 'terjangkau'. Meningkatnya popularitas akan thrifting terkait penghematan dan penjualan pakaian bekas dengan harga terjangkau, secara umum telah mengumpulkan reaksi positif sebagai cara daur ulang pakaian yang berkelanjutan. Scroll selanjutnya.

Belanja barang bekas adalah salah satu cara paling signifikan untuk meminimalkan kontribusi kita terhadap merek fast fashion yang tidak etis yang mengandung praktik perburuhan yang eksploitatif dan pencemaran lingkungan. Namun, mereka yang memilih baju bekas demi berhemat harus sadar akan pakaian yang berisiko pada kesehatan.

Bea Cukai Tegaskan Tak Ada Batasan Barang Bawaan Penumpang

Dampak negatif dari mempopulerkan thrifting tidak boleh luput dari perhatian. Kenali dari mana pakaian Anda berasal, dan akui bahwa niat untuk menghemat dan menjual kembali barang bekas dengan harga yang sangat tinggi akan menghilangkan orang yang kurang mampu. Berikut bahaya yang mengintai dikutip laman WEBMD.

Hari Tanpa Diet Internasional: Tubuh Sehat dengan 3 Kebiasaan Ini Tanpa Harus Diet

Berhati-hatilah dengan Barang Anak-Anak

Jika menyangkut mainan dan furnitur anak-anak, selalu periksa penarikan kembali keselamatan dan pastikan tidak ada cat timbal yang terlibat. Jika Anda tidak dapat mengetahuinya dengan pasti, lanjutkan. Anda juga harus menghindari apa pun dengan bagian yang hilang atau rusak, atau yang goyah padahal seharusnya stabil. Dan ingat bahwa produk lama mungkin tidak memiliki fitur keselamatan yang sama dengan produk baru

Partikel Asap Rokok

Asap rokok.

Photo :
  • U-Report

Inilah yang ditinggalkan rokok pada pakaian, furnitur, gorden, dan hampir semua hal lainnya. Itu menumpuk dari waktu ke waktu dan dapat bertahan selama berminggu-minggu. Jauhi barang-barang yang Anda tahu berasal dari rumah seseorang yang merokok. Karena Anda tidak selalu tahu pasti, yang terbaik adalah membersihkan semua yang Anda beli menggunakan pembersihan menyeluruh.

Hindari Pakaian Renang atau Pakaian Dalam

Meskipun pakaian bekas umumnya baik-baik saja, Anda tidak ingin barang-barang ini digunakan. Karena di mana mereka hinggap di tubuh, seluruh tingkat perkembangbiakan kuman ikut berperan. Itu termasuk infeksi genital dan sejumlah kecil kotoran. Dan pakaian renang cenderung cepat rusak, jadi Anda tidak benar-benar menghemat banyak uang dalam jangka panjang.

Bahaya Alergi Bulu

Ilustrasi kucing berbulu putih atau kucing putih

Photo :
  • Pexels

Jika Anda alergi terhadap anjing atau kucing, mungkin serpihan kulit kering, yang dikenal sebagai ketombe, yang memengaruhi Anda. Dan mereka lengket, sehingga mudah menempel pada pakaian dan kain lainnya. Cari rambut atau bulu di baju bekas untuk memberi Anda tanda peringatan. Mencuci pakaian dan linen akan membantu menghilangkannya.

Serangga

Jika Anda khawatir tentang kutu busuk, dan seringkali, Anda mungkin harus langsung bawa baju bekas ke pengering. Mencuci saja tidak akan membunuh mereka. Jalankan semua proses dengan panas tinggi selama 30 menit. Bawa tas apa pun barang yang masuk ke tempat sampah luar Anda segera. Untuk hal-hal yang tidak bisa masuk ke mesin cuci dan pengering, dry cleaning akan menyelesaikan pekerjaan.

Fast Mode vs Thrifting dan Dampak Ekonomi

Proses mengisi kembali lemari seseorang dengan pakaian baru telah diperburuk oleh mode cepat atau fast mode yakni produksi pakaian yang cepat oleh pengecer pasar massal sebagai respons terhadap tren terkini. Karena produksi dan pembuangan limbahnya, fast fashion juga memiliki dampak lingkungan yang sangat besar. 

Dikutip laman Horace Man, Pembuatan pakaian membutuhkan banyak energi dan sumber daya seperti pewarna kain beracun dan bahan kimia lain yang mencemari badan air. Karena penghematan memungkinkan pakaian untuk dipakai oleh banyak orang sebelum dibuang, dampak daur ulang pakaian pada akhirnya mengurangi proses produksi mode cepat yang menghasilkan emisi gas rumah kaca dalam jumlah besar dan menggunakan sumber daya dalam jumlah besar. 

Belanja barang bekas

Photo :
  • Dokumentasi HaloMoney

Ketika awalnya mempertimbangkan belanja barang bekas, itu tampaknya menjadi cara yang bermanfaat untuk mengurangi jumlah pakaian baru yang dibeli sambil memberikan cara yang murah bagi orang untuk berbelanja dengan anggaran yang ketat. Kedengarannya bagus, bukan? Sayangnya, penghematan lebih rumit dari itu. 

Meskipun ini mungkin tampak seperti alternatif yang bagus untuk siklus mode cepat, popularitas thrifting yang meningkat telah mendorong serangkaian masalah baru di industri mode. Karena barang bekas semakin populer di kalangan kelas menengah, namun barang berkualitas menurun drastis 

"Barang-barang berkualitas lebih sedikit tersisa di rak toko barang bekas bagi mereka yang benar-benar tidak memiliki pilihan lain yang terjangkau," kata sebuah studi yang berbasis di Berkeley. 

Selain itu, kenaikan konsumen juga berdampak pada kenaikan harga barang-barang yang dijual di toko barang bekas. Dalam beberapa tahun terakhir, Goodwill, salah satu jaringan toko barang bekas terbesar, telah mengubah sistem penetapan harganya. Kenaikan harga ini mungkin tampak tidak signifikan bagi gelombang remaja yang mencari barang antik di toko barang bekas, tetapi bagi orang yang hemat karena kebutuhan untuk menghemat uang, hal itu dapat menyebabkan mereka kesulitan menemukan sumber pakaian yang terjangkau.

Berburu baju bekas impor

Photo :
  • VIVA.co.id/Satria Lubis

Seiring dengan peningkatan penghematan, Depop dan situs web lain tempat orang menjual kembali pakaian baru-baru ini mengalami pertumbuhan eksponensial. Sekarang, pengecer online mengais toko barang bekas untuk menemukan barang trendi dan membeli produk dalam jumlah besar untuk dijual dengan harga yang dinaikkan secara online, yang pada akhirnya menghilangkan produk yang dibeli oleh komunitas yang kesulitan. Tindakan hemat itu sendiri tidak salah; namun, menjual kembali barang bekas dengan harga lebih tinggi dan mengambil sumber daya dari mereka yang membutuhkannya adalah tindakan yang tidak etis.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan pemerintah melarang bisnis atau jual beli baju bekas impor yang masuk ke Indonesia dari luar negeri, seperti thrifting. Jika ada, pihaknya langsung sita dan basmi, namun ada kendala karena pintu masuknya banyak sekali, tidak hanya di pula Jawa, juga ada di pulau Sumatra dan Sulawesi, sehingga diperlukan kerja samanya dengan masyarakat.

"Jadi jika ada informasi keberadaan masuknya baju bekas impor segera laporkan mendag dan kami sita dan musnahkan," tegas Zulkifli usai menghadiri pelantikan pengurus Sapma Pemuda Pancasila, Minggu, 12 Maret 2023.

Menurut Zulkifli, sesuai peraturan, hal yang dilarang adalah mendatangkan baju bekas dari negara-negara luar indonesia.

Peraturan tersebut diatur oleh Kemendag RI sebagaimana tertulis dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 18 Tahun 2021 Dalam Pasal 2 Ayat 3 tertulis bahwa barang dilarang impor, salah satunya adalah berupa kantong bekas, karung bekas, dan pakaian bekas.

"Kalau ada pakaian bekas itu ya apalagi impor kita larang, enggak boleh, silahkan saja kalau ada kami sita, kami basmi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya